10 Contoh Penerapan Fisika Bab Katrol Dalam Kehidupan Sehari Hari

Secara sadar atau tidak sadar sebenarnya dalam keseharian seringkali Anda menggunakan ilmu Fisika untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah katrol, teknik angkat dasar. Bahkan, ada 10 contoh penerapan Fisika katrol dalam kehidupan sehari-hari yang kerap dijumpai.





10 Contoh Penerapan Fisika Katrol dalam Kehidupan Sehari Hari


Dalam kegiatan sehari-hari Anda pasti sering merasa lelah menjalankan aktivitas. Untuk itu membutuhkan cara agar bisa membantu meringankan pekerjaan menjadi lebih mudah. Secara tidak sadar ilmu Fisika sudah masuk ke berbagai aktivitas harian. Ini dia penjelasan singkatnya:


1. Timba Sumur

Salah satu tenaga katrol yang paling umum dan sederhana adalah timba sumur. Mungkin bagi masyarakat perkotaan sudah jarang menemukan adanya peralatan ini. Namun bagi warga pedesaan katrol masih sangat dibutuhkan pada tenaga sumur yang digunakan untuk mengambil air dari dalam.


2. Lift

Kalau satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Lift merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu Anda berpindah dengan cepat dari lantai satu ke lainnya tanpa menaiki tangga. Katrol yang dikaitkan sudah tidak lagi menggunakan tenaga manual dari manusia.


Baca Juga : 10 Contoh Fisika Gerak Melingkar dalam Kehidupan Sehari-Hari


Baca Juga : Materi lengkap fisika kelas 11 SMA kurikulum 2013 | Rangkuman singkat


3. Pengangkut Semen

Selanjutnya adalah pengangkut semen yang biasa digunakan pada pekerja bangunan. Mereka seringkali kesusahan memberikan adonan semen pada temannya yang ada di tempat lain. Daripada harus naik turun lebih baik pakai tenaga katrol dan membuat pengangkut semen dan material lain.


4. Pengibaran Bendera

Ingin melihat contoh kecil lagi bisa menggunakan katrol untuk pengibaran bendera. Tiang bendera biasanya memang menggunakan pengait katrol, ditarik satu sisi agar bisa naik ke atas kemudian diikat talinya pada bagian bawah sebagai penguncinya. Namun sekarang juga ada yang otomatis.


5. Menaikkan Peti Kemas

Ada juga contoh lain saat menaikkan peti kemas ke atas badan kendaraan atau transportasi laut biasanya seperti kapal. Jika diangkat secara manual pastinya juga susah karena berisi dengan perabotan atau benda-benda berat. Sehingga memudahkan dalam melakukan kegiatan tersebut.


6. Alat Angkat Berat

Selanjutnya katrol juga biasa digunakan pada mesin kendaraan untuk alat angkat berat. Biasanya ini ada di konstruksi pembangunan. Bedanya disini memakai metode majemuk yakni gabungan dari tetap dan juga katrol bebas. Keduanya dihubungkan menggunakan tali tambang kuat khusus.


7. Peralatan Panjat Tebing

Bagi pemula yang sedang berusaha menekuni panjat tebing pasti membutuhkan tenaga katrol untuk membantunya turun saat sedang diatas tebing. Bagian bawah akan ditahan oleh orang yang lebih kuat untuk menahan beban si pemanjat. Katrolnya masih menggunakan tenaga manual.


8. Mobil Derek

Jika dilihat lebih detail mobil derek juga memakai tenaga katrol untuk membantu mengangkat mobil yang sedang bermasalah tersebut. Sehingga tanpa harus di dorong mobil sudah bisa jalan dengan mengikuti jalannya kendaraan yang mendereknya dengan katrol dan juga pengungkit tersebut.


Baca Juga : Materi Lengkap Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat


Baca Juga : Materi lengkap GLBB kelas 10 SMA (Pengertian, rumus, contoh soal, dan pembahasan)


9. Kerekan Burung

Selanjutnya ada juga tenaga katrol yang digunakan pada kerekan burung. Metodenya sama persis dengan tiang bendera, yakni memakai katrol tetap. Anda hanya perlu memastikan semua komponen tetap licin dan lancar sehingga bisa membuat kandang burung bisa naik ke atas.


10. Alat Pengangkut Bahan Bangunan

Terakhir Anda pasti sering melihat alat pengangkut berat yang beroperasi di saat ada pembangunan. Dengan bantuan katrol tidak perlu lagi menghabiskan tenaga untuk angkat material atau ada bahan konstruksi berat.


Inilah 10 contoh penerapan Fisika katrol dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan katrol jenis tetap, bebas maupun majemuk. Jadi sekarang jika ada kegiatan berat dan harus memindahkan barang bisa pakai katrol saja.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama