Materi Lengkap Kimia Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

.
Materi Lengkap Kimia Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 | Bersekolah di tingkat akhir memang perlu digiatkan lagi. Terutama bagi kelas 12 yang akan segera menghadapi Ujian Nasional serta Ujian Tes Masuk Perguruan Tinggi. Salah satu mata pelajaran wajib adalah Kimia. Apa saja materinya?

Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman kimia sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab kimia yang akan dipelajari di kelas 12. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran kimia. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi kimia kelas 12 semester 1 dan semester 2.


Materi Kimia Kelas 12 SMA


Mata pelajaran Kimia menjadi salah satu maple wajib yang harus dipelajari oleh seluruh siswa kelas 12 IPA. Meskipun dirasa cukup sulit, namun banyak diantaranya mengaku menyukainya karena asyik saat dipelajari. Berikut adalah beberapa materinya: 

1. Sifat Koligatif

Materi pertama adalah sifat koligatif yaitu sifat-sifat yang bergantung pada kuantitas partiket zat terlarut dalam larutan. Kemudian tidak bergantung pada jenis atau identitas zatnya baik berupa atom, molekul atau ion.

Berbeda halnya jika membahas sifat larutan yang bergantung pada jenis zat terlarut seperti rasa dan warna. Sifat koligatif larutan terdiri dari penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis.


2. Reaksi Redoks dan ElektroKimia 

Reaksi redoks merupakan reaksi Kimia yang membuat adanya perubahan bilangan oksidasi pada suatu unsur ataupun senyawa. Terdapat tiga faktor yaitu jumlah atom, jumlah electron transfer dan jumlah muatan.

Penyetaraan reaksi redoks bisa dilakukan dalam 2 metode yaitu perubahan biloks dan setengah reaksi. Keduanya memiliki langkah-langkah yang berbeda namun akan menghasilkan bilangan oksidasi serupa.

3. Kimia Unsur 

Lebih dari 100 Kimia unsur sudah dapat dikenali dan diidentifikasi. Beberapa di antaranya yang kini dipelajari adalah argon, nitrogen, oksigenn dan belerang. Oleh karena banyaknya unsur tersebut membuat adanya pengelompokan.

Pengelompokan tersebut didasarkan atas sifat Kimia seperti daya reduksi dan oksidasi, kereaktifan dan keasaman. Sifat fisis meliputi wujud, baru, warna, titik didih, titik leleh, dan sebagainya. Sementara sifat atomis berupa jari-jari atom, konfigurasi electron dan energi ionisasi.

4. Radioaktif 

Materi yang tidak memiliki inti stabil disebut dengan radioaktif. Sementara untuk radioaktivitas sendiri merupakan kemampuan dari inti atom tidak stabil untuk memancarkan radiasi dengan tujuan menjadi inti stabil.

Proses perubahan tersebut disebut peluruhan dan inti atom yang tidak stabil disebut dengan radionuklida. Peluruhan sendiri merupakan berubahnya unsur radioaktif menjadi unsur lain dan sudah stabil.

Baca Juga : Materi Lengkap Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat


5. Senyawa Karbon – Senyawa Turunan Alkana 

Alkane turunan alkana merupakan senyawa dari alkana dimana salah satu atau lebih atom hidrogennya akan diganti oleh gugus atom tertentu yang disebut dengan gugus fungsi dan menjadi ciri khasnya.

Beberapa senyawa turunan alkana adalah alkanol, alkoksialkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, alkil alkanoat dan haloalkana. Seluruhnya memiliki tata cara penamaan sendiri-sendiri dan gugus fungsi yang berbeda.

6. Senyawa Karbon – Isomer

Perbedaan susunan atom yang ada di dalam senyawa hidrokarbon tersebut disebut dengan isomer. Hal ini membuat senyawa akan memiliki sifat berbeda. Ikatan atom karbon dan atom lainnya bisa membentuk rantai panjang lurus, siklis dan bercabang.

Isomer merupakan senyawa yang mempunyai rumus molekul sama namun rumus struktur berbeda. Sebagai gambaran, jika senyawa hidrokarbon dengan jumlah karbon 4 disebut butana. Namun bisa diubah strukturnya dan memilii nama lain yaitu 2-metil-propana.

7. Senyawa Karbon – Reaksi Kimia Organik 

Reaksi Kimia organik terdiri dari tiga yaitu subtitusi, adisi dan eliminasi. Subtitusi merupakan reaksi penukara gugus atom oleh gugus atom lainnya dan tidak akan terjadi perubahan jenis ikatan selama reaksi.

Sementara adisi adalah reaksi penambahan atom pada ikatan rangkap di dalam senyawa dan terjadi perubahan ikatan. Sedangkan eliminasi adalah reaksi penghilangan suatu gugus atom di dalam senyawa dan terjadi perubahan ikatan.

8. Senyawa Karbon – Benzena 

Benzena merupakan bahan Kimia tergolong senyawa hidrokarbon aromatik. Senyawa turunannya dapat dianggap benar jika 1 atom H dianti dengan substituent berupa atom seperti -Br dan gugus misalnya -COOH.

Reaksi substitusi pada benzena antara lain adalah halogenasi, nitrasi, sulfonasi dan alkilasi frieded-crafts. Kegunaannya digunakan untuk pelarut dan bahan dasar sintesis senyawa turunannya. Salah satunya yaitu fenol sebagai disinfektan dan antiseptik. 

Itulah materi lengkap Kimia kelas 12 yang tentunya perlu dipelajari. Dalam setiap bab akan dibahas lagi dalam beberapa pokok bahasan. Maka dari itu, penting sekali untuk mengenali apa saja bahan ajarnya selama belajar.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama