Pelajar Wajib Baca! Ini Tips Mengatasi Malas Belajar | Cara mengatasi malas belajar dengan mudah

10 Tips Ampuh Agar Tidak Malas Belajar | Belajar merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang.


Tidak hanya yang mengenyam pendidikan saja akan tetapi, semua orang yang ada di muka bumi ini.


Salah satu yang sering dialami oleh siswa atau kaum pelajar adalah perjuangan dalam mengatasi sifat malas untuk belajar.



Maka, dalam hal ini  siswa perlu berbagai macam tips ampuh agar tidak malas belajar .


Sebagian dari mereka menganggap bahwa belajar adalah sebuah kegiatan yang sangat membosankan.


Ditambah lagi kalau yang mereka pelajari adalah mata pelajaran yang memang sulit dan tidak mereka sukai, maka rasa malas tersebut akan muncul di benak mereka.


Malas belajar kadang menghampiri kita tanpa mengenal waktu, hamper semua orang merasakan hal ini.


Dimana banyak tugas yang menumpuk, dan dengan kegiatan yang banyak, dan waktu yang sangat mepet akan tetapi kamu merasa malas untuk belajar.


Tanpa disadari, bahwa rasa malas tersebut bisa menghambat proses pembelajaran kita. Kalau sudah merasakan malas belajar, baru sebentar saja pasti rasanya sudah sangat membosankan pastinya.


Maka dari itu kamu harus tau cara membasmi rasa malas belajarmu yang melekat pada dirimu.


Berikut ini, buat kalian yang ingin mengatasi rasa malas belajarmu, coba ikuti 10 tips ampuh agar tidak malas untuk belajar.


  • Atur waktu dan bersiap untuk belajar
Langkah yang paling awal agar tidak malas belajar adalah, kamu bisa mempersiapkan diri untuk terlebih dahulu,bisa dengan merapikan meja, mempersiapkan buku yang akan dipelajari atau yang lainnya.


  • Buatlah timeline belajar
Tips selanjutnya yaitu, kamu bisa membuat timeline belajar, yang mana timeline ini bisa membuat system belajarmu lebih teratur dan konsisten. Memang untuk diawal dirasa sangat sulit, akan tetapi jika dilakukan secara rutin pasti akan terlihat mudah dan akan terbiasa dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Malas Mengerjakan Tugas Sekolah


  • Cari tempat nyaman
Tips yang bisa dipakai, yaitu bisa mencari tempat yang nyaman, karena hal ini juga factor penting agar tidak malas untuk belajar, jika tempatnya nyaman maka kamu akan semakin produktif. Kamu bisa melakukannya di kamar, tempat kopian,perpustakaan atau yang lainnya.


  • Kerjakan tugas yang lebih mudah
Tips yang lainnya, kamu bisa dengan mengerjakan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu, karena biasanya kebingungan sesorang untuk memulai mengerjakan tugas yang diberikan menjadi masalah. Sehingga yang ada tugas tersebut tidak selesai-selesai.


Dalam pengerjaan tugas, atau mulai belajar maka kamu bisa mengerjakan tugas ada belajar dari hal yang mudah terlebih dahulu, baru kalau sudah mahir ganti ke tingkat diatasnya.


  • Focus pada target
Pembuatan jadwal atau target ternyata sangatlah berfungsi dan bermanfaat sekali loh, karena dengan adanya target akan membantu kamu lebih mudah untuk mencapai target-target tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya , hari ini kamu belajar dengan latihan 10 soal setiap hari.


Dari hal tersebut bisa membuat kamu focus terhadap apa yang  akan dicapai. Akan tetapi tetap sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri agar tidak memberatkan dirimu.


  • Ambil jeda istirahat
Oke, tips selanjutnya yaitu kamu perlu mengambil jeda untuk istirahat, terkadang tubuh dan akal pikiran kita membutuhkan waktu juga untuk beristirahat, boleh-boleh saja kita berambisi untuk belajar, tetapi tetap ingat bahwa, tubuh juga butuh waktu untuk istirahat biarpun itu hanya sebentar.


Rasa mulas mungkin saja bisa dating ketika kita sudah mulai merasa capek dengan segala kegiatan disekolah ataupun dengan aktifitas lainnya.


Maka dari sebab itu waktu untuk istirahat sangatlah penting agar pikiranmu bisa kembali fresh dan rasa malas pun menjadi hilang.


Setelah itu kamu bisa memulai lagi dari awal untuk belajar dengan semangat baru tentunya.


  • Minta bantuan teman
Proses pembelajaran tentunya tidak harus dilakukan sendiri. Kamu bisa saja meminta bantuan teman sebaya untuk dapat menemanimu dalam belajar atau bahkan bisa menjadi tutor teman sebaya. Belajar dengan teman sebaya tentunya lebih efektif dibandingkan dengan belajar sendiri.


Alasannya karena, belajar dengan teman bisa membuatmu semakin semangat, selain itu juga kamu bisa saling bertukar pendapat jika ada hal yang tidak diketahui.


Selain itu kamu bisa membuat kelompok belajar bersama dengan teman-teman entah itu dirumah ataupun disekolah.


  • Give reward your self
Tips selanjutnya nih ada dengan cara memberikan reward pada diri sendiri, tentunya setelah kamu melawan rasa malas yang ada di dalam dirimu, tentunya kamu butuh perjuangan bukan, setiap melawan kemalasan dan kamu berhasil melakukannya kamu juga perlu memberikan imbalan kepada dirimu sendiri.


Reward atau imbalan tersebut tidak melulu dengan hal yang mewah ya, kamu bisa aja memberikan reward pada dirimu sendiri dengan misalnya istirahat , atau melihat film ataupun pergi keluar kemana, hal tersebut perlu dilakukan.


Kamu juga bisa melakukan reward semisal menonton video dibioskop setelah menyelesaikan ujian dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.


Itu sangatlah penting ya, karena sebagai upaya untuk menghargai perjuangan yang telah dilakukan. Asalkan hal tersebut masih wajar dan normal.


  • Tulis motivasi belajar


Tips selanjutnya, yang tak kalah pentingnya nih, yaitu dengan menuliskan motivasi belajar, mengapa menulis motivasi belajar sangatlah penting, karena dengan adanya motivasi belajar seseorang akan rajin untuk belajar, dan akan menghindari rasa malas-malasan.


Motivasi belajarpun juga ada banyak yang bisa digunakan. Semisal agar mendapat nilai yang bagus biar bisa melanjutkan ke sekolah favorit maka kamu rajin belajar setiap harinya, dan jika setelah lolos ke sekolah favorit kamu akan pergi liburan, maka contoh tersebut secara tidak langsung membuatmu termotivasi untuk semakin rajin belajar.


  • Disiplinkan Diri
Oke, tips yang terakhir nih agar tetap rajin dan semangat belajar ada dengan cara mendisiplinkan diri sendiri. Tips ini snagatlah penting ya, dari beberapa tips yang ada diatas, dengan cara mendisiplinkan diri agar tidak bermalas-malasan belajar.


Agar kamu bisa mencapai semua impianmu, maka kamu harus menghentikan kebiasaan yang memang tidak bermanfaat dan tidaklah penting.


Agar kamu dapat menghentikan hal-hal yang tidak bermanfaat dan tidak penting, kamu bisa mengalihkan perhatian dan fokusmu kepada hal-hal yang dapat memberikan kontribusi penting untuk mencapai hasil yang lebih baik, dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, event lomba ataupun yang lainnya.


Baca Juga : Wajib dicontoh! inilah 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia


Jika sudah berhasil melakukan poin diatas, maka cobalah untuk mendisiplinkan diri sendiri dnegan berkomitmen dan melakukannya setiap hari dan berulang-ulang.


Gunanya apa ? tentunya agar bisa menghilangkan rasa malas dalam belajar, jika diri sendiri tidak disiplin tentunya akan malas untuk belajar.


Malas ketika belajar, memanglah hal yang normal kok, semua orang bahkan pernah mengalaminya, namun kamu harus tetap serius menanggapinya, dan berjanji terhadap diri sendiri agar semangat dan rajin dalam belajar. Karena semua impian tidak bisa dicapai jika kita hanya malas-malasan.


Beberapa tips diatas merupakan tips untuk agar tidak malas untuk belajar, dan semoga bisa membantu kalian.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama