Materi Lengkap Matematika kelas 4 SD | Rangkuman Singkat


Materi Lengkap Matematika Kelas 4 | Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman matematika sebagai strategi agar lebih mudah dalam membuat rencana belajar matematika, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab matematika yang akan dipelajari di kelas 4 SD. Hal tersebut tentunya sangat baik dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran matematika kelas 4 sd. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang pelajaran matematika kelas 4 semester 1 dan semester 2.


Matematika Kelas 4 SD



Kelipatan dan Faktor Bilangan

Materi pertama pada Matematika kelas 4 SD adalah Faktor dan Kelipatan Bilangan. Pada bab ini, terdapat pembagian beberapa sub bab untuk memperjelas penjabarannya.


Beberapa sub-bab atau materi yang akan dibahas di dalamnya adalah Bilangan Prima, Kelipatan Bilangan, Faktor Bilangan, KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecill) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar).


Bilangan Prima adalah bilangan apapun yang lebih besar dari 1 yang hanya bisa dibagi dengan 1 dan oleh bilangan itu sendiri. Gampangnya, bilangan prima adalah bilangan hanya bisa dibagi dengan dua bilangan, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri.


Bilangan prima pasti ganjil. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bilangan ganjil adalah bilangan prima.


Contoh bilangan prima : 2,3,5,7,11,13,17, dan seterusnya.


Kelipatan suatu bilangan dapat di artikan sebagai hasil perkalian antara bilangan tersebut dengan bilangan asli. Contoh bilangan asli adalah 1,2,3,4,5,6, … dan seterusnya.


Faktor adalah suatu bilangan yang habis membagi sebuah bilangan tanpa sisa.


Kemudian, Apa itu KPK dan FPB ?


Kelipatan Persekutuan terkecil atau biasa disebut KPK dari dua bilangan merupakan bilangan bulat positif terkecil yang bisa dibagi habis oleh kedua bilangan itu.


Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis kedua bilangan tersebut.


Baca Juga : Materi Matematika kelas 5 SD | Rangkuman Singkat


Operasi Hitung Bilangan

Materi selanjutnya pada Matematika kelas 4 SD adalah Operasi Hitung Bilangan. Pada bab ini, terdapat pembagian beberapa sub materi untuk memperjelas penjabarannya, yaitu sifat-sifat operasi hitung, bilangan ribuan, perkalian dan pembagian, operasi hitung campuran, pembulatan dan penaksiran.


Pada pelajaran matematika kelas 4 sd, ada beberapa operasi hitung bilangan yang sering digunakan, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, tanda kurung, perpangkatan, dan akar.


Penjumlahan merupakan cara yang dapat kita gunakan untuk mengetahui/menghitung total dua bilangan atau lebih. Biasanya guru akan memberikan contoh sederhana penggunaan penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari.


Misalnya, hari ini ibu membelikanmu 10 mangga kemudian ayahmu juga membelikan 10 mangga. Jadi total mangga yang kamu miliki sekarang adalah 10. Itulah gampangnya materi penjumlahan yang akan kalian pelajari.


Pengurangan dapat kita artikan sebagai proses mengambil sebagian atau seluruhnya sehingga hasil yang didapat menjadi lebih sedikit dari sebelumnya.


Misalnya adalah kamu mempunya 10 mangga. Lalu, kamu memberikan 5 mangga pada adikmu. Mangga yang kamu miliki saat ini tinggal 5. Itulah contoh sederhana operasi pengurangan.


Perkalian dapat kita pahami sebagai penjumlahan yang berulang. Contoh :


5x7 =7 + 7 + 7 + 7+ 7 = 35.


Kita menjumlahkan angka 7 sebanyak 5 kali.


Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian. Contoh : kamu memiliki 4 mangga. Lalu kamu ingin membagi 4 mangga tersebut sama rata dengan adikmu. Maka, kamu dan adikmu masing-masing mendapatkan 2 mangga.


Selanjutnya, untuk materi tanda kurung, perpangkatan, akar, dan pembulatan juga akan kalian pelajari di bab ini.


Pengukuran

Setelah pada bab sebelumnya belajar tentang perhitungan, maka pada bab ini kalian akan belajar tentang pengukuran. Jadi, dalam matematika itu tidak hanya menghitung tapi ada juga mengukur.


Beberapa hal yang akan menjadi bahan pengukuran adalah sudut, waktu, panjang, berat, kuantitas, dan sebagainya.


Hal yang harus kita ketahui dalam sudut adalah bahwa lingkarang memiliki sudut 360 derajat. Siku-siku memiliki sudut 90 derajat. Garis lurus memiliki sudut 180 derajat.


Pada pengukuran waktu, kita akan mempelajari dan memahami bahwa 1 menit ada 60 detik. 1 jam ada 60 menit. 1 jam ada 3600 detik. 1 hari ada 12 jam. 1 tahun ada 365 hari.


Pada pengukuran panjang, kita akan tahu tentang satuan pengukuran seperti meter, sentimeter, millimeter, dan sebagainya.


Selanjutnya pengukuran berat. Kita juga akan mengetahui satuan-satuan berat atau dalam hal ini seharusnya massa.


Dan beberapa sub-materi lain yang harus kalian pelajari pada bab pengukuran dalam pelajarab matematika kelas 4 SD.


Segitiga dan Jajargenjang

Kalian biasanya juga akan belajar mengenai segitiga dan jajargenjang. Segitiga cukup sering dipakai dalam matematika. Beberapa jenis segitiga contohnya segitiga siku-siku, segitiga sama sisi, segitiga sama kali, segitiga sembarang, dan sebagainya.


Jajargenjang juga tak kalah pentingnya. Jajargenjang juga memiliki beberapa keistimewaan yang akan kalian ketahui jika belajar tentang materi ini lebih lanjut.


Baca Juga : Materi Matematika kelas 6 SD | Rangkuman Singkat


Bilangan Bulat

Bilangan bulat juga harus kalian ketahui jika kalian sedang belajar matematika di kelas 4 sd.


Bilangan bulat memiliki anggota yaitu bilangan cacah (0,1,2,3,4,…) dan bilangan negative (-1,-2,-3,-4…). Bilangan decimal atau pecahan tidak termasuk anggota bilangan bulat.


Yang namanya bilangan bulat maka nilainya juga bulat. Ada bilangan bulat positif ada juga bilangan bulat negatif dan bilangan bulat nol.


Bilangan Pecahan

Sempat saya singgung mengenai bilangan pecahan pada bab diatas. Mari kita ulas sedikit.


Bilangan pecahan bisa kita nyatakan dalam bentuk a/b. Dengan a sebagai pembilang dan b sebagai penyebut. Nilai b tidak boleh 0. Karena tidak boleh membagi dengan nol karena nilainya tak tentu.


Bilangan Romawi

Pada bilangan romawi, kita akan menggunakan huruf latin sebagai penomoran. Misalnya kita ingin menulis tahun 2020, maka dalam bilangan romawi kita bisa menuliskannya menjadi MMXX.


Darimana kita bisa mengetahui bahwa 2020 dalam bilangan romawi adalah MMXX? Ada penetapannya, yaitu:


M = 1000. C = 100. X = 10. V = 5. I = 1.


Ada jug acara pembacaan bilangan romawi yang panjang dan nanti akan kalian pelajari lebih lanjut pada bab ini di pelajaran matematika kelas 4 sd.


Baca Juga : Materi Matematika kelas 3 SD | Rangkuman Singkat


Bangun datar dan Bagun Ruang

Pada bab ini, biasanya bangun datar yang akan sering dibahas adalah persegi, segitiga, lingkaran, dan persegi panjang. Sedangkan untuk bangun ruang yang paling sering dibahas biasanya adalah kubus.


Kalian akan belajar tentang jaring-jaring. Juga tentang pencerminan sebuah bangun datar. Kalian akan mengetahui bangun datar simetris dan tidak simetris (asimetris).


Pada bab ini juga akan dibahas mengenai apa itu rusuk sebuah bangun ruang.


Demikian pembahasan mengenai pelajaran matematika kelas 4 sd yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menambah semangat belajar adik-adik. Terima kasih.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama