Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 |  Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman matematika wajib sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab matematika wajib yang akan dipelajari di kelas 10. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran matematika wajib. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi matematika wajib kelas 10 semester 1 dan semester 2.



Materi Matematika Wajib Kelas 10

1. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Nilai Mutlak Satu Variabel

Materi pertama pada Matematika wajib kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah persamaan dan pertidaksamaan linear nilai mutlak satu variabel. Pada bagian ini, terdapat pembagian beberapa sub bab untuk memperjelas penjabarannya.

Sub bab tersebut di antaranya, Sistem persamaan linear satu variabel dan nilai mutlak. Kemudian terdapat pertidaksamaan llinear satu variabel maupun nilai mutlak. Keempat sub bab tersebut akan dijabarkan dalam bab ini, sebagai pembuka untuk pengenalan Matematika bagi kelas 10 SMA.

Nilai mutlak bilangan positif atau nol adalah bilangan itu sendiri, sedangkan untuk negatif adalah lawan dari angka tersebut. Begitu kira-kira definisi yang menyangkut materi pada bab ini. Biasanya dalam soal akan menentukan himpunan penyelesaian dari suatu persamaan atau pertidaksamaan.

Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

2. Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Materi kedua pada Matematika wajib kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah mengenai sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam MTK, biasanya variabel-variabel tersebut diwakili dengan x, y, dan z, atau semacamnya.

Pada bab ini, terdiri dari beberapa persamaan linear dengan tiga variabel. Bentuk umum dari sistem tersebut adalah : ax + by + cz = d. Sebuah nilai (x,y,z) merupakan himpunan penyelesaian dari SPLTV jika ketiganya memenuhi syarat dalam perhitungan soal yang ditentukan.

Untuk menentukan himpunan penyelesaian dari SPLTV terdapat dua cara. Pertama yaitu metode subitusi, dengan menyubstitusikan nilai salah satu variabel dari satu persamaan ke yang lainnya. Kedua adalah eliminasi, dengan prinsip menghilangkan salah satu variabelnya dari sistem.

3. Fungsi

Materi ketiga pada Matematika wajib kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 adalah mengenai fungsi. Pada bagian ini terdapat beberapa sub bab yang akan menjabarkannya. Di antaranya yaitu, Pengantar fungsi, komposisinya, maupun penjelasan mengenai invers.

Dalam sub bab pengantar, akan dijelaskan mengenai definisi dari relasi dan fungsi. Keduanya menjelaskan mengenai hubungan-hubungan angka pada dua daerah. Di dalam bagian ini akan terdapat istilah daerah asal, lawan, hasil. Atau dalam istilah lainnya domain, kodomain, range.

Pada relasi, tidak ada aturan khusus untuk memasangkan setiap anggota domain ke kodomain. Sedangkan khusus fungsi, daerah asal hanya boleh tepat  satu berpasangan ke himpunan kawannya. Fungsi invers, merupakan pemetaan yang memiliki arah berlawanan dengan fungsinya.

Baca Juga : Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 12 SMA Kurikulum 2013

4. Fungsi Linear – Persamaan Garis

Fungsi linear – persamaan garis merupakan materi selanjutnya pada Matematika wajib kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2018. Pada bab ini akan menjelaskan mengenai pengantar mulai dari definisi, melukis grafik, gradien dan PGL, dan lain sebagainya mengenai hal tersebut.

Fungsi linear juga dikenal sebagai polinom berderajat satu dalam variabel x. Materi ini memiliki definisi y = f(x) dengan f (x) = ax + b (dimana a tidak boleh bernilai nol, dan keduanya merupakan suatu bilangan real. Hal ini berlaku untuk seluruh x dalam daerah asalnya.

Kemudian untuk menentukan gradien dari persamaan garis lurus (pgl) terdapat berbagai cara :
  • Persamaan garis lurus : ax + by = C, gradien (m) = -a/b
  • Persamaan garis lurus : y = ax +b, gradien (m) = a
  • Garis sejajar sumbu x dan persamaannya : y = c, maka gradien (m) = 0
  • Garis sejajar sumbu x dan persamaannya : x = c, maka gradien (m) = tidak ada

5. Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Pada materi kelima dari Matematika wajib kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 ini terdapat dua sub bab. Dua hal tersebut yang akan membantu menjabarkan bab ini secara rinci, meliputi: Persamaan kuadrat, serta fungsinya.

Disebut dengan nama kuadrat, karena persamaan ini memiliki pangkat terbesar dengan variabel 2. Bentuk umumnya yaitu sebagai berikut : y = ax2 + bx + c, dengan a tidak boleh sama dengan nol, semuanya merupakan bilangan real dan koefisien. Lalu x adalah variabelnya.

Untuk menentukan nilai real x sebagai variabel, ditentukan akar-akar persamaan kuadratnya. Untuk melakukannya terdapat tiga metode, yaitu meliputi : pemfaktoran, kuadrat sempurna, serta ABC. Namun untuk cara kedua jarang digunakan dalam perhitungan Matematika.

Baca Juga : 15 Website Tempat Mencari Referensi Karya Tulis Ilmiah Terbaik

6. Fungsi Rasional

Materi selanjutnya dari Matematika wajib kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi 2018 ini memiliki 2 sub bab yang akan menjabarkannya. Yaitu meliputi definisi dan grafik. Fungsi rasional yang merupakan rasio dari dua polinomial.

Fungsi rasional memiliki bentuk umum V(x) = p(x) / d(x). Dengan d(x) tidak boleh sama dengan 0, serta p dan d adalah suatu polinomial. Domain dari persamaan ini adalah seluruh bilangan real, kecuali pembuat nol dari d.

Untuk menentukan grafik dari fungsi rasional, dilakukan dengan mencari nilai dari persamaan dengan memasukkan beberapa angka pada salah satu variabelnya. Biasanya yang menjadi pedoman adalah -1,0, dan 1. Kemudian digambar grafiknya maka akan diketahui bentuknya.

Baca Juga : 5 Dampak positif dan Negatif Belajar Online

7. Trigonometri

Untuk materi terakhir Matematika wajib kelas 10 ini yaitu trigonometri. Pada bab ini cukup banyak yang harus dipelajari, dibagikan dalam beberapa sub bab. Di antaranya yaitu : Perbandingan, sudut-sudut berelasi, identitas sederhananya, rumus-rumus segitiga serta menyelesaikan persamaannya.

Fungsi trigonometri meliputi fungsi sinus, cosinus, tangen, dan kebalikan dari ketiganya. Untuk menentukan ketiganya, bisa digunakan perbandingan sisi-sisi dari segitiga. Selain itu terdapat sudut istimewa pada trigonometri yang harus diperhatikan.

Selain itu terdapat berbagai identitas dari trigonometri sederhana yang harus diperhatikan. Pastikan Anda paham konsepnya agar tidak terlalu sulit dalam menghafalkannya. Setelah mengetahui itu semua terdapat persamaannya untuk diselesaikan.

Demikian ulasan terkait Materi Matematika Wajib Kelas 10 SMA, semoga bermanfaat bagi para Siswa sekalian.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama