Materi lengkap fisika kelas 11 SMA kurikulum 2013 | Rangkuman singkat

.
Materi lengkap fisika kelas 11 SMA kurikulum 2013 - Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman fisika sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab fisika yang akan dipelajari di kelas 11. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran fisika. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi fisika kelas 11 semester 1 dan semester 2.


Materi fisika kelas 11 SMA

Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi

Bab kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi biasanya merupakan suatu bab pembuka fisika SMA yang akan kita terima di kelas 11 semester 1. Materi kesetimbangan dan dinamika rotasi membuat kita melihat benda bukan lagi sebagai benda titik yang artinya benda tersebut bisa diwakili sebuah titik.

Misalnya, jika sebelumnya ketika ada benda berbentuk kubus bergerak ke kanan, itu artinya benda tersebut dlihat sebagai sebuah titik bergerak ke kanan. Sedangkan pada bab ini, kita akan belajar sedikit berbeda. Hal yang cukup menggambarkan bab ini adalah bola yang menggelinding, jungkat jungkit, tangga bersandar, dan sebagainya.

Elastisitas dan Hukum Hooke

Selanjutnya, kita akan mempelajari elastisitas dan hukum hooke di bab 2. Materi pada bab ini cukup dekat dengan kehidupan kita sehari-hari karena banyak sekali hal-hal yang menggunakan prinsip elastisitas. Hal yang cukup sering muncul dan dibahas pada bab ini adalah pegas. Pegas yang dirangkai bisa parallel maupun seri.

Ada sedikit perbedaan dalam menentukan konstanta elastisitas pegas yang dirangkai seri dengan yang dirangkai parallel.

Fluida Statis

Nah, pada bab ini kalian akan dikenalkan dengan hal baru, yaitu fluida. Gampangnya, fluida adalah zat yang bisa mengalir, misalnya air, gas, dan minyak. Namun, pada bab ini, zat tersebut (fluida) dalam keadaan statis (diam). Ada beberapa hukum fisika yang dipelajari di sini seperti hukum pascal tentang tekanan. Pengaplikasian bab fluida statis juga cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Fluida Dinamis

Jika pada bab sebelumnya fluida dalam keadaan diam, maka berbeda dengan bab yang satu ini. Pada bab fluida dinamis, fluida dalam keadaan dinamis (bergerak/mengalir). Kalian akan banyak berjumpa dengan berbagai bentuk pipa. Dan salah satu hukum fisika yang akan dipelajari di sini adalah hukum Bernoulli. Biasanya, persoalan yang diujikan dalam bab ini adalah tentang kecepatan, tekanan, dan ketinggian fluida yang bergerak.

Baca Juga : Soal dan Pembahasan Mekanika Fluida

Suhu dan Kalor

Setelah itu, kita biasanya akan mempelajari tentang suhu dan kalor sebuah benda. Kita nanti akan tahu bahwa kalor bisa digunakan untuk menaikkan suhu maupun merubah bentuk (fase). Dan tiap penggunaan kalor, memiliki kalor jenis yang berbeda. Biasanya persoalan dalam bab ini adalah tentang berapa kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu sejumlah tertentu, atau merubah fase dari cair ke gas.

Kadang juga soal berkaitan tentang perpindahan kalor pada benda padat seperti besi. Nah, pada bab ini hal yang cukup penting untuk kita pahami adalah asas black.

Teori Kinetik Gas

Materi teori kinetik gas mengajak kita untuk mempelajari sebuah benda hingga ke partikel. Kita melihat gas sebagai kumpulan molekul molekul gas yang bergerak acak secara terus menerus. Nah, molekul gas ini ketika bergerak, akan mengalami tumbukan dengan molekul lainnya maupun denga dinding (wadahnya).

Persamaan yang wajib kalian pahami adalah tentang persamaan umum gas ideal, yaitu PV = nRT. Salah satu asumsi dalam teori kinetic gas adalah molekul dianggap sebagai sebuah titik yang memiliki massa namum tidak memiliki volume (volume molekul diabaikan) karena volumenya sangat kecil jika dibandingkan dengan jarak antarmolekul.

Termodinamika

Pada bab termodinamika kelas 11 SMA, kita akan menjumpai hukum termodinamika, yaitu termodinamika 0, termodinamika 1, termodinamika 2, dan termodinamika 3. Kalian juga akan menemui grafik isobarik (tekanan konstan), isokhorik (volume konstan), isotermik (temperature konstan), dan adiabatik (kalor konstan). Jika kalian sudah menguasai teori kinetic gas maka akan cukup mudah dalam mempelajari bab ini.

Gelombang Mekanik

Selanjutnya adalah tentang gelombang mekanik, yaitu gelombang yang dalam rambatannya memerlukan medium. Misalnya adalah gelombang suara, ketika kita berteriak, maka gelombang tersebut akan merambat melalui medium udara hingga ke telinga pendengar. Di sini kita akan mempelajari tentang gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Hal-hal yang biasanya menjadi soal adalah perihal cepat rambat gelombang, frekuensi, amplitudo, periode, dan sebagainya.

Gelombang Bunyi

Materi ini sebenarnya bisa tergolong dalam gelombang mekanik, hanya saja disini pembahasannya lebih spesifik ke gelombang bunyi. Kalian akan tahu apa itu intensitas, dan taraf intensitas bunyi. Ada hal penting yang harus kalian pahami dalam bab ini yaitu efek Doppler. Soal yang biasanya muncul adalah seperti taraf intensitas yang ternyata berbeda tergantung jaraknya dengan pusat bunyi.

Baca Juga : Materi lengkap GLBB kelas 10 SMA

Gelombang Cahaya

Berbeda dengan gelombang yang sebelumnya, gelombang cahaya tidak membutuhkan medium untuk merambat. Contoh yang paling mudah kita jumpai adalah cahaya matahari, cahaya matahari masih bisa sampai ke bumi padahal di luar angkasa tidak ada udara (hampa udara). Pada bab ini kalian akan memahami tentang Interferensi Cahaya, Difraksi Cahaya, Polarisasi Cahaya, dan sebagainya.

Alat-Alat Optik

Pada bab optik, kita akan sangat erat kaitannya dengan cahaya. Pada bab ini kita bisa memahami perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi. Kita juga akan tahu apa saja alat-alat optic, seperti kacamata, kamera, mikroskop, dan sebagainya. Untuk hitungan dalam bab ini, biasanya berkaitan dengan jarak fokus, jarak bayangan, tinggi bayangan, indeks bias, dan sebagainya.

Setiap bab diatas insyaallah akan dibahas satu-satu dalam update selanjutnya.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama