Materi Lengkap Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

.
Materi Lengkap Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 - Setiap tahun, rencana pelaksanaan pembelajaran Fisika akan terus mengalami revisi atau perubahan. Tidak terkecuali pada materi Fisika kelas 12 kurikulum 2013. Yang bisa siswa lakukan adalah melakukan persiapan sebelum menatap pembelajaran yang sesungguhnya agar hasilnya nanti maksimal.

Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman fisika sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab fisika yang akan dipelajari di kelas 12. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran fisika. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi fisika kelas 12 semester 1 dan semester 2.



Materi Fisika Kelas 12 SMA


Penetapan RPP kurikulum 2013 harus memuat pendidikan karakter supaya memiliki sikap nasional dan religious. Dari informasi mengenai pembelajaran Fisika berikut, Siswa bisa mempelajari beberapa materi, soal pertanyaan, serta pembahasan untuk SMA kelas 12:

1. Listrik Arus Searah

Materi Fisika untuk kelas 12 SMA menurut kurikulum 2013 yang pertama adalah bab tentang listrik arus searah. Siswa akan diberi pemahaman mengenai pengertian-pengertian, sumber, dan juga beberapa contoh soal secara lengkap.

Pada bab ini juga akan dijelaskan beberapa gejala listrik dan bagaimana cara merangkai listrik arus searah. Siswa juga bisa mengetahui hukum-hukum Fisika dari materi tersebut. Berbagai rumus-rumus pun disediakan dalam pembahasan.


2. Listrik Statis

Pada bab ini, terbagi dari dua materi selain contoh soal, yaitu pemahaman dasar dan tentang pengertian listrik statis itu sendiri. Siswa juga nantinya akan mempelajari tentang beberapa sifat muatan, rumus-rumus yang berkaitan, dan lain sebagainya.

Listrik statis atau elektrostatik membahas muatan listrik yang berada dalam keadaan diam. Siswa juga dikenalkan dengan berbagai hukum Fisika terkait materi ini seperti Formulasi Hukum Coulomb dan penjelasan mengenai cara menggambar vector dari gaya tersebut.

3. Medan Magnet

Materi selanjutnya yaitu Medan Magnet. Ada beberapa sub-bab yang mendasari adanya pembahasan ini, seperti Gaya Gerak Listrik (GGL) Imbas, Rata-Rata dan Sesaat. Selain itu juga terdapat penjelasan tentang induktansi timbal balik serta bab-bab lainnya.

Selain kumpulan sub-bab tersebut, juga terdapat beberapa contoh soal latihan sebagai bahan pengayaan ataupun perbaikan terhadap pemahaman Siswa mengenai materi medan magnet pada Fisika kelas 12 SMA menggunakan kurikulum 2013 ini.

4. Induksi Elektromagnetik

Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 13 adalah mencakup kompetensi inti, dasar, indikator pencapaian belajar, tujuan pembelajaran, serta materi sebagai bahan ajar. Pada bab Induksi Elektromagnetik, Siswa bisa mempelajari beberapa konsep terkait pelajaran tersebut.

Selain memahami materi, konsep, dan prinsip dari gelombang elektromagnetik, Siswa juga diajak untuk melakukan praktik percobaan yang merupakan bagian dari tujuan indikator kompetensi dasar dari salah satu bab di pelajaran Fisika kelas 12 SMA ini.


5. Induksi Elektromagnetik

Pada bab ini, Siswa akan diajak untuk menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pengajar nantinya juga mengarahkan kepada siswanya melakukan percobaan atau praktik tentang materi ini dan mempresentasikan hasil observasinya.

Ada beberapa konsep dalam materi pembelajaran ini, diantaranya Hukum Lenz, Induksi Diri, Terapan produk teknologi dan lain-lain. Siswa memiliki kesempatan berdiskusi untuk memahami konsep-konsep tersebut secara lebih mendalam.

6. Gelombang Elektromagnetik

Indikator pembelajaran dalam bab ini yaitu Siswa harus mampu menyebutkan sumber radiasi atau gelombang elektromagnetik, masing-masing perbedaan, bisa menerapkan manfaat, mengurutkan spectrum, serta mengidentifikasi dampak penggunaan di kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa materi gelombang elektromagnetik berdasarkan factual, konseptual. Setelah pendalaman terhadap isi materi-materi tersebut, Siswa juga akan disuguhkan contoh soal latihan untuk mengingat dan menguji pemahaman secara lebih maksimal serta mendalam.

7. Listrik Arus Bolak-balik

Tujuan pembelajaran ketika Siswa mempelajari materi listrik arus bolak-balik adalah supaya mampu menjelaskan karakteristik dengan benar. Selain itu juga supaya siswa bisa menyebutkan beberapa contoh terkait dengan penjelasan bab tersebut.
Ada beberapa materi yang menjadi bahan diskusi, seperti rangkaian resistis, kapasitif, dan induktif. Siswa juga akan dijelaskan mengenai cara menghitung aliran maksimum, rata-rata, dan efektif pada bab rangkaian listrik arus bolak-balik ini.

8. Fisika Kuantum

Selanjutnya adalah tentang Fisika Kuantum. Mengingat tujuan pembelajaran dalam kompetensi, Siswa akan dijelaskan mengenai pengertian foton, konsep dasar, serta efek yang bersumber dari fotolistrik.

Untuk lebih memahami mengenai pembelajaran Fisika Kuantum ini, akan ada metode diskusi kelompok serta beberapa penugasan sesuai dengan contoh soal latihan dalam buku ajar. Siswa bisa mempelajarinya secara konsisten supaya benar-benar mendapat pemahaman.

9. Teknologi Digital

Dalam kompetensi inti dari adanya materi Teknologi Digital ini, Siswa akan mampu memahami, menerapkan, menganalisis beberapa pengetahuan terkait fakta yang ada. Pemahaman tersebut bisa dilakukan secara konseptual, prosedul, dann masuk akal.

Siswa bisa mengetahui tentang sejarah perkembangan teknologi digital. Dari materi-materi konkrit yang sudah dijelaskan, siswa harus mampu mengaplikasikan secara mandiri, sehingga bertindak secara efektif dan juga kreatif sesuai kaidah dari materi tersebut.


10. Fisika Inti

Kegiatan belajar mengenai materi Fisika Inti untuk kelas 12 SMA ini adalah, Siswa harus mengamati penayangan film reaksi kimia yang terjadi dalam inti matahari. Tindakan observatif tersebut berguna memberi pemahaman terkait pembahasan yang ada.

Siswa juga akan diberikan tugas mengerjakan latihan soal. Namun, dipastikan lebih banyak praktik dan diskusi untuk benar-benar memantapkan pemahaman materi Fisika Inti yang nantinya relate atua berhubungan dengan pengamalan kehidupan sehari-hari.

11. Sumber Energi

Pembelajaran ini menyuguhkan kompetensi dan memberi kesempatan kepada Siswa untuk menyajikan ide atau gagasan dalam memecahkan masalah keterbatasan sumber daya energy, baik alternatif yang berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Inti pembahasan materi ini adalah mengenai permasalahan dari keterbatasan sumber daya energi di kehidupan Siswa. Setelah memahaminya, diharapkan mereka bisa mengamalkan perilaku-perilaku tanggungjawab serta peduli terhadap lingkungan sekitar.

Demikian informasi mengenai materi Fisika kelas 12 SMA menggunakan standart kurikulum 2013 yang direvisi. Sebagai peserta didik, Siswa bisa mempelajarinya untuk persiapan belajar yang lebih tersusun. Semoga bermanfaat. Setiap bab diatas insyaallah akan dibahas satu-satu dalam update selanjutnya. Terima Kasih.

Penulis : Setyaa
Editor : Admin

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama