Gambang! Ini Cara Mendapatkan KIP Kuliah Terbaru, Mahasiswa harus tahu!

Cara Mendapatkan KIP Kuliah | Di tahun 2021 ini, pemerintah sudah memberikan sebuah anggaran untuk para mahasiswa berupa Kartu Indonesia Pintar atau KIP. Program satu ini sekarang bisa menjadi program bantuan dalam dunia pendidikan. Namun masih banyak juga pelajar yang belum tahu cara mendapatkan KIP kuliah.



Cara mendaftar KIP kuliah 2021 terbaru


Syarat Menjadi Anggota KIP Kuliah


Sebelum masuk ke langkah-langkah untuk mendapatkan KIP kuliah terlebih dahulu Anda harus melengkapi berbagai persyaratan yang sudah diberikan oleh pihak pemerintah. Semuanya mutlak harus terpenuhi dengan kata lain tidak boleh ada satupun poin yang kurang sehingga anda bisa mendapatkan KIP kuliah.


Pertama. Penerima KIP kuliah adalah seorang siswa yang sudah lulus atau akan lulus dari SMA/ sederajat. Maksimal dua tahun sebelumnya dari periode pendaftaran tersebut. Serta punya NISN, NPSN serta NIK valid dan bisa dipertanggung jawabkan.


Kedua. Penerima haruslah seorang pelajar yang punya kualitas akademik baik dan memenuhi standar dari pemerintah. Mereka harus berasal dari golongan ekonomi kurang mampu dan ada keterbatasan ekonomi dan bisa menghambat proses pendidikan di bangku kuliah.


Baca Juga : Wajib dicontoh! inilah 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia!


Ketiga. Penerima harus sudah diterima di PTN atau PTS di segala macam prodi namun dengan akreditasi A atau B. Namun kemungkinan juga ada pertimbangan khusus jika penerima memilih prodi dengan akreditasi C. Tidak semuanya bisa hanya sebagian saja.


Keempat. Penerima harus mempunyai kartu keluarga sejahtera atau KKS dari pemerintah. Jika belum ada maka orang tua atau pihak wali bisa mengurusnya ke berbagai lembaga terkait agar bisa memenuhi persyaratan dari pemerintah untuk mendapatkan KIP 2021.


Cara Mendapatkan KIP Kuliah 2021 terbaru


Setelah memenuhi persyaratan diatas barulah pelajar bisa mendaftarkan diri ke situs resmi KIP dan urus semua berkas agar kartu bisa segera diperoleh. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperoleh KIP dengan mudah tanpa harus bingung dengan banyaknya info palsu:


1. Daftar Lewat Situs Resminya


Untuk bisa memasukkan data-data sebaiknya Anda langsung menuju situs online saja, daripada harus bertanya dan dapat jawaban tidak sesuai hanya membingungkan saja. Pelajar dapat melakukan pendaftaran lewat web sistem KIP kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id .


Bisa juga lewat unduh aplikasi dengan nama KIP kuliah mobile apps, dan saat ini sudah tersedia di play store. Setelah berhasil masuk Anda bisa memasukkan NIK, NISN, NPSN juga alamat email yang valid dan masih aktif tentunya. Karena nantinya akan banyak informasi pemberitahuan


2. Masuk Ke Sistem Validasi


Setelah memasukkan semua syarat ke dalam kolom, Anda tinggal menunggu proses validasi berjalan, sistem akan melakukan cek kelayakan pendaftar untuk mendapatkan KIP kuliah pada tahun tersebut. Jika berhasil maka Anda akan diberikan nomor serta kode akses ke email masing-masing.


Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Malas Mengerjakan Tugas Sekolah


Kode dan nomor ini tidak bisa digunakan sembarang orang dan harus dijaga kerahasiaannya. Untuk itu sebaiknya gunakan email yang baru dan hanya Anda sendiri yang tahu perihal user juga passwordnya.


3. Proses Terakhir


Jika sudah maka Anda tinggal memilih jalur seleksi yang akan diikuti. Nantinya ada pilihan KIP di dalamnya. Namun jika pelajar sudah diterima di sebuah universitas maka bisa minta tolong kepada perguruan tinggi untuk melakukan verifikasi lebih lanjut sebelum diusulkan jadi penerima KIP kuliah.


Itulah berbagai macam syarat dan juga cara mudah mendapatkan KIP kuliah yang bisa Anda ikuti, untuk selanjutnya bisa langsung dipraktekkan baik dengan laptop maupun smartphone masing-masing. Hanya butuh akses internet saja dan lakukan semua proses yang telah ditentukan.


Penulis : Setya

Editor : Admin

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama