10 Contoh Penerapan Fisika Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari-Hari

10 Contoh Penerapan Fisika Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari HariBidang miring dalam fisika merupakan salah satu teknik dasar yang bisa dipakai untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. 10 contoh penerapan fisika bidang miring dalam kehidupan sehari-hari di bawah ini, bisa jadi alasan mengapa Anda harus mempelajarinya karena banyak manfaat bisa di dapatkan.


Bidang miring biasa digunakan masyarakat untuk menaikkan/menurunkan berbagai macam benda dan juga produk ke dalam sebuah mobil. Namun selain itu tentu saja ada kegiatan lain juga bisa mempergunakan sistem bidang miring ini. Berikut adalah penjelasan singkat  yang bisa Anda pahami:


Penerapan Fisika Bidang Miring

10 Contoh Penerapan Fisika Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari Hari


1. Memindahkan Barang

Contoh penerapan pertama adalah saat orang ingin memindahkan drum ke dalam bak truk dengan memakai papan sebagai bidang miringnya. Dengan begini Anda bisa lebih mudah menggiringnya ke atas truk. Tinggal atur dan kontrol kekuatannya saja agar bisa sampai ke atas.


2. Anak Tangga yang Berkelok

Selanjutnya anak tangga yang sengaja dibuat dengan bentuk berkelok. Tujuannya adalah untuk membuat Anda bisa sampai ke bagian dengan lebih mudah. Jika dibuat lurus maka membutuhkan tenaga lebih banyak dan melelahkan. Inilah mengapa di rumah besar hanya tangganya berbelok.


3. Kapak Pisau dan Sejenisnya

Alat ini sebenarnya diadaptasi dari orang terdahulu yang sering menggunakan baji. Yakni sebuah benda keras terbuat dari logam dengan salah satu ujungnya dibuat tebal dan ujung lain tipis. Tujuannya adalah bagian tipis tersebut lama-lama semakin tajam.


Baca Juga : 10 Contoh Penerapan Fisika Bab Katrol Dalam Kehidupan Sehari Hari


Baca Juga :  10 Contoh Penerapan Fisika Gerak Melingkar dalam Kehidupan Sehari-Hari


4. Sekrup

Bidang miring selanjutnya adalah skrup yang banyak digunakan untuk membantu mengencangkan atau menggabungkan dua benda keras agar selalu terikat. Sekrup merupakan bidang miring yang melilit ke silinder sehingga ketika diputar atau di ulir bisa bergerak dengan maju dan mundur.


5. Jalan Berkelok di Tanjakan

Selanjutnya adalah jalanan yang berkelok-kelok. Banyak orang berpendapat lebih baik jalan harus lurus saja, padahal dengan kelokan tersebut bisa mengontrol gerakan menjadi lebih lambat dan aman. Ini juga bisa dikategorikan sebagai penerapan benda miring dalam kehidupan sehari-hari.


6. Pahat

Bidang miring lainnya yang bisa Anda temukan pada kegiatan sehari-hari adalah pahat. Alat satu ini pastinya sering digunakan apalagi jika bekerja di bidang kesenian. Bisa dipakai untuk ukir atau pahat kayu jadi benda artistik dan bernilai jual tinggi.


7. Pengangkut Pasir

Anda juga bisa menggunakan benda miring untuk angkut pasir. Biasanya bagian bak belakang bisa dimiringkan sehingga langsung serok pasir tanpa harus mengangkutnya satu-satu ke bak mobil. Jelas akan lebih melelahkan dan membuang-buang waktu.


8. Roda Bergigi

Salah satu bidang miring paling berfungsi dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah roda bergigi. Jika diperhatikan inilah yang membuat kendaraan tetap bisa berjalan dengan stabil walaupun sedang ada di jalanan licin atau kurang stabil.


Baca Juga : Materi lengkap GLBB kelas 10 SMA (Pengertian, rumus, contoh soal, dan pembahasan)


Baca Juga : materi lengkap fisika kelas 10 SMA | rangkuman singkat


9. Dongkrak

Selanjutnya adalah dongkrak yang bisa digunakan untuk mengangkat berbagai kendaraan besar yang tidak bisa diangkat dengan tenaga manusia. Dengan begini Anda hanya perlu memfokuskan untuk bersama-sama angkat saja.


10. Eskalator

Terakhir adalah penggunaan eskalator untuk memudahkan Anda berpindah dari lantai bawah ke atas atau sebaliknya. Benda miring satu ini sudah memakai mesin tidak lagi manual seperti angkut pasir atau semacamnya.


Itulah 10 contoh penerapan fisika bidang miring dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari ternyata banyak juga penerapan ilmu fisika di berbagai bidang kehidupan. Jadi jangan bilang kalau IPA tidak berfungsi dan bermanfaat yaa.


Penulis : Setya

Editor : Admin

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama