Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

.
Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 |  Setelah menyelesaikan pembelajaran di kelas 10 dan 11, saatnya Anda mengetahui materi matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018. Pada pelajaran ini, terdapat 8 bab yang akan dijelaskan uraiannya.

Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman matematika wajib sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab matematika wajib yang akan dipelajari di kelas 12. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran matematika wajib. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi matematika wajib kelas 12 semester 1 dan semester 2.



Materi Matematika Wajib Kelas 12 SMA


Secara singkat, para siswa dituntut untuk memahami beberapa materi penting terkait matematika wajib untuk kelas 12. Lantas apa saja yang dibahas?

1. Geometri Bidang Datar

Materi pertama matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah geometri bidang datar yang membahas konsep jarak. Entah ini antara dua titik maupun garis. Pada bab ini terdapat beberapa sub, yaitu macam-macam sudut dan bangun datarnya.

Dijelaskan pula macam-macam sudut di antaranya yaitu : lancip, siku-siku, dan tumpul. Lalu bagian-bagian dari bangun datar yang meliputi : titik,garis, bidang. Semua hal tersebut akan diperinci pada bab ini.

Selain itu, pada bab ini akan dijelaskan bagaimana mencari keliling maupun luas dari bidang datar. Meliput : bujur sangkar,persegi panjang, lingkaran, segitiga (siku-siku, sama kaki maupun sisi), trapesium, jajar genjang, layang-layang, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

2. Geometri Bidang Ruang

Setelah menguasai yang datar, langkah selanjutnya untuk matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah mempelajari geometri bidang ruang. Pada bab ini akan membahas mengenai pengukuran-pengukuran terhadap bangun tiga dimensi.

Bangun ruang merupakan bangunan dengan ruang yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Contohnya yaitu meliputi : kubus, balok, limas, prisma, tabung, bola, dan kerucut. Dalam bab ini juga akan dijelaskan bagaimana mencari luas permukaan dan volumenya.

Dalam geometri bidang ruang, biasanya akan dipelajari mengenai kerangka dari bangun yang diketahui. Dalam bab ini juga ada soal aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya : bak mandi, tandon air, dan lain sebagainya.

3. Pengantar Statistika

Materi selanjutnya untuk matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah pengantar statistika. Pada bab ini siswa akan dikenalkan mengenai pengenalannya untuk bisa melangkah pada bagian selanjutnya.

Pengertian dari statistik sendiri adalah ilmu dalam matematika yang mempelajari metode-metode ilmiah tentang cara mengelompokkan, menyusun, dan menyajikan suatu data. Lalu dibuat kesimpulan dari hal tersebut. Dalam bab ini Anda akan mempelajari semua itu.

Macam-macam statistika ada dua, yaitu deskriptif dan inferensia. Dari data-data yang dipelajari pada materi ini terdapat data tunggal dan kelompok. Kemudian penjabaran selanjutnya akan Anda pelajari pada bab selanjutnya.

Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

4. Data Tunggal

Materi selanjutnya terdapat pada matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah data tunggal. Ini merupakan kelanjutan dari bab sebelumnya yaitu pengantar statistika. Dalam bagian ini ada beberapa hal yang perlu dipelajari.

Data tunggal dituliskan dengan menuliskan atau mendaftar satu persatu. Dalam bab ini terdapat beberapa istilah yang dipelajari yaitu : mean (rata-rata), median (nilai tengah), modus (frekuensi terbanyak). Serta sebutan untuk ukuran letak yang meliputi : kuartil, desil, dan persentil.

Karena data tunggal, rumus-rumus dari beberapa istilah tersebut juga terbilang mudah. Misalnya untuk menentukan rata-rata, Anda tinggal  menjumlah keseluruhan nilai pada tabel dan kemudian membagi dengan banyaknya.

5. Data Berkelompok

Setelah mempelajari materi sederhana alias tunggal, saatnya melangkah pada bab matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 selanjutnya, yaitu data berkelompok. Penulisannya dengan bentuk interval kelas.

Hal-hal yang dipelajari dalam data berkelompok hampir sama dengan sebelumnya. Meliputi : mean (rata-rata), median (nilai tengah), modus (frekuensi terbanyak), kuartil, desil, persentil, jangkauan, hamparan. Selain itu juga terdapat simpangan kuartil, rata-rata, dan baku.

Namun untuk rumus-rumus yang digunakan dalam data berkelompok tentu lebih rumit daripada tunggal. Hal ini karena lebih banyak angka yang digunakan. Maka pastikan Anda benar-benar memahami konsepnya agar tidak kebingungan.

6. Penyajian Data

Setelah mengetahui bagaimana itu data tunggal dan kelompok, materi selanjutnya dalam matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 yang akan dipelajari adalah bagaimana menyajikan data-data tersebut melalui beberapa cara dan tahapan.

Penyajian data dilakukan melalui bentuk diagram, di antaranya adalah dapat berbentuk lingkaran, batang, atau garis. Tujuannya tentu untuk mempermudah pembaca dalam melihat, maupun menganalisa informasi yang disajikan.

Sebelum mengolahnya menjadi diagram, data mentah perlu dipindah terlebih dahulu dalam tabel distribusi frekuensi. Pada bab ini, bagian utamanya adalah apa saja datanya dan berapa banyaknya. Kemudian diolah menjadi berbagai bentuk penyajian dengan menyajikan presentasenya.

Baca juga : Materi Lengkap GLB dan GLBB | Fisika Kelas 10 SMA

7. Kaidah Pencacahan

Materi selanjutnya pada matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah kaidah pencacahan. Pada bab ini terdapat beberap sub yang menjabarkannya. Di antaranya yaitu : pengisian ruang kosong, serta permutasi, kombinasi, dan perbedaannya.

Materi pengisian ruang kosong digunakan untuk menentukan berapa banyak cara suati objek menempati tempatnya. Aturan umum dari filling slots ini adalah : p1 x p2 x p3 x p4 x ..... x pn. Untuk memahami bagian ini, lebih baik langsung latihan soal dengan berbagai aplikasinya.

Selanjutnya yaitu permutasi yang mempelajari penyusunan objek dengan memperhatikan urutan. Terdapat tiga jenis yaitu dengan unsur berbeda, sama, dan siklik. Sedangkan untuk kombinasi tidak memperhatikan rangkaian data tersebut.

8. Peluang Kejadian Majemuk

Materi terakhir pada matematika wajib kelas 12 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah peluang kejadian majemuk. Dalam bab ini terdapat beberapa istilah yang akan dipelajari, yaitu meliputi : ruang sampel dan frekuensi harapan.

Peluang didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang kemungkinan. Terdapat berbagai macam jenisnya yaitu : komplemen suatu kejadian (baik bersyarat atau tidak), majemuk, saling lepas dan saling bebas.

Peluang dengan dua kejadian yang terjadi merupakan definisi dari bab ini. Notasinya adalah union (U). Banyak sekali contoh soal  dan aplikasinya. Contohnya yaitu seperti pengambilan kartu dari satu paket remi tanpa joker atau As.

Demikianlah pembahasan terkait Materi Matematika Wajib Kelas 12, semoga Siswa sudah ada gambaran. Insyaallah setiap bab di atas akan dibahas satu persatu dalam postingan selanjutnya. Jangan lupa belajar yang rajin yaa :)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama