10 Alasan Mengapa Matematika itu Penting untuk Dipelajari

10 Alasan Mengapa Matematika itu Penting Untuk Dipelajari | Istilah matematika sebagai ilmu yang menyenangkan memang masih susah diterapkan oleh beberapa orang. Padahal, kalau kita sudah tau betapa pentingnya matematika, kita akan semangat untuk mempelajarinya. Berikut ini ada 10 alasan mengapa matematika itu penting untuk dipelajari.


10 Alasan Mengapa Matematika itu Penting untuk Dipelajari


Matematika seringkali disebut mata pelajaran susah dan tidak diminati oleh banyak pelajar. Padahal tidak melulu seperti itu, ada banyak alasan yang bisa Anda ciptakan untuk membuat matematika menjadi ilmu menyenangkan. Bagaimanapun ilmu ini penting untuk dipelajari dan dipahami.


1. Dapat Melatih Logika

Salah satu alasan terkuat mengapa harus mempelajari matematika secara benar adalah agar terbiasa untuk berpikir secara logis. Apalagi sekarang ini juga banyak sekali tes di berbagai perusahaan yang mengandalkan kepiawaian menjawab tes logika dengan baik dan sempurna.


Dengan begitu, otak akan lebih terbaisa dengan realita yang ada. Salah satunya yaitu ketika menentukan beberapa pilihan yang sulit.


2. Membuat Anda Lebih Teliti

berdasarkan pengalaman beberapa orang yang suka dengan matematika, mereka menjadi lebih teliti dan cermat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan karena sudah terbiasa sabar dan tidak ceroboh dalam menyelesaikan persoalan di matematika.


Namun disitulah letak sebenarnya dari pelatihan kesabaran tersebut. Lama kelamaan kebiasaan baik ini akan terbawa ketika melakukan pekerjaan di kehidupan sehari-hari.


3. Melatih Kesabaran

Ilmu matematika memang susah untuk dipelajari namun bukan berarti tidak bisa. Untuk bisa fasih menyelesaikannya Anda harus pintar-pintar dalam mengasah kemampuan dasarnya terlebih dahulu. Itulah mengapa banyak orang yang senang dengan matematika jadi lebih penyabar.


Saat mempelajari matematika akan selalu muncul lika-liku masalah dan kesulitan yang membuat Anda serasa ingin menyerah.


4. Tuntutan di Dunia Pekerjaan

Ilmu matematika sebenarnya tidak hanya ada pada saat sekolah saja. Sekarang ini tuntutan untuk bisa mengerjakan persoalan di dunia pekerjaan yang berkaitan dengan angka, logika, sampai ketelitian. Bahkan tes masuk di beberapa perusahaan besar saja sekarang pakai tes matematika.


Jadi ini sudah menjadi semacam tuntutan atau keharusan bagi Anda untuk mau belajar matematika dari sekolah dasar sekalipun. Agar nanti kedepannya tidak kesusahan dalam menghadapi perkembangan zaman yang dinamis dan tetap kritis serta kreatif dalam berpikir.

Baca Juga : Cara Mengatasi Malas Mengerjakan Tugas Sekolah


5. Menyediakan Lapangan Kerja yang Luas

Dalam kehidupan ternyata orang yang pintar matematika ternyata bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah dan bagus dalam sebuah perusahaan. Peluang berhasilnya ternyata lebih besar, hal ini tidak lepas dari pemikiran jika pintar matematika berarti daya tangkapnya juga lebih baik.


Jadi tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan dengan budaya, etos kerja serta job desc nya di pekerjaan tersebut. Kalaupun tidak bisa terlalu pandai setidaknya cukup menguasai saja, agar nantinya Anda tidak terlalu kesulitan mendapatkan posisi kerja jika ingin masuk ke perusahaan.


6. Menunjang Pekerjaan Bidang Lain

Selanjutnya ilmu matematika juga bisa dipakai untuk menunjang pekerjaan di bidang lainnya. Banyak yang tidak tahu jika matematika adalah. Matematika memang ilmu yang berdiri sendiri dan ratunya dari semua ilmu. Jadi dengan menguasai satu bidang maka dapat membantu di aspek lainnya.


Begitupun saat menghadapi masalah sehari-hari Anda tidak akan terburu-buru sehingga tidak menyesal di akhir.


7. Berguna Dalam Kegiatan Sehari-Hari

Banyak orang tidak tahu jika sebenarnya matematika bisa sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah untuk berdagang, dengan adanya matematika maka proses jual beli menjadi semakin cepat dan mudah diterima oleh kedua belah pihak.


Bisa dibayangkan jika kedua belah pihak tidak bisa kemampuan dasar matematika kemungkinan akan terus menerus merugi bukan? walaupun terkesan sepele namun transaksi jual beli beli dengan hitungan dasar tentu bisa mempermudah aktivitas masyarakat agar tidak mudah tertipu oleh oknum.


8. Mampu Membentuk Pola Pikir

Sebagai ratunya ilmu ternyata matematika juga mampu membentuk pola pikir menjadi lebih cermat dan detail. Contohnya adalah ketika Anda belajar tentang trigonometri, integral, turunan, ataupun materi limit dan semuanya bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari, pasti akan terasa manfaatnya.


Walaupun tidak selalu digunakan setiap saat namun dengan terbiasa menyelesaikan soal-soalnya yang rumit lama-kelamaan pola pikir juga lebih kritis dan disiplin.

Baca Juga : Wajib dicontoh! inilah 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia


9. Membuat Jadi Lebih Kreatif

Selanjutnya adalah matematika juga bisa membuat anak menjadi lebih kreatif. Dalam matematika selalu ada persoalan yang mengharuskan Anda berpikir secara terbuka untuk menemukan rumus awal agar soal tersebut terselesaikan dengan baik.


Bahkan Anda juga bisa membuat cara sendiri menurut rumus dan pengertian yang sudah dijelaskan oleh para pengajar. Jika terus dilatih maka dalam kehidupan sehari-hari akan merasakan manfaatnya. Seperti biasa menyelesaikan pekerjaan dengan cara lebih praktis dan simpel.


10. Membuat Terbiasa Berpikir Secara Sistematis

Bagi Anda yang merasa kesulitan mengatur waktu atau tidak bisa menentukan skala prioritas dalam kehidupan sehari-hari cobalah untuk belajar matematika, dari dasarnya saja dulu sampai ke tingkatan berikutnya. Dari penyelesaian bertahap dalam setiap soal akan memberikan banyak dampak ke hidup.


Dengan terbiasa menyelesaikan persoalan di matematika secara bertahap inilah Anda juga bisa menentukan skala prioritas di setiap permasalah yang terjadi, terbiasa mencari solusi dengan sistematis sehingga tetap bisa tenang dan melanjutkan aktivitas seperti biasanya.


Itulah 10 alasan mengapa matematika itu penting untuk dipelajari. Walaupun susah dan penuh dengan soal-soal yang rumit namun bukan berarti tidak bisa dikuasai. Jadi mulai sekarang kalau ditanya kenapa harus belajar matematika sudah tau jawabannya.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama