Nyari Bimbel Bahasa Inggris Berkualitas? Ini 10 Rekomendasi Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Pelajar Wajib Tahu!

Rekomendasi Tempat Bimbingan Belajar Bahasa Inggris TerbaikSejak pandemi COVID-19 menyebar di seluruh dunia, banyak para siswa di rumahkan, dan yang beralih ke kursus online.

Hal ini masih berlangsung hingga saat ini. Meskipun cukup membingungkan dalam memilih bimbingan belajar Bahasa Inggris yang tepat karena banyaknya opsi yang tersedia.

Yuk, kita lihat mana saja 10 Bimbingan Belajar Bahasa Inggris online terbaik di Indonesia. Mungkin salah satunya cocok untuk Anda!


10 Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Online





Meskipun sudah banyak sekolah dan tempat bimbingan belajar dibuka kembali. Namun, masih banyak juga murid dari bimbingan beljar yang masih belajar dari rumah.

Lalu, bimbingan belajar bahasa Inggris online mana yang menjadi pilihan Anda?

1.   EF (English First)

English First atau lebih populer sebagai EF menjadi salah satu kursus Bahasa Inggris yang paling terkenal di Indonesia. Bimbingan belajar bahasa Inggris ini berasal dari Swedia, cabang pertama di Indonesia dibuka sudah ada sejak tahun 1986 dan kini sudah memiliki cabang di hampir semua kota besar di Indonesia.

 

Guru-guru native speaker menjadi daya tarik utama dari EF dimana akan sangat membantu siswa-siswi dalam melatih speaking skill mereka. EF juga sudah lama mengintegrasikan teknologi dalam sistem pembelajaran mereka untuk bisa memastikan siswa bisa mendapat bimbingan yang berkualiatas walaupun tidak face to face.


Baca Juga : 29+ Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah


2.    English Today


English Today dimana juga menjadi salah satu wajah baru dalam dunia pendidikan Bahasa Inggris. Didirikan sejak tahun 2010, English Today telah menawarkan kelas face to face dan juga online. Kelas online mempunyai jadwal yang lebih fleksibel dibandingkan dengan kelas face to face dan siswa-siswi juga bisa belajar dengan lebih personalized.

 

English Today mempunyai beberapa guru native speaker yang akan menciptakan dinamika yang menarik. Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran English Today bahwa untuk bisa menguasai Bahasa Inggris, maka siswa-siswi harus rileks dan have fun.

 

Metode bimbingan belajar Bahasa Inggris yang digunakan di kelas adalah 80/20, dimana siswa diharapkan mampu berbicara untuk melatih kemampuan Bahasa mereka 80% dari total waktu dan guru hanya berbicara pada 20% dari total waktu.


3.   ELC (Interactive English Language Centre)

Berdiri sejak tahun 2006, IELC merupakan salah satu bimbingan belajar Bahasa Inggris terbaik di Indonesia karena di dukung oleh guru-guru yang berpengalaman juga materi yang berkualitas. IELC menggunakan kurikulum Common European Framework of Reference (CEFR) dan menggunakan buku-buku terbitan publisher ternama seperti Cambridge University Press, Pearson, MacMillan, dan Oxford University Press sehingga materi yang dipkakai IELC selalu berstandar internasional.


4.   LBB LIA

LBB LIA merupakan bimbingan belajar asli dari Indonesia. LBB LIA menawarkan beraneka ragam kelas, yakni kelas untuk anak, remaja, dewasa, conversation class, dan juga kelas persiapan TOEFL, TOEIC, dan IELTS. LBB LIA pun tidak lupa menawarkan kelas untuk kaum profesional dan untuk persiapan mencari kerja, seperti effective presentation class dan report writing class.

 

Di bimbingan belajar bahasa Inggris LBB LIA menggunakan metode Flip Learning dimana siswa-siswi dapat dengan mudah mengakses materi pembelajaran sebelum kelas dimulai, dan pertemuan dengan para guru digunakan untuk diskusi. Dari segi harga, LBB LIA adalah Lembaga kursus yang sangat terjangkau dengan pengalaman lebih dari 60 tahun dan juga mempunyai lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia.


Baca Juga: Ternyata Gampang! Ini caranya hitung skor toefl dengan mudah dan cepat!


5.    ELTI


English Language Training International atau ELTI awalnya mempunyai nama English Language Training (ELT) yang berbasis di Inggris. Hingga kini, ELTI telah memiliki cabang di 13 negara yaitu Turki, Italia, Spanyol, Malaysia, Jepang, Perancis, Arab Saudi, Singapore, Jerman, Thailand, Kuwait, Vietnam dan Indonesia.

 

ELTI telah membuka cabang pertama di Indonesia di Kota Jakarta pada tahun 1981 dan cabang keduanya berada di Yogyakarta pada tahun 1984. Sejak tahun 1989, ELTI bergabung dengan PT. Gramedia, salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia dan juga merupakan pemilik toko buku terbesar di Indonesia hingga kini.

 

ELTI kini banyak dikenal sebagai tempat bimbingan belajar  Bahasa Inggris untuk anak dan tempat persiapan TOEFL, akan tetapi juga kelas remaja dan dewasa.


6.   Wall Street English

Wall Street English merupakan salah satu bimbingan belajar Bahasa Inggris yang masih cukup baru di Indonesia, namun telah memiliki sejarah yang cukup panjang di dunia internasional. Pertama didirikan di tahun 1972 di Italia, siswa-siswi Wall Street English bisa bergabung dengan komunitas online beranggotakan 200.000 orang worldwide.

 

Siswa-siswi Wall Street English banyak yang merasa kemampuan Bahasa Inggris mereka bisa meningkat karena mereka ditekankan untuk selalu menggunakan Bahasa Inggris ketika berada dalam komunitas Wall Street English.


7.   IALF

IALF didirikan sejak tahun 1989 dan kini telah bisa beroperasi di 3 kota besar di Indonesia yakni di Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. IALF terkenal dengan reputasi yang bagus karena memiliki pengajar yang berkualiatas.

 

IALF yang menjadi bimbingan belajar Bahasa Inggris ini mempunyai beberapa program seperti general English, English for Business, preparasi IELTS dan English for Young  Learners. IALF Denpasar juga telah berkolaborasi dengan Trinity College London untuk sertifikasi TESOL dan semua cabang IALF merupakan official testing venue untuk IELTS yang rutin mengadakan test IELTS pada setiap bulan.

 

IALF Jakarta juga telah menjadi test site Pearson Academic Test of English. Selain Bahasa Inggris, IALF pun menawarkan bimbingan belajar Bahasa Indonesia untuk orang asing.


8.   English Academy by Ruangguru

English Academy by Ruangguru adalah salah satu bimbingan belajar Bahasa Inggris berbasis online pertama di Indonesia. English Academy by Ruangguru ini dirancang untuk membantu para murid sekolah dengan program yang dikhususkan untuk anak-anak usia sekolah (7-18 tahun).  Akan tetapi, English Academy by Ruangguru juga memiliki kelas dewasa dan kelas persiapan TOEFL iBT.


9.   ILP

International Language Program atau ILP berdiri sejak tahun 1979 di Jakarta. ILP mempunyai kelas untuk anak, remaja, dewasa, profesional, conversation class, hingga telah ada kelas persiapan TOELF, TOEIC, dan IELTS. ILP menggunakan kurikulum Cambridge dan mempunyai pengalaman sejak puluhan tahun sehingga telah memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Selain bimbingan belajar Bahasa Inggris, ILP juga menawarkan kursus Bahasa Mandarin dan juga jasa konsultasi untuk para siswa yang ingin kuliah ke luar negeri.


Baca Juga: Sudah tahu atau belum? Ternyata ini rekomendasi 10 Bimbingan Online (Bimbel Online Terbaik)!


10.    Cakap

Cakap adalah bimbingan belajar Bahasa Inggris dengan berbasis aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore atau Appstore. Dengan menggunakan aplikasi Cakap, Anda dapat booking kelas privat, bercakap-cakap dengan guru, serta mendapat teman baru melalui Cakap club, dan juga meningkatkan kemampuan berbahasa inggris melalui Cakap upskill.

 

Cakap telah mempunyai berbagai macam kelas, seperti kelas untuk anak, dewasa, profesional, jobseeker dan juga persiapan TOEFL. Di samping Bahasa Inggris, Cakap juga memiliki kelas Bahasa lain seperti Bahasa Mandarin, Jepang, dan Korea. Di Cakap, Anda bisa memilih antara kelas privat, semi-privat, dan club. Namun, Anda  harus membeli subskripsi terpisah untuk feature lainnya.

 

Demikianlah 10 dari Bimbingan Belajar Bahasa Inggris online terbaik di Indonesia. Setiap tempat bimbel tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi, carilah informasi yang lengkap mengenai tempat kursus yang Anda inginkan dengan teliti dan juga pastikan tempat kursus tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama