Materi Lengkap Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

.
Materi Lengkap Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 | Mempelajari secara tekun bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam akan berdampak baik pada wawasan dan membantu Siswa dalam mengerjakan tugasnya. Apalagi bila sang murid telah mengetahui terlebih dahulu mengenai bab-bab pelajaran Kimia kelas 11.

Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman kimia sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab kimia yang akan dipelajari di kelas 11. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran kimia. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi kimia kelas 11 semester 1 dan semester 2.



Materi Kimia Kelas 11 SMA 


Bagi Siswa yang duduk di bangkus SMA kelas 11 tentunya akan berhadapan kembali dengan mata pelajaran Kimia. Ada banyak subbab pembahasan dipelajari untuk memberi pemahaman kepada peserta didik. Strategi belajar akan berjalan efektif bila para murid mengetahui materi-materi sains tersebut.

1. TermoKimia

TermoKimia merupakan materi belajar yang berkaitan dengan reaksi Kimia maupun perubahan energi. Dalam pembelajaran ini sebaiknya diketahui terlebih dahulu definisi dari lingkungan dan sistem. Bahasan juga mencakup hukum I temodinamika bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan.

Hukum termodinamika juga mengaitkan tentang energi di suatu sistem yakni perubahan energi dalam disimbolkan dengan ΔE = jumlah kalor (q) yang diserap atau dilepaskan dijumlahkan dengan kerja (w) yang diterima atau dilakukan. Subbab juga menyangkut tentang persamaan Entalpi dan TermoKimia.

2. Kesetimbangan Kimia

Bab selanjutnya dalam pelajaran Kimia kelas 11 SMA mencakup tentang reaksi reversible. Maksudnya menjelaskan bahwa produk reaksi dapat memberi reaksi balik dengan membentuk reaktan. Kesetimbangan Kimia dapat terjadi apabila laju reaksi maju = laju reaksi balik.

Pada bab ini juga Siswa perlu memahami konstanta kesetimbangan yang dilambangkan dengan K. Variabel tersebut merupakan rasio dari hasil perkalian konsentrasi reaktan dibagi perkalian konsentrasi produk. Masing-masing substansi konsentrasi berlaku pemangkatan koefisien stoikiometri.

Baca Juga : Materi Lengkap Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

3. Teori Asam dan Basa

Pembahasan materi Kimia kelas 11 juga mencakup teori asam dan basa. Siswa dapat mengetahui mana saja golongan zat asam seperti asam citrun, asam nitrat, cuka, asam lambung. Sedangkan zat seperti soda api, deterjen bubuk, natrium hidroksida dan kapur sirih digolongkan sebagai basa.

Kedua senyawa baik asam maupun basa sama-sama bersifat racun dan korosif apabila berada pada kadar larutan tinggi. Pengujian larutan Kimia tersebut dapat dilakukan dengan instrumen pH meter atau indikator universal dan kertas lakmus. Siswa juga akan mempelajari tentang Teori Asam Basa.

4. Koloid

Materi belajar Kimia kelas 11 dilanjutka dengan bab pembahasan mengenai sistem koloid. Dapat diartikan sebagai campuran heterogen dari 2 zat berbeda atau lebih dengan kondisi partikel-partikel berukuran antara 1 sampai 1000 nanometer yang tersebar (terdispersi) secara merata.

Siswa juga akan mempelajari berbagai jenis koloid seperti buih padat, sol padat, emulsi, sol, buih dan aerosol. Selain itu turut dijelaskan pula beberapa sifat koloid yang mencakup Gerak Brown dan Efek Tyndall. Sedangkan untuk muatan koloid antara lain elektroforesis, koagulasi dan adsorpsi.

5. Senyawa Hidrokarbon 

Siswa kelas 11 SMA akan mempelajari bab pelajaran Kimia yang membahas Hidrokarbon. Senyawa tersebut terdiri atas atom unsur Hidrogen (H) dan Karbon (C). Etena dan Propena juga termasuk ke dalam golongan senyawa hidrokarbon. Materi bahasan juga masuk pada pengelompokkan Hidrokarbon.

Berdasarkan jenis ikatan dan rantai karbonnya, senyawa ini dikelompokkan menjadi Hidrokarbon Alisiklik, Alifatik dan Aromatik. Di dalam bab Hidrokarbon turut mempelajari tentang Senyawa Alkana, Alkena dan Alkuna. Masing-masing memiliki pengertian, rumus dan kegunaan untuk berbagai bidang industri.

6. Minyak Bumi

Bahasan mengenai Hidrokarbon juga langsung berkaitan dengan bab teori minyak bumi ketika diajarkan pada murid kelas 11 SMA. Pada pembelajaran ini dijelaskan bahwa zat Kimia tersebut merupakan hasil tambang yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia karena merupakan sumber energi.

Pembelajaran juga mencakup proses terbentuknya minyak bumi melalui penguraian sisa-sisa organisme seperti hewan, tumbuhan dan jasad renik yang tertimbun di dasar lautan selama jutaan tahun lamanya. Komposisi minyak bumi diketahui memiliki persentase sebanyak 97% merupakan senyawa Hidrokarbon.

7. Larutan Penyangga 

Materi Kimia kelas 11 SMA turut mempelajari tentang larutan penyangga yakni suatu sistem yang dapat menjaga nilai pH agar tidak mengalami perubahan akibat penambahan larutan asam maupun bahasa. Jenis larutan Kimia ini dimanfaatkan dalam bioKimia, mikrobiologi dan analisis Kimia.

Siswa turut mempelajari komponen larutan penyangga asam dengan suasana (pH < 7) dan basa pada suasana (pH > 7). Pembelajaran Kimia berikut ini juga menjelaskan berbagai fungsi Larutan penyangga yang dimanfaatkan untuk kebutuhan industri, fotografi, electroplating sintesis zat warna dan sebagainya.

Baca Juga : Materi Lengkap Kimia Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

8. Stoikiometri Larutan

Setelah mempelajari tentang teori asam dan basa maka bab Stoikiometri Larutan sangat erat kaitannya. Materi belajar di dalamnya mencakup dasar komputasi Kimia yang menjelaskan hubungan kuantitatif persamaan dan rumus Kimia. Dimulai dari konsep mol, massa molar, rumus molekular dan empiris.

Dalam Satuan Internasional, satu mol diartikan sebagai jumlah materi yang berasal dari bermacam-macam entitas seperti molekul, atom dan partikel lainnya. Sedangkan rumus empiris adalah rasio bilangan bulat dari jumlah mol paling sederhana dari unsur berbeda-beda dalam satu senyawa Kimia.

9. Larutan Asam dan Basa

Pembelajaran lebih lanjut dari bab teori asam dan basa kemudian mencakup larutan dari kedua senyawa tersebut. Pada materi ini Siswa kelas 11 SMA akan dijelaskan tentang sifat larutan asam yang diketahui memiliki rasa asam, korosif terhadap metal/logam, mampu menghantarkan arus listrik dan sebagainya.

Sedangkan larutan basa lebih kepada menetralkan asam, melepaskan ion hidroksil, mengubah lakmus merah menjadi lakmus biru, mampu menghantarkan aliran listrik untuk kategori basa kuat, rasa licin di permukaan kulit dan sebagainya. 

Demikianlah pembahasan mengenai materi Kimia kelas 11 yang membahas tentang berbagai bab yang cukup penting untuh dipahami. Ruang lingkup pembahasan lebih terpusat kepada pembelajaran mengenai senyawa Kimia daripada unsur Kimia. Setiap bab diatas insyaallah akan dibahas satu-satu dalam update selanjutnya. Terima Kasih.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama