Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Bagi para siswa yang mencari Materi Matematika Wajib Kelas 11, maka ini adalah laman yang tepat. Sebab, di era yang mengharuskan pembelajaran daring seperti ini banyak di antara mereka menyelesaikan tugasnya via ponsel atau laptop saja.

Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman matematika wajib sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab matematika wajib yang akan dipelajari di kelas 11. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran matematika wajib. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi matematika wajib kelas 11 semester 1 dan semester 2.



Materi Matematika Wajib Kelas 11 SMA

Berikut adalah uraian setiap bab dan subnya secara singkat yang sebaiknya para Siswa ketahui:

1. Logika Matematika

Untuk materi pertama yang akan dipelajari pada Matematika wajib kelas 11 ini adalah mengenai logika Matematika. Dalam bab ini terdapat beberapa sub rinciannya yaitu : kalimat-kalimat logic, hubungan antar kalimat dan pengambilan kesimpulan.

Inti dari logika Matematika, Siswa akan belajar bagaimana menentukan benar salahnya atau nilai dari suatu pernyataan. Terdapat dua jenis kalimat, yaitu tertutup (hanya memerlukan jawaban betul ataupun salah) dan terbuka (belum dapat ditentukan nilai kebenarannya karena ada variabelnya).

Selain itu akan terdapat sub materi pernyataan majemuk, bentu ekuivalen, dan ingkarannya. Bagian terakhir menjelaskan tentang penarikan kesimpulan, yang memiliki konklusi dari beberapa premis saling terkait. Cara menentukannya ada macam, yaitu moouds ponens dan tollens.


2. Induksi Matematika

Untuk materi selanjutnya pada Matematika kelas 11 SMA yaitu induksi Matematika. Lebih tepatnya bagiamana melakukan langkah-langkah pembuktian rumus menggunakan istilah tersebut. Dikenal juga dengan efek domino.

Cara pembuktian kebenaran pada induksi Matematika dilakukan dengan perantara untuk mencapai target utama. Biasanya aplikasi materi ini untuk membuktikan pernyataan umum mengenai deret atau rumus barisan lainnya.

Untuk melakukan pembuktian melalui induksi Matematika, dilakukan beberapa cara. Pertama gunakan angka 1 untuk menunjukkan kebenaran. Jika syarat tersebut sudah salah, maka tidak bisa dilanjutkan. Jika benar, langkah membuktikan selanjutnya menggunakan n = k dan n = k +1.

3. Pertidaksamaan Linear Dua variabel

Materi ketiga dari Matematika wajib kelas 11 SMA yaitu pertidaksamaan linear dua variabel. Di dalam bab ini terdapat dua sub yang akan merincikannya yaitu: dasar-dasar atau konsep, serta penyelesaian PLDV.

Jika persamaan linear dua variabel himpunan penyelesaiannya berupa pasangan titik-titik, maka untuk pertidaksamaannya berbentuk daerah penyelesaian. Dalam prakteknya, HP bisa berupa arsiran atau yang tidak diarsir.

Untuk menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan terdapat beberapa langkah. Pertama mengubah pertidaksamaan menjadi persamaan, kemudian menggambar grafik, lalu uji titik yang tidak dilewti oleh garis (substitusi nilai x dan y).


4. Program Linear Dua variabel

Materi selanjutnya dari Matematika kelas 11 SMA ini memiliki beberapa sub yang akan dijabarkan secara rinci pada babnya. Di antaranya yaitu: dasar-dasar atau konsep, program linear fungsi sasaran dan pemodelan Matematika.

Suatu cara untuk menentukan nilai optimum dari suatu persoalan linear merupakan definisi dari materi ini. Biasanya berbentuk suatu pertidaksamaan atau persamaan yang kemudian akan dicari nilai maksimal atau minimunnya.

Pemodelan Matematika dari program linear banyak berupa soal cerita. Kemudian dari uraian tersebut diubah menjadi suatu model penyelesaiaan atau notasinya. Dalam bab ini juga terdapat sub membandingkan nilai fungsi tiap titik ekstrem.

5. Matriks

Pada materi matriks akan mempelajari mengenai beberapa sub bab yang akan dijelaskan secara rinci. Di antaranya yaitu , Dasar perhitungannya, operasi hitungnya, determinan dan invers, maupun perkalian beberapa ordo (2 x 2, 3, x 3, m x n, n x m).

Matriks ini memiliki beberapa jenis yang harus Siswa ketahui, yaitu : nol, identitas, skalar, diagonal, segitiga atas maupun bawah, serta simetri. Berdasarkan jumlah baris dan kolomnya pun ada jenis-jenisnya, seperti mendatar, tegak, dan yang lainnya.

Dalam operasi matriks, terdapat penjumlahan dan pengurangan sederhana. Keduanya pasti memenuhi sifat-sifat yaitu, komutatif dan asosiatif. Untuk cara kerjanya, tinggal mengoperasikan kolom dan baris dengan letak sama.



6. Barisan dan Deret

Untuk materi selanjutnya pada Matematika wajib kelas 11 SMA adalah mengenai barisan dan deret. Pada bab ini akan dibagi menjadi beberapa sub yaitu aritmatika dan geometri, Keduanya memiliki pengertian, rumus dan aplikasi yang berbeda.

Pada barisan aritmatika, susunan bilangan terbentuk dari beberapa bilangan yang memiliki beda sama. Sedangkan deret merupakan penjumlahan barisnya. Terdapat dua jenis yaitu baris turun dan naik.

Sedangkan barisan geometri terbentuk dari beberapa bilangan yang memiliki rasio sama. Terdapat dua jenis pula, yaitu baris naik dan turun. Untuk deretnya dibedakan menjadi dua macam, yaitu konvergen & divergen.

7. Limit Fungsi Aljabar

Materi ke tujuh dari Matematika wajib kelas 11 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 yatu limit fungsi aljabar. Terdapat beberapa sub dalam babnya yaitu: pengertian, serta tips penyelesaian nilai fungsinya.

Dalam Matematika, konsep limit mewakili kata-kata “hampir” dari nilai suatu bilangan tertentu. Dalam fungsi aljabar, terdapat teori materi ini yang harus diperhatikan. Istilah-istilah yang digunakan biasanya k, f, dan g.

Untuk menentukan limit fungsi aljabar, terdapat tiga metode yang bisa digunakan. Di antaranya yaitu substitusi (mensubtitusikan langsung nilanya), pemfaktoran (difaktorkan terlebih dahulu), serta perkalian dengan akar sekawan.


8. Turunan dan Integral Tak Tentu Aljabar

Bab terakhir dari Matematika wajib kelas 11 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 ini memiliki beberapa sub, di antaranya: pengertian turunan dan integral tak tentu. Serta teknik mencari turunan, integral substitusi, maupun parsial.

Turunan menyatakan bagaimana suatu besaran berubah akibat perubahan lainnya. Proses menemukannya disebut dengan diferensiasi, sedangkan kebalikannya dikatakan anti turunan. Atau dalam istilah lain disebut integral.

Integral tak tentu merupakan invers atau kebalikan dari turunan yang tidak memiliki batas seperti pada umumnya. Dalam sub ini akan terdapat C sebagai konstanta, f(x) dx, dan F(x). Ketika suatu fungsi diintegralkan, cara mudah mengidentifikasinya adalah naiknya pangkat.

Demikian pembahasan terkait Materi Matematika Wajib Kelas 11 bagi para Siswa yang membaca laman ini. Insyaallah setiap bab di atas akan dibahas satu persatu dalam postingan selanjutnya. Jangan lupa belajar yang rajin yaa :)

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama