Materi Lengkap Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 | Rangkuman Singkat

.
Materi Lengkap Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 | Masuk ke jenjang baru dari SMP ke SMA, Sepertinya Siswa perlu untuk mengetahui beberapa materi Kimia kelas 10 ini terlebih dahulu. Salah satunya sebagai gambaran dan persiapan untuk memasuki pembelajaran baru di era new normal ini.

Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman kimia sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kalian akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab kimia yang akan dipelajari di kelas 10. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran kimia. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi kimia kelas 10 semester 1 dan semester 2.



Materi Kimia Kelas 10 SMA

Sesuai dengan standart kurikulum 2013, ada 10 bab yang termasuk ke dalam materi pelajaran Kimia kelas 10 SMA. Masing-masing materinya berisi beberapa konsep serta berbagai latihan soal sebagai bahan uji coba. Inilah pemaparannya untuk para Siswa sekalian:

1. Pendahuluan Ilmu Kimia

Sebelum mengenal beberapa materi Kimia lebih jauh, pada bab pertama Siswa akan diajarkan mengenai pengertian Ilmu Kimia, metode ilmiah, dan bagaimana nantinya menjalankan praktikum di laboraturium dengan benar serta sistematis.

Dalam pengenalan ilmu Kimia ini, Siswa harus mengkaji beberapa hasil pengamatan mengenai perannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, biasanya pengajar akan memberikan tugas berupa pembuatan laporan berkaitan dengan pembelajaran tersebut.

2. Struktur Atom

Materi pelajaran Kimia untuk kelas 10 SMA selanjutnya adalah bab tentang struktur atom. Siswa akan dikenalkan mengenai beberapa definisi seperti model Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, gelombang, dan juga mekanika.

Materi ini menunjukkan beberapa perbedaan dari masing-masing model atom. Selain itu, Siswa juga akan diberikan tugas menurut soal dalam buku ajar untuk menjelaskan mengenai fenomena-fenomena alam atau hasil penelitian sesuai kehidupan sehari-hari.


3. Sistem Periodik

Indikator pencapaian pembelajaran Kimia kelas 10 materi sistem periodik mengenalkan kepada Siswa beberapa teori termasuk bilangan kuantum. Ada juga prinsip-prinsip yang digunakan seperti Aufbau, aturan Hund, azas larangan Pauli untuk menulis diagram orbital.

Beberapa latihan soal juga telah disediakan untuk lebih mendalami materi-materi yang sudah dipealajari. Dari adannya materi ini, diharapkan Siswa bisa menentukan urutan tingkat energy orbital serta menggambarkan bentuk-bentuknya.

4. Ikatan Kimia

Materi pelajaran selanjutnya adalah ikatan Kimia. Pada bab ini, setelah dijelaskan beberapa teori, konsep, dan juga contoh, Siswa diberikan tugas berupa diskusi kelompok untuk melakukan praktikum di laboratorium.

Melakukan kegiatan praktik di laboraturium harus mematuhi peraturan dan tetap mengamati berbagai simbol pada setiap label kemasan zat sebelum digunakan. Dari proses praktikum inilah nantinya akan memperkuat pemahaman Siswa mengenai materi-materi terkait.

5. Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Ada beberapa sub materi dari bab larutan elektrolit dan non elektrolit. Siswa akan dijelaskan mengenai konsep untuk membedakan, mengklasifikasi, menganalisis, merancang, melakukan observasi, hingga memperesentasikan hasil diskusi percobaan tersebut.

Dalam kegiatan penyampaian materi larutan elektrolit ini, ada beberapa evaluasi terkait pembelajaran disertai pengerjaan soal-soal latihan. Hal tersebut akan membantu Siswa untuk lebih memahami materi-materi yang telah dipelajari secara lebih mendalam.

6. Reaksi Reduksi - Oksidasi (Redoks)

Konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan serta pelepasan oksigen, electron, serta peningkatan dan juga penurunan bilangan oksidasi. Siswa diajarkan untuk bisa menentukan hitungan jumlah oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.

Anda juga dijelaskan mengenai konsep reaksi reduksi – oksidasi (redoks), sehingga bisa menerapkannya untuk pemecahan masalah di lingkungan sekitar seperti lumpur aktif. Setelah itu, pasti bisa menyimpulkan hasilnya dengan pemahaman yang benar-benar matang.

7. Tata Nama Senyawa 

Untuk penamaan senyawa ion-ion poliatom dan juga binner, penerapannya adalah sesuai dengan aturan IUPAC. Siswa akan dijelaskan mengenai teori-teori tersebut, sehingga nantinya bisa meramalkan bentuk dan strukturnya secara tepat.

Dalam pembelajaran mengenai bab tata nama senyawa ini, terdapat beberapa materi yang diajarkan, yaitu menurut fakta, konseptual, pokok, prosedural, dan sebagainya. Untuk mengasah pemahaman secara lebih mendalam, juga sudah disediakan soal-soal latihan.


8. Persamaan Reaksi

Pada bab persamaan reaksi, diharapkan bahwa Siswa akan termotivasi terkait materi mengenai rumus molekul dan empiris suaru unsur atau senyawa secara sederhana. Selain itu, pendidik juga mengintegrasikan antara satu siswa dengan lainnya untuk berdiskusi.

Diskusi yang dilakukan tersebut guna memahami teori-teori pada materi persamaan reaksi. Baik dalam proses mengamati, bertanya, ataupun ketika melakukan eksperimen. Kegiatan ini akan mendorong Siswa untuk menemukan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.

9. Hukum Dasar Perhitungan Kimia

Pembelajaran yang digunakan dalam materi hukum dasar perhitungan Kimia ini adalah menggunakan kegiatan praktikum, diskusi kelompok, dan juga tanya jawab. Siswa akan dikenalkan beberapa teori populer seperti Hukum Kekekalan Massa (Lavoisier).

Hukum Kekekalan Massa begitu populer dan menyatakan bahwa massa zat sebelum atau setelah reaksi itu adalah sama. Setelah mempelajari bab ini dengan baik, Siswa akan bisa membuktikan teori-teori tersebut untuk penerapan di kehidupan sehari-hari.

10. Stoikiometri

Stoikiometri ini merupakan bagian dari ilmu Kimia yang mempelajari tentang jumlah suatu zat, seperti massa, mol, volume, serta partikel. Dalam pembelajarannya, Siswa dijelaskan beberapa pendahuluan teori untuk kemudian masuk pada penugasan latihan soal.

Terdapat beberapa rumus yang disajikan dari materi Stoikiometri. Siswa bisa melakukan metode menghafal untuk memahaminya. Selain itu, latihan mengerjakan soal secara konsisten akan menambah pemahaman secara lebih mendalam dan terselesaikan.

Demikian informasi mengenai materi Kimia kelas 10 SMA menggunakan standart kurikulum 2013 yang direvisi. Sebagai pemulai di tingkat sekolah atas, Siswa bisa membacanya terlebih dahulu dan digunakan sebagai gambaran pada pembelajaran di kelas secara lebih mendalam. Semoga bermanfaat. Setiap bab diatas insyaallah akan dibahas satu-satu dalam update selanjutnya. Terima Kasih.

Penulis : Setyaa
Editor : Admin

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama