Materi Lengkap Matematika Kelas 2 SD | Rangkuman Singkat

Materi Lengkap Matematika Kelas 2 SD | Rangkuman Singkat | Pada materi matematika kelas 2 SD ini para siswa akan diajarkan pelajaran yang tidak jauh berbeda dengan pelajaran yang ada di kelas satu sebelumnya.


Dimana pelajaran yang ada dikelas 2 SD ini adalah pengembangan dari pembelajaran yang sebelumnya dimana sudah masuk ke tingkat yang lebih tinggi. Materi materi yang ada juga sangat mirip dengan materi pada pelajaran sebelumnya.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 1 SD | Rangkuman Singkat


Pada kenaikan di Kelas 2 ini para siswa akan mempelajari banyak hal dimana akan membahas berbagai bentuk bentuk yang kompleks dari kehidupan sehari hari yang dijadikan sebagai contoh.





Salah satu pembelajaran yang di ajarkan adalah bahasa Indonesia dan matematika dasar yang harus dipahami pada tingkat ini.


Pada kelas 1 sebelumnya para siswa juga diajarkan pelajaran matematika dimana pada saat itu hanya diajarkan tentang perkenalan huruf dan perhitungan dasar.


Kemudian untuk materi matematika kelas 2 SD ini para siswa mulai di ajarkan tentang materi yang sedikit lebih rumit dimana materi materi ini merupakan hasil dari pengembangan materi sebelumnya.


Selain itu pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap paling rumit dan susah untuk sebagian siswa. Dimana para siswa harus dituntut dapat berfikir ekstra dalam mengerjakan dan menghitung jawaban dari Soal soal latihan yang diberikan.


Para siswa tentu tidak boleh mengarang dalam menjawab soal karena merupakan jawaban yang pasti jadi harus benar benar berfikir keras agar menemukan jawaban yang tepat.


Pada materi matematika kelas 2 SD di pelajaran matematika sendiri lebih mengajarkan para siswa agar menggunakan penalaran mereka dan berlatih untuk meningkatkan logika dalam menjawab semua soal soal yang diberikan.


Maka dari sinilah untuk menemukan jawaban matematika yang pasti itu terasa sulit bagi beberapa siswa.


Maka dari itu untuk membantu para orang tua bisa mengajarkan anak anaknya matematika di rumah harus mengetahui materi apa saja yang akan keluar.


Nah, pada artikel kali ini akan membahas materi materi matematika untuk kelas 2 SD yang sudah di rangkum sehingga mudah untuk pembelajaran para siswa nantinya.


Rangkuman Singkat Matematika Kelas 2 SD

1.    Bilangan Cacah

Pada materi matematika kelas 2 SD kali ini para siswa akan diajarkan mengenai tentang bilangan cacah bagaimana bentuk dari bilangan cacah serta bagaimana cara menterjemahkan bilangan cacah dalam bentuk bahasa lisan yang dapat dimengerti.

Selain itu juga para siswa akan di ajarkan bagaimana membandingkan bilangan cacah yang satu dengan yang lainnya, mengurutkan bilangan cacah dari yang terbesar hingga yang terkecil, sama banyak mana, sehingga para siswa mampu membandingkan bilangan yang satu dengan bilngan yang lainnya.


Kemudian pada materi matematika kelas 2 SD ini para siswa mampu mengetahui nilai tempat dari satuan puluhan bahkan ribuan,  dari besar ke yang terkecil atau sebaliknya, bilangan genap ke ganjil atau sebaliknya.


Serta memahami nilai tempat untuk satuan, ratusan dan ribuan.

Kemudian pada  akan belajar mengenai penjumlahan dan pengurangan dari bilangan cacah tersebut,  yaitu belajar tentang penjumlahan atau pembagian tanpa menyimpan dan penjumlahan atau pembagian 2 bilangan.


Baca Juga : Materi Lengkap Bilangan Cacah | Matematika Sekolah Dasar


2.    Pengukuran


Kemudian materi matematika kelas 2 SD pada bab ini para siswa akan diajarkan mengenai pengukuran pengukuran yang di terapkan di dalam kehidupan sehari hari.


Dimana pembelajaran ini bermanfaat agar para siswa dapat memahami serta bisa mempraktekkan nya sendiri di rumah, misalnya saja para siswa akan di ajarkan bagaimana membaca angka pada jam, meteran/ penggaris dan alat ukur seperti timbangan.


Pada bab ini terdapat 3 materi besar yang harus di pahami para siswa yaitu dimana mereka akan mempelajari tentang ukuran waktu.


Misalanya saja belajar macam macam jam dan jenis kegiatan apa saja yang dilakukan pada jam jam tertentu.


Belajar tentang menit dan detik dimana para siswa diharapkan bisa mengonversikan detik ke menit atau sebaliknya.


Kemudian pada materi matematika kelas 2 SD ini belajar tentang alat ukur panjang dimana siswa diajak untuk mengenali beberapa alat ukur untuk mengukur panjang suatu benda. Serta membandingkan panjang benda yang satu dengan lainnya.


Kemudian belajar satuan panjang yang ada di dalam alat alat ukur yang digunakan dalam setiap aspek kehidupan sehari hari.


Para siswa juga akan di ajak belajar satuan berat diaman mereka diberitahu apa saja alat alat yang dapat mengukur berat dari suatu benda , membaca angka berat suatu benda, dan membandingkan berat benda yang satu dengan benda yang lainnya.


Selain itu siswa juga akan di ajarkan mengukur benda dengan satuan baku pada alat ukur.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 3 SD | Rangkuman Singkat


3.    Perkalian Dan Pembagian


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa materi untuk materi matematika kelas 2 SD ini tidak jauh berbeda dengan materi matematika yang ada untuk kelas 1 sebelumnya dimana masih terdapat perkalian dan pembagian yang harus dimengerti oleh para siswa di kelas 2 ini.


Materi yang diajarkan adalah pengembangan ke tingkat lanjut dari materi sebelumnya.


Pada bab ini terdapat 2 materi besar yang harus dipelajari oleh para siswa di kelas 2 SD ini yaitu materi perkalian dan pembagian dimana materi nya lebih kompleks membahas bagaimana cara pemecahan masalah dan menemukan Jawaban yang tepat berdasarkan cara cara yang telah di ajarkan.


Untuk materi matematika kelas 2 SD terdapat perkalian yang akan di perkenalkan apa itu perkalian dan divisualisasikan biasa dengan gambar yang menarik dan lucu agar para siswa bisa menangkap pemahaman lebih mudah.


Kemudian diajarkan juga bagaimana cara memecahkan masalah perkalian dengan cara cara yang telah di berikan sebelumnya jadi belajar nya akan secara struktural.


Kemudian untuk materi pembagian juga akan di perkenalkan  pengertian dari pembagian itu sendiri yang akan divisualisasikan dalam gambar yang menarik sehingga para siswa dapat lebih mudah menangkap maksudnya.


Kemudian diajarkan juga bagaimana cara menjawab soal soal yang diberikan dengan mempelajari cara cara beserta contoh yang sudah di jelaskan.


Baca Juga : Materi Lengkap Perhitungan Pecahan: Penjumlahan dan Pengurangan


4.    Bangun Datar

Pada matematika kelas 2 SD bab ini para siswa akan di ajarkan tentang apa itu bangun datar serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari hari.


Dimana diharapkan peserta mampu mempraktekkan apa yang telah di pelajari dalam kehidupan nyata, pada bangun datar akan meliputi perkalian dan penjumlahan untuk mengukur luas ataupun panjang dari materi bangun datar.


Dalam bab ini para siswa akan di ajarkan terlebih dahulu yang namanya pengelompokan bangun datar berdasarkan bentuknya dimana diharapkan para siswa mampu menganalisa mana bangun datar yang sama dan yang berbeda.


Kemudian para siswa juga diajarkan tentang sisi sisi pada bangun datar serta mengukur dari bangun datar yang dipelajari misalnya saja mengukur luas.


Nah itulah rangkuman matematika kelas 2 SD. Semoga dengan artikel ini dapat menjadi referensi bagi orang tua murid agar bisa mengajarkan dan memberikan pemahaman kepada anak anaknya tentang materi materi pada pelajaran matematika ini.


Semoga dapat bermanfaat dan membantu para siswa untuk memahami pelajaran matematika kelas 2 SD dengan lebih baik. (Penulis: Andre).

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama