Materi Lengkap Matematika Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

Materi Lengkap Matematika Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Untuk lebih mempermudah persiapan pemahaman matematika peminatan, maka akan efektif jika kalian mengetahui bab-bab apa saja yang nantinya dipelajari di kelas 11. Tidak terkecuali Materi Matematika Peminatan Kelas 11 yang banyak dianggap sebagai materi sulit.



Materi Matematika Peminatan Kelas 11 SMA


Berikut beberapa uraian singkat mengenai Materi Matematika Peminatan Kelas 11 untuk semester 1 dan 2:

1. Statistika

Statistika merupakan bab pertama yang akan Siswa pelajari ketika memilih matematika peminatan di kelas 11. Dalam materi ini meraka diharapkan mampu membaca dan menyajikan data dengan berbagai bentuk tabel ataupun diagram.

Dalam bab ini Siswa akan dapat lebih mengenal 3 komponen penting statistika yaitu populasi, sampel, dan data statistika. Selain itu juga cara menyajikan data daam tabel distribusi frekuensi, ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukutan penyebaran.

2. Fungsi Trigonometri

Bab kedua yang akan dipelajari dalam metematika peminatan yaitu fungsi trigonometri. Akan tetapi sebelum itu, Siswa harus terlebih dahulu mengenal pengertian dan identitas trigonometri. Baru kemudian dilanjutkan pada materi berikutnya.

Seletah mengenal identitasnya, maka Siswa akan mempelajari bagaimana cara menggambar grafik fungsi trigonomeri khususnya grafik fungsi sinus dan cosinus. Pada bab ini harap persiapkan beberapa peralatan seperti busur dan jangka.

Baca Juga : Materi Matematika Peminatan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013

3. Rumus Trigonometri

Setelah mempelajari fungsi, maka bab selanjutnya dalam matematika peminatan kelas 11 adalah rumus-rumus trigonometri. Dimana di dalamnya berisi berbagai cara menghitung sinus, cosinus, tangen, dan kebalikannya.

Pada bab ini Siswa akan mempelajari berbagai rumus jumlah dan selisih sudut, rumus sudut ganda, rumus perkalian fungsi trigonometri, rumus jumlah serta selisih fungsi trigonometri, terakhir ada persamaan trigonometri.

4. Irisan Kerucut

Irisan kerucut adalah bab keempat yang akan Siswa pelajari dalam pelajaran matematika peminatan kelas 11. Merupakan lokus dari semua titik yang kemudian membentuk sebuah kurva dua dimensi pada sebuah bidang.

Dalam bab ini akan irisan mempunyai 3 macam. Pertama parabola, mempunyai bentuk hampir mirip dengan kurva pada persamaan kuadrat. Kedua elips merupakan kerucut yang diiris mendatar membentuk lingkaran. Ketiga hiperbola yaitu hasil pencerminan.

5. Polinomial

Polinomial atau suku banyak merupakan bab kelima yang harus Siswa pelajari dalam matematika peminatan kelas 11. Dapat diartikan sebagai bentuk persamaan yang memiliki variabel dengan pangkat bertingkat.

Pada awal pembelajaran siswa akan diberi materi mengenai pengertian serta operasi pada suku banyak. Kemudian teorema sisa, teorema faktor, pembagian istimewa FPB, KPK, akar-akar polinomial, metode horner, dan pembagian bersusun.

Baca Juga : Materi Matematika Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

6. Irisan Dua Lingkaran

Bab selanjutnya pada pelajaran matematika peminatan kelas 11 adalah irisan dua lingkaran. Memiliki nama lain irisan dua bundar. Sebab bundar memiliki makna yang sama. Di dalamnya Siswa akan mempelajari berbagai macam materi.

Di antaranya yaitu pengantar irisan dua lingkaran, persamaan lingkaran, kedudukan titik terhadap lingkaran, kedudukan garis terhadap lingkaran, garis singgung lingkaran, dan irisan dua lingkaran. Jadi, harap pahami terlebih dahulu ya agar mudah mengerjakan soal.

7. Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi

Komposisi fungsi dan invers fungsi merupakan salah satu materi yang akan dipelajari pada matematika peminatan kelas 11. Tujuan mempelajari bab ini yaitu diharapkan Siswa dapat menggunakan konsep, sifat, dan aturan fungsi dalam pemecahan masalah.

Akan ada setidaknya 8 subbab yang bisa dipelajari. Di antaranya yaitu produk cartesius dan relasi, fungsi atau pemetaan, beberapa fungsi khusus, sifat-sifat fungsi, aljabar fungsi, komposisi fungsi, invers fungsi, seta fungsi invers dari fungsi komposisi.

8. Limit Fungsi

Bab selanjutnya yang akan Siswa pelajari dalam matematika peminatan kelas 11 yaitu limit fungsi. Merupakan ilmu dasar untuk mempelajari kalkulus melalui pendekatan intuitif dan dimulai dengan menghitung nilai-nilai fungsi.

Dalam bab ini Siswa akan lebih mengenal pengertian limit, teorema limit, laju perubahan, kekontinuan, limit tak terhingga, limit di tak hingga, dan limit fungsi trigonometri. Jadi, pastikan untuk memahaminya agar mudah ketika nanti mempelajari kalkulus.

Baca Juga : Website tempat download jurnal ilmiah terbaik

9. Turunan

Setelah mempelajari limit, bab selanjutnya yang harus dipelajari dalam matematika peminatan kelas 11 semester 2 yaitu turunan. Di sini Siswa akan diajarkan bagaimana cara menghitung fungsi sederhana dengan menggunakan definisi turunan.

Selain itu, mereka juga akan dikenalkan pada turunan fungsi, teorema turunan fungsi aljabar, turunan fungsi trigonometri, persamaan garis singgung kurva, kecepatan dan percepatan, serta aturan L’Hopital. Tentu juga mempelajari berbagai macam jenis rumus di dalamnya.

10. Nilai Ekstrim Fungsi dan Teknik Membuat Grafik Fungsi

Bab selanjutnya dalam matematika peminatan kelas 11 yaitu nilai ekstrim fungsi dan teknik membuat grafik fungsi. Dalam materi ini Siswa akan mempelajari bagaimana cara menentukan titik stationer suatu fungsi dengan jenis ekstrimnya.

Seorang Siswa juga akan mengenal fungsi naik dan turun, nilai ekstrim, ekstrim mutlak pada interval tertutup, menggambar grafik fungsi aljabar, serta masalah pengoptimunan. Selain itu, juga mempelajari cara penyelesaian suatu model matematika.

11. Integral Tertentu

Bab terakhir yang biasanya akan dipelajari dalam matematika peminatan yaitu integral tertentu. Dimana integral tersebut memiliki batas atas dan batas bawah. Fungsinya untuk menghitung luas kurva dengan batas-batas tertentu.

Dalam bab ini Siswa akan lebih mengenal beberapa sifat dan rumus interal sehingga mampu menghitung volume benda jika diputar. Ilmu ini pertama kali dikenalkan oleh seorang ilmuan terkenal yaitu Newton dan Leibinz, tetapi kemudian dilanjutkan oleh Riemann.

Bagaimana? Sudah ada gambaran mengenai Materi Matematika Peminatan Kelas 11 untuk semester 1 dan 2? Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan para pembaca, terimakasih.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama