Cara Mengatasi Malas Mengerjakan Tugas Sekolah

Cara mengatasi malas mengerjakan tugas sekolah

Pernah nggak sih kalian sebagai pelajar mengalami rasa malas mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh guru? Saya yakin sebagian besar akan mengiyakan hal tersebut. Bisa dibilang hal tersebut wajar jika dialami oleh pelajar mengingat semangat dalam belajar seringkali naik turun dan tidak stabil.


Tapi, dengan menemukan artikel ini di google itu artinya kalian sedang ingin mengatasi malas mengerjakan PR. Kalian terus bertanya tanya, bagaimana sih caranya agar tidak malas mengerjakan PR. Nah, selamat anda telah menemukan artikel yang anda butuhkan.


Simak artikel ini hingga akhir jika kalian ingin mengatasi malas mengerjakan tugas sekolah agar tidak menumpuk dan dapat selesai dengan baik sesuai waktunya.


Jadikanlah dirimu alasan untuk melakukan sesuatu yang baik untukmu.


Jika ingin mengubah sesuatu pada diri sendiri maka jadikanlah diri sendiri sebagai alasan. Seringkali orang tua menyuruh untuk rajin belajar tetapi jika kemauan pada diri tidak ada maka akan susah untuk menikmatinya.


Maka dari itu, hal yang pertama kali harus kalian lakukan adalah meniatkan dalam hati pada diri sendiri bahwa kalian sangat menginginkan untuk menjadi pribadi yang lebih rajin dalam mengerjakan tugas.


Selain itu, di bawah ada beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan untuk mengatasi malas mengerjakan PR.



Cara Mengatasi Malas Mengerjakan Tugas Sekolah


Usia anak dan remaja yang sedang menuju tahap dewasa adalah masa peralihan secara emosi maupun mental. Jadi wajar jika sering labil, malas hingga merasa terbebani dengan tugas-tugas sekolah dan lebih mengutamakan sesuatu yang menyenangkan. Tapi, kalian sudah berkomitmen untuk menjadi rajin mengerjakan tugas kan? Yuk lakukan hal berikut ini!


1. Batasi Akses Media Sosial

Salah satu faktor yang menyebabkan malas mengerjakan tugas sekolah adalah terlalu banyak waktu dihabiskan untuk akses media sosial seperti Instagram, Tik tok, atau jenis chat online lainnya. Kebanyakan orang jika sudah pegang ponsel langsung melupakan kewajiban lainnya.


Baca Juga : [7+] Cara Mudah dan Cepat Belajar Kimia


Lebih baik mulai sekarang biasakan diri untuk tidak terlalu banyak akses ke dunia maya, memperbanyak waktu untuk produktivitas di banyak hal yang lebih bermanfaat, misalnya mengerjakan tugas sekolah. Lakukan cara ini secara perlahan saja agar jadi kebiasaan.


2. Buat Jadwal Harian

Cara ini mungkin terdengar sudah cukup basi dan tidak banyak dilakukan oleh pelajar jaman sekarang. Padahal membuat jadwal terbukti efektif membuat Anda bisa menjadi pribadi lebih mandiri dan disiplin dalam mengerjakan apapun termasuk diantaranya membuat tugas sekolah.


Belilah white board atau buat grafik lucu di ipad, bisa juga smartphone biasa pakai aplikasi desain grafis. Kemudian tinggal tuliskan jadwal harian dan semua tugas yang harus dikumpulkan. Pasang di tempat yang selalu terlihat oleh mata sehingga sekaligus bisa jadi reminder bagi diri sendiri.


3. Jangan Menunda Tugas

Menunda berarti menambah beban pekerjaan menjadi semakin banyak, ini hanyalah salah satu resiko atau konsekuensi harus ditanggung saat malas mengerjakan tugas. Semakin ditunda maka hanya akan membuat tersiksa di kemudian waktu, apalagi jika harus kebut saat menjelang deadline.


Pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru tentu tidak bagus hasilnya, kurang maksimal. Sebaiknya bisa dicicil atau langsung dikerjakan saja saat ada waktu luang daripada semakin menumpuk. Jadi ingat baik-baik resiko ribet yang akan Anda alami saat sudah mepet waktunya.


Jika Anda tidak mengerjakan tugas hari ini, maka anda harus mengerjakan tugas yang menumpuk di hari esok. Jika Anda tidak berjalan hari ini, maka Anda harus berlari di hari esok.


4. Buat Motivasi pada Diri Sendiri

Selanjutnya adalah dengan membuat motivasi pada diri sendiri. Salah satu cara terbaik agar tubuh, otak dan semua sistem bekerja maksimal untuk mengusir rasa malas bisa dilakukan dengan mengingat hal-hal menyenangkan dan membuat semangat. Misalnya makan burger atau bermain.


Setelah tugas selesai maka Anda bisa pergi keluar bermain dan makan burger bersama teman-teman. Yaitu tanpa ada perasaan terganggu dan ingin cepat-cepat pulang karena tugas belum selesai. Hal ini bisa juga dijadikan reward atas pencapaian pada diri masing-masing.


Berikan self reward pada diri Anda jika sudah mampu menyelesaikan tugas.


5. Jangan Cari-cari Alasan Terus Menerus

Terakhir, kebiasaan pelajar dan masyarakat Indonesia ketika ada pekerjaan yang tidak disukai adalah mencari-cari alasan. Menghindari masalah tidak membuat masalah selesai melainkan hanya akan menghasilkan masalah baru


Tugas akan semakin terasa berat dan waktu terbuang sia-sia saja tanpa ada hasil yang dicapai.


Di masa pandemik seperti ini sistem pembelajaran memang sudah berbasis online dari daring. Jadi tugas juga dikumpulkan secara online. Harusnya ini bisa jadi kesempatan untuk tidak menunda-nunda tugas sekolah, dengan suasana lebih nyaman dan tidak terganggu dengan suara kelas lain.


Baca Juga : 5 Dampak positif dan Negatif Belajar Online


Beberapa poin diatas bisa Anda terapkan jika anda ingin mengatasi rasa malas mengerjakan tugas. Semoga Anda menjadi orang yang tidak malas mengerjakan PR. Share artikel ini jika menurutmu bermanfaat! :)


Penulis : Setya

Editor : Admin

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama