10 Contoh Penerapan Fisika Gerak Melingkar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Penerapan Fisika Gerak Melingkar



Tanpa disadari dalam sehari-hari manusia selalu membutuhkan adanya bantuan dari ilmu Fisika. Walaupun hal ini tidak perhatikan sepenuhnya oleh kebanyakan orang awam, namun setidaknya ada 10 contoh Fisika gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita amati.



10 Contoh Penerapan Fisika Gerak Melingkar


Walaupun tidak begitu familiar untuk semua orang, ternyata Fisika juga turut andil dalam kehidupan dan kegiatan sehari –hari.


Tanpa disadari sehari-harinya selalu ada saja beberapa hal entah itu dari alat mesin atau alam.


Berikut ini 10 contoh penerapan Fisika gerak melingkar dalam kehidupan sehari hari untuk menambah wawasan:


Contoh Fisika Gerak Melingkar



  • Gerakan dari Alat Blender


Pertama ada gerakan melingkar sederhana dari blender. Pasti Anda pernah menggunakan teknologi alat satu ini. Gerakan melingkar atau memutar dari mata pisau di dalamnya akan membantu menghancurkan apa saja yang dimasukkan ke dalam. Misal bumbu masakan atau buah dan sayur.


  • Putaran Jarum Jam


Kedua adalah putaran jarum jam yang akan bergerak ke arah kanan untuk menunjukkan waktu di sebuah tempat. Jika diperhatikan lebih detail ini merupakan contoh dari gerakan Fisika. Sebab ada perubahan energy listrik menjadi energy gerak sehingga membuat udara menjadi adem.


Baca juga : Materi lengkap GLBB kelas 10 SMA (Pengertian, rumus, contoh soal, dan pembahasan)


  • Alat Pemotong Rumput


Selanjutnya adalah gerakan pada alat pemotong rumput yang bisa meringankan pekerjaan dan mempercepat agar efisien. Generator pada bagian sistem benar-benar membantu, yaitu agar mesin bisa menciptakan gerakan melingkar dan membuatnya bekerja bisa memangkas rumput-rumput.


  • Baling-Baling Helikopter


Kegiatan satu ini memang tidak terjadi di keseharian namun termasuk dalam salah satu gerakan melingkar pada ilmu Fisika. Lintasan gerak baling-baling harus tetap melingkar. Alhasil, dapat menciptakan gerak angina terpusat dan akhirnya bisa membantu mengangkat satu badan heli.


  • Satelit Komunikasi


Tanpa disadari ternyata satelit komunikasi yang ada di luar angkasa juga bisa disebut memiliki gerakan melingkar dalam hukum Fisika. Hal ini dikarenakan gerakanya harus membentuk pola melingkar agar tidak mengganggu lintasan dari satelit lain atau benda-benda langit di sekitar.


  • Roda Mobil


Kemudian ada juga roda mobil yang dikategorikan dalam materi fisika bab gerak melingkar pada kehidupan sehari-hari. Penjelasan sederhananya roda mobil memang harus berjalan secara memutar agar menciptakan sebuah gerak dan akhirnya badan kendaraan bisa berjalan.


Baca Juga : Materi lengkap Gerak Lurus Beraturan (GLB)


  • VCD yang Sedang Diputar


Selanjutnya ada juga VCD atau lebih sering disebut sebagai kaset. Benda satu ini memang hanya punya satu lintasan saja, yakni jalan memutar atau melingkar. Jika sampai keluar jalur atau terhenti hal tersebut menandakan jika adanya kerusakan sampai tidak play isi dari video tersebut.


  • Mesin Giling


Mesin giling punya proses yang sama dengan blender. Semua benda yang masuk ke dalam gerakan melingkar memang hanya punya satu lintasan atau jalur saja. Begitupun dengan mesin satu ini, contohnya pada saat masa tanam padi.


  • Pedal Pada Sepeda


Nah bagi Anda yang suka gowes pasti punya sepeda yang memang punya pedal untuk mengayuh sepeda agar bisa terus berjalan. Selagi tidak memakai tenaga listrik sepeda harus punya pedal yang bergerak memutar.


Baca juga : Materi lengkap fisika kelas 10 SMA kurikulum 2013 | Rangkuman singkat


  • Komedi Putar


Terakhir jika Anda sering bermain ke pasar malam pasti menjumpai komedi putar atau lebih sering disebut dengan bianglala. Agar bisa bergerak seimbang bianglala harus bergerak melingkar atau memutar secara teratur.


Itulah 10 contoh Fisika gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. Tambahan, Fisika juga turut mempengaruhi kinerja dari mesin-mesin atau alat yang dipergunakan manusia. Masih banyak lagi pengaruh ilmu Fisika di dalam kehidupan kita.



Penulis : setyaa

Editor : admin

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama