Materi Lengkap Matematika Kelas 3 SD | Rangkuman Singkat

Apa Saja Materi Matematika Kelas 3 SD?Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman matematika sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab matematika yang akan dipelajari di kelas 3 SD.


Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran matematika . Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi matematika kelas 3 SD semester 1 dan semester 2.


Rangkuman Singkat Matematika Kelas 3 SD


Matematika merupakan pelajaran yang memiliki pembagian materi sesuai dengan jenjang pendidikan sesuai usia tertentu. Seperti contohnya untuk kelas 3 SD terdapat materi khusus yang sudah disesuaikan dengan pemahaman di usia tersebut. Mereka yang sudah memasuki usia tersebut tentu akan bertanya
apa saja materi matematika kelas 3 SD.


Biasanya materi tersebut sudah disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku yang kemudian akan disajikan melalui buku paket. Biasanya buku paket tersebut akan diterbitkan oleh Kemendikbud dengan rincian materi mulai dari pembahasan hingga soal-soal latihan. Tentunya pembahasan tersebut akan disajikan dengan sangat rinci agar mudah dimengerti.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika kelas 4 SD | Rangkuman Singkat


Biasanya memasuki kelas 3 materi yang akan diberikan sudah lebih kompleks jika dibandingkan jenjang sebelumnya. Karena merupakan usia pertengahan maka materi yang dibahas merupakan pengembangan dari pelajaran dasar di kelas sebelumnya. Selain itu beberapa materi yang bersifat umum juga akan mulai dikenalkan.


Apa Saja Materi Matematika Kelas 3 SD? Simak Selengkapnya


Materi yang akan dipelajari di kelas 3 cukup beragam dan merupakan pengembangan dari pengetahuan dasar matematika di kelas 1 dan 2. Beberapa pengetahuan dasar seperti bilangan, operasi bilangan hingga mengenal bentuk bangun datar akan lebih dikembangkan pada saat memasuki kelas 3 SD.


Bab 1 : Menentukan Letak Bilangan pada Garis Bilangan


Apa saja materi matematika kelas 3 SD? Bab yang pertama ialah menentukan letak bilangan pada garis bilangan untuk bisa membaca bilangan dengan tepat. Pada materi ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat garis bilangan dan apa fungsi dari garis tersebut.


Siswa akan diajarkan cara membuat garis bilangan kemudian meletakkan bilangan pada posisi yang tepat. Garis tersebut biasanya dibuat dengan arah vertikal atau mendatar kemudian angka yang diperlukan akan ditulis pada beberapa bagiannya. Bilangan yang lebih besar biasanya akan terletak di sebelah kanan begitupun sebaliknya.


Selanjutnya pada garis bilangan tersebut urutan bilangan yang digunakan biasanya akan menggunakan pola tertentu. Misalnya dengan menggunakan pola bilangan loncat mulai dari 2 suku sampai tak terhingga. Pola bilangan tersebut juga bisa disajikan dengan menggunakan pola bangun datar sesuai jumlah bilangan yang dinamakan dengan barisan geometri.


Bab 2 : Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan


Memasuki kelas 3 SD operasi hitung untuk penjumlahan dan pengurangan akan dibahas kembali namun dengan menggunakan bilangan yang lebih besar.


Jika pada jenjang sebelumnya hanya menggunakan angka puluhan maka di kelas 3 bilangan yang digunakan mulai dari ratusan hingga ribuan.


Siswa akan diajarkan bagaimana membaca bilangan yang biasanya terdiri dari 3 hingga 4 angka. Misalnya untuk bilangan 2.876 akan dibaca dua ribu delapan ratus tujuh puluh enam yang terdiri dari angka 2 sebagai ribuan, angka 8 sebagai ratusan, angka 7 sebagai puluhan dan angka 6 sebagai satuan.


Untuk bilangan ribuan bisa dinyatakan dalam penjumlahan dengan bentuk yang panjang. Selanjutnya untuk mengerjakan penjumlahan dan pengurangan bisa dilakukan dengan cara bersusun mulai dari satuan dengan satuan, puluhan dengan puluhan, ratusan dengan ratusan serta ribuan dengan ribuan.


Hasil akhirnya akan disatukan dengan penulisan mulai dari ribuan. Untuk bilangan tertentu pada penjumlahan terdapat teknik menyimpan khusus untuk bilangan yang dijumlahkan hasilnya lebih dari 10. Ada pula untuk operasi pengurangan yang menggunakan teknik meminjam untuk hasil pengurangan antara dua angka di mana angka yang pertama lebih kecil nilainya.


Bab 3 : Perkalian dan Pembagian


Jika Anda masih penasaran apa saja materi matematika kelas 3 SD maka salah satunya ialah materi mengenai perkalian dan pembagian. Siswa akan diajarkan bagaimana mendapatkan jumlah perkalian yang merupakan bentuk penjumlahan berulang. Hal ini akan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari begitupun dengan pembagian.


Pada pembahasan awal untuk perkalian akan dijelaskan jika angka yang dikalikan menyatakan penjumlahan angka yang sama sebanyak angka berikutnya yang ingin dikalikan.


Misalnya untuk 2 x 5 berarti angka 2 bisa ditambahkan sebanyak 5 kali dan itulah hasilnya. Untuk pembagian merupakan bentuk pengurangan secara berulang atau kebalikan dari perkalian.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat


Untuk 10 : 2 maka itu artinya 10 harus dikurangi angka 2 hingga habis. Jumlah pengulangan dari angka tersebut maka merupakan hasil dari soal yang dimaksud. Perkalian dan pembagian memiliki sifat yang lebih kuat sehingga dalam operasi perhitungan harus dihitung terlebih dahulu dibandingkan penjumlahan atau pengurangan.


Bab 4 :  Uang


Salah satu hal yang cukup menarik dari materi kelas 3 SD ialah adanya pembahasan mengenai uang dan cara membacanya.


Mata uang Indonesia akan dijelaskan berikut cara penulisannya yang biasa disingkat dengan Rp. Jenis mata uang yaitu kertas dan logam juga akan diperlihatkan melalui gambar.


Cara penulisan mata uang juga akan dijelaskan sesuai dengan jumlah uang tertentu. Misalnya untuk seribu rupiah harus ditulis dengan Rp. 1.000, lima ratus rupiah ditulis dengan Rp. 500, atau sepuluh ribu rupiah ditulis dengan Rp. 10.000.


Selain penulisannya cara membaca nilai mata uang juga akan diajarkan sesuai dengan nominal yang tertulis.


Pada materi ini juga terdapat nilai kesetaraan dari mata uang yang ada misalnya untuk satu lembar Rp. 10.000 setara dengan dua lembar Rp. 5.000 begitupun seterusnya. Berikutnya akan diajarkan cara menaksir dengan pembulatan terdekat.


Misalnya untuk jumlah yang kurang dari 5 atau 50 akan dibulatkan ke bawah dan jika lebih akan dibulatkan ke atas.


Bab 5 : Pengukuran


Mengenai apa saja materi Matematika kelas 3 SD terdapat salah satu materi yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Materi tersebut ialah pengukuran beserta satuan dan alat ukurnya.


Namun di sini materi ini akan diajarkan pada bagian dasarnya saja seperti penggunaan meteran untuk mengukur panjang, timbangan untuk berat, serta jam untuk waktu.


Jenis-jenis alat pengukur tersebut juga akan diperkenalkan dan diberikan pengetahuan mengenai cara menggunakannya.


Berikutnya masing-masing ukuran tersebut akan dipelajari Bagaimana cara membaca dan menulis ukuran termasuk cara menaksir jumlah dari ukuran dengan bilangan tertentu.


Bab 6 : Pecahan


Berikut yang terdapat pembahasan materi mengenai pecahan yang merupakan bilangan untuk menyatakan suatu bagian dari bagian keseluruhan.


Misalnya jika satu buah semangka yang dibagi 4 maka setiap bagiannya bisa disebut dengan 1/4. angka 1 tersebut disebut sebagai pembilang dan angka 4 disebut dengan penyebut.


Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Kelas 2 SD | Rangkuman Singkat


Selain itu, nilai pecahan juga bisa disajikan melalui bentuk gambar yang diarsir. Misalnya Anda bisa menggunakan sebuah lingkaran yang dibagi 4. Salah satunya bisa diarsir untuk menunjukkan bahwa bagian tersebut disebut dengan 1/4 lingkaran.


Pecahan juga bisa ditulis dalam bentuk garis bilangan di mana pecahan yang lebih besar berada di sebelah kanan.


Itulah sebagian besar dari materi matematika kelas 3 SD yang akan dipelajari di jenjang tersebut. Mengenai apa saja materi matematika kelas 3 SD Anda tentu sudah mendapatkan gambarannya sehingga bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi anak Anda tentang materi tersebut.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama