Wajib dicontoh! inilah 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menuntaskan berbagai permasalahan negara, salah satunya kemiskinan. Sudah banyak sekali negara yang berhasil maju dan berkembang dengan bantuan para generasi mudanya. 


Memiliki tatanan sistem pendidikan yang baik di sebuah negara adalah anugerah bagi para masyarakatnya. Dengan begini kemampuan eksplorasi pada setiap siswanya bisa berjalan dengan maksimal.


Sebagai bahan motivasi dan referensi ini dia 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.


10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia


10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia


1. Finlandia

Negara pertama dengan sistem pendidikan terbaik adalah Finlandia. Sejak tahun 2000 sudah berhasil mencuri perhatian dunia dengan berbagai capaian dari para generasi mudanya. Finlandia berhasil berkinerja secara baik dan memberikan impact besar pada Eropa, Korea Selatan, dan Jerman.


2. Jepang

Negara adidaya satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi warga dunia. Banyak keberhasilan dalam pengembangan ilmu akademik maupun terapan di sana. Jepang secara kokoh mempertahankan posisinya di urutan kedua sebagai negara dengan pencapaian konsisten atas SDA nya.


Baca Juga : 5 Dampak positif dan Negatif Belajar Online


3. Korea Selatan

Sudah bukan hal asing lagi jika membicarakan tentang persaingan ketat masuk Univ di Korea Selatan. Para pelajar sudah dibentuk sejak dini untuk mengikuti semua kurikulum dari negara. Kedepan dipercaya Korsel akan menjadi pesaing hebat untuk Jepang dan juga Finlandia.


4. Denmark

Tak hanya semakin maju dalam bidang atletiknya, Denmark selalu memberikan kualitas pendidikan yang maksimal bagi warganya. 5 tahun kebelakang sebenarnya Denmark ada di posisi 8 namun sudah melakukan lompatan besar melalui pengembangan sistem pendidikan.


Baca Juga : Cara Mengatasi Malas Mengerjakan Tugas Sekolah


5. Rusia

Negara yang dijuluki dengan super power ini juga punya sistem pendidikan yang kuat. Dimana banyak pengembangan ilmu dilakukan agar semakin memperkokoh pertahanan dan membangun negara maju. Salah satu paling ditakuti dari Rusia adalah Nuklirnya.


6. Norwegia

Negara selanjutnya yang berhasil memberikan mutu pendidikan terbaik untuk masyarakatnya adalah Norwegia. Sebelumnya negara ini hanya menempati posisi 20 besar saja, namun berkat keberanian mengubah sistemnya sekarang berhasil naik dan menduduki posisi enam.


7. Inggris

Selanjutnya adalah Inggris, negara dengan sistem kerajaan ini semakin modern dalam beradaptasi dengan persaingan global yang dinamis. Namun saat ini Inggris tengah mengalami bentrok antara guru dan pihak pemerintahan sehingga membuat kualitas sistemnya semakin menurun.


Baca Juga : Wow!! Ini Spesifikasi dan Harga Resmi PS 5 di Indonesia, mending beli atau nggak?


8. Swedia

Negara selanjutnya dengan sistem pendidikan terbaiknya adalah Norwegia. Kemajuan negara ini tidak bisa dibilang cepat juga karena dari tahun 2015 mereka mulai merancang dan bergelut dengan perbaikan sistem agar bisa bersaing dengan negara-negara di Eropa lainnya.


9. Israel

Negara selanjutnya adalah Israel. Walaupun dipenuhi dengan konflik yang tidak berkesudahan, namun mereka tetap mengukuhkan sistem pendidikan negaranya menjadi semakin baik. Hasilnya lulusan dari universitas tersebut berhasil masuk ke berbagai instansi tinggi di dunia.


Baca juga : Pentingnya K3 pada dunia industri ? | Bulan K3


10. Hongkong

Terakhir ada Hongkong sebagai negara dengan kualitas terbaik juga terketat. Para siswa dituntut 12 jam lebih mengikuti sistem pendidikan yang diberikan oleh pemerintah. Tak heran jika tingkat stress di negara ini cukup tinggi. Sama dengan Korea Selatan juga Jepang.


Itulah 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik. Semoga saja Indonesia bisa terus memperbaiki pendidikan agar lebih merata sampai ke pelosok daerah. Memberikan jaminan bagi setiap anak untuk mengenyam pendidikan yang sama baiknya dari segi mutu dan kualitas.


Penulis : Setya

Editor : Admin

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama