Materi Lengkap Matematika Kelas 8 SMP | Rangkuman Singkat

Materi Lengkap Matematika Kelas 8 SMP | Rangkuman Singkat | Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman matematika sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab matematika yang akan dipelajari di kelas 8 SMP.


Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran matematika. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi matematika wajib kelas 10 semester 1 dan semester 2.


Di kelas 8 SMP ini mata pelajaran yang ada juga bertambah level kesulitannya dibandingkan dengan pelajaran yang ada di kelas 7 sebelumnya, dimana masih mirip mirip pelajaran anak SD yang dikembangkan.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 7 SMP kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat


Salah satunya adalah pelajaran matematika yang setiap naik kelas pasti mengalami kenaikan level juga tuh. Dimana setiap materi yang ada adalah pengembangan dari pelajaran pelajaran yang sebelumnya, sehingga menuntut anda agar lebih bisa mencerna semua materi yang diajarkan.


Pada pelajaran matematika kelas 8 ini andaakan menemukan banyak materi yang akan di bahas secara kompleks.


Saking ruet dan kompleks dari materi matematika kelas 8 SMP ini banyak siswa yang tidak suka, itu semua disebabkan karena  mereka harus dihadapkan dalam situasi yang  dimana menuntut mereka harus bisa berfikir lebih ekstra dalam mencerna semua informasi yang ada pada materi yang diberikan.


Beberapa siswa mungkin mengalami stuck saat memahami dan mencoba untuk mengerti materi yang diberikan karena mereka sudah tidak mampu jika harus berfikir ekstra secara terus menerus.


Namun ada juga yang sebaliknya dimana beberapa siswa senang dengan pelajaran matematika dan mampu memahami serta mengerjakan semua tugas yang telah di berikan.


Untuk lebih memahami materi matematika kelas 8 SMP anda harus mengerti dan memahami konsep dasar dari pelajaran matematika setelah mengerti semua konsep konsepnya anda juga harus mengerti sifat sifat dari masing masing pelajaran matematika yang berbeda beda.


Sifat sifat tersebut yang akan menuntun anda dalam memahami dan mengerti hingga mengerjakan tugas yang di berikan.


Rangkuman Singkat Materi Matematika Kelas 8 SMP





Nah pada artikel ini akan membahas rangkuman materi matematika kelas 8 yang akan membantu anda dalam mengerti, memahami hingga mengerjakan soal soal matematika.


Diharapkan dengan rangkuman ini anda dapat belajar secara mandiri dirumah. Mau tau materi matematika apa saja yang akan anda pelajari di kelas 8 ini ? Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.


1. Bilangan

Pada materi matematika kelas 8 SMP ini anda akan belajar mengenai pola pola yang didalamnya terdapat angka angka dalam suatu urutan tertentu dimana pola pola ini biasanya ditemukan dengan menggunakan 2 angka namun bisa saja lebih tergantung soal yang diberikan.


Pada bab ini anda akan mempelajari tentang bagaimana penggunaan aturan aturan atau sifat sifat pada pola bilangan dimana sifat sifat tersebut di bagi menjadi 3 sifat besar yang harus dipahami yaitu pola baris bilangan, barisan bilangan dan deret bilangan.


2. Koordinat Kartesius

Pada materi matematika kelas 8 SMP ini anda akan mempelajari yang namanya koordinat Kartesius dimana tentunya anda tidak akan asing lagi yang dengan bentuk garis koordinat seperti sumbu X atau sumbu Y  karena pada bab ini juga menerapkan sistem yang sama.


Yang mana  penggunaan koordinat Kartesius ini untuk menentukan posisi dari suatu titik pada sebuah bidang dimana menggunakan garis garis yang saling tegak lurus satu Sama lainnya.


Selain itu anda juga akan mempelajari bagaimana cara membuat garis Kartesius yang baik dan benar.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 8 SMP kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat


3. Relasi Dan Fungsi

Pada materi matematika kelas 8 SMP ini anda akan mempelajari tentang apa itu relasi dan fungsi.


Selain itu anda juga harus mengerti dan memahami bagaimana sifat sifat dari relasi dan fungsi beserta ciri cirinya, anda juga harus bisa membuat tabel atau grafik dari materi relasi dan fungsi yang telah andapelajari.


Untuk grafik relasi dan fungsi Selin berbentuk tabel juga dapat berbentuk diagram dan persamaan yang berisi deskripsi dari relasi dan fungsi yang telah diketahui dimana anda juga akan mempelajari yang namanya nilai dan grafik fungsi pada bab ini.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 9 SMP Kurikulum Terbaru | Rangkuman Singkat


4. Persamaan Garis Lurus

Kemudian di materi matematika kelas 8 SMP yang selanjutnya anda akan ketemu dengan materi persamaan garis lurus.


Dimana pada bab ini anda akan mempelajari tentang konsep kemiringan, persamaan dari garis lurus, selain itu juga akan membahas titik potong garis hingga kedudukan dua garis.


Sub sub materi besar yang harus anda ketahui pada materi ini ada 4 yaitu anda harus memahami yang namanya fungsi linear,  grafik linear, gradien dan persamaan garis lurus.


5. Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Pada materi matematika kelas 8 SMP ini anda akan dihadapkan dengan bab yang berisi materi tentang sistem persamaan linear dua variabel, dimana andaharus mengerti dan memahami dari konsep konsep tersebut karena akan membantu anda agar bisa mengerjakan soal soal yang diberikan.


Persamaan dua variabel ini sangat penting untuk andakuasai dimana setelah benar benar paham dengan konsep dari persamaan dua variabel maka anda dapat dengan mudah memecahkan tugas tugas yang diberikan.


6. Teoryma Pythagoras

Kemudian untuk materi matematika kelas 8 SMP selanjutnya yang akan dipelajari adalah tentang teoryma Pythagoras dimana pada bab ini anda harus memahami dari pengertian dasar tentang teoryma Pythagoras, sifat sifat Pythagoras serta konsep konsep dalam perhitungan teoryma Pythagoras yang harus andakuasai.


7. Teoryma Pythagoras

Pada bab ini anda akan menemukan materi tentang lingkaran dimana andaakan mempelajari tentang lingkaran dan unsur-unsurnya, keliling dan luas, Jurong sudut pusat, temberang dan masih banyak lagi.


Dimana di bab ini anda harus bisa mengidentifikasi unsur unsur lingkaran yang berupa garis beserta ciri cirinya beserta memahami hubungan antar unsur.


8. Bangun Ruang

Di materi matematika kelas 8 SMP ini berisi tentang materi konsep bangun ruang yang akan anda pelajari.  Dimana aja ketemu bangun ruang seperti kubus, balok ,prisma dan limas beserta ciri cirinya yang harus diketahui.


Untuk rumus pada bab ini anda akan mempelajari rumus seperti bangun ruang sisi datar dan bangun ruang tak beraturan.


9. Statistika

Mungkin anda pernah dengar yang namanya median, Medan atau rata-rata dan modus bukan ? Kalau iya itu adalah materi yang harus anda pelajari pada bab berikut ini yaitu bab yang membahas statistika.


Dimana pada materi matematika kelas 8 SMP ini anda akan diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan atau sebuah prediksi berdasarkan analisis data yang ada. Materi statistika ini ada 3 sub materi yaitu pengolahan data, pengukuran data dan penyajian data.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat


10. Peluang

Materi terakhir yang akan anda pelajari adalah peluang dimana berhubungan dengan probabilitas atau kemungkinan. Bab ini mengajari anda supaya tau berapa kemungkinan yang akan terjadi dalam suatu peristiwa dengan menggunakan rumus rumus yang tepat.


Dimana untuk materi dalam bab statistika ini terbagi menjadi 2 sub materi besar yaitu anda akan mempelajari yang namanya frekuensi relatif serta titik sampel dan ruang sampel yang harus anda kuasai.


Nah itulah rangkuman lengkap materi matematika kelas 8 SMP yang dapat anda catat dan pelajari sendiri dirumah. Diharapkan dengan membaca artikel ini anda semua dapat lebih mengerti bagaimana memahami dan mengerti  pelajaran matematika dan mampu memecahkan tugas tugas yang diberikan dengan jawaban yang tepat, dan selamat mencoba!

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama