Apa saja Tips Masuk di SMP Negeri Favorit?

.

Apa saja Tips Masuk di SMP Negeri Favorit?

Kini, tahun ajaran baru semakin dekat saja. Bagi siswa di tingkatan SD yang menginginkan untuk melanjutkan pada tingkat lebih tinggi, perlu mengetahui apa saja tips masuk SMP Negeri favorit supaya bisa dengan mudah diterima di sekolah yang diinginkan.

Mengapa Memilih SMP Negeri Favorit?

Walaupun sudah banyak sekolah swasta berstandar internasional, namun hingga kini keberadaan SMP Negeri masih tetap saja eksis dan banyak peminatnya. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi oleh berbagai aspek, di antaranya yakni:

1. Fasilitas Lengkap

Sekolah Negeri favorit yang biasanya terletak di pusat kota dan pastinya menyediakan fasilitas lengkap, baik untuk sarana pembelajaran maupun layanan pendukung bagi semua siswa di sana. Tentunya hal ini belum tentu dapat ditemui pada lembaga atau instansi lain.

Semua SMP Negeri favorit pastinya mempunyai sarana seperti laboratorium IPA, IPS, bahasa, komputer, ruang aula, gedung pagelaran seni dan budaya, serta kelengkapan lainya seperti tempat ibadah. Hal tersebut tentunya bisa menunjang kegiatan belajar dan mengajar menjadi lebih efektif.

2. Tenaga Pendidik Berkompeten

Hampir bisa dipastikan, bahwa semua tenaga pendidik atau guru yang mengajar di SMP Negeri favorit berkompeten dan menguasai bidang ajarnya masing-masing. Kebanyakan dari mereka juga berstatus Pegawai Negeri Sipil.

Rata-rata guru di sana banyak yang sudah menyelesaikan program pendidikan hingga tingkatan Strata-2 linier. Terdapat pula pendidik dengan gelar keprofesian, dimana hal tersebut di dapat dari mengikuti PPG sehingga keprofesionalanya pun terjamin.

3. Biaya Terjangkau

Dibandingkan dengan sekolah swasta standar internasional yang kualitasnya setara, SMP Negeri favorit biayanya akan jauh lebih terjangkau. Karena, operasionalnya dibantu oleh pemerintah daerah setempat hingga bahkan ada juga yang gratis.

Jika Kamu menuntut ilmu di SMP Negeri, maka tidak usah khawatir lagi akan mahalnya biaya  pendidikan. Di sana juga terdapat berbagai macam jenis beasiswa di antaranya yakni: 

Beasiswa peserta didik tidak mampu.
Beasiswa miskin berprestasi.
Beasiswa prestasi unggulan baik akademik maupun  non-akademik.
Beasiswa anak asuh yang bekerjasama dengan berbagai donatur serta pihak instansi sosial.
Beasiswa Kartu Indonesia Pintar.
Beasiswa yatim piatu.

Peluang Masuk SMP Negeri Favorit

Jika memang Kamu mendambakan ingin masuk ke SMP Favorit di kota, maka harus benar-benar siap menghadapi persaingan ketat dengan calon siswa lain. Karena banyak sekali peminatnya pada sekarang ini.


Peluang untuk masuk di SMP Negeri favorit pada dasarnya sangatlah besar. Akan tetapi, karena adanya tes masuk, nilai rapot, serta sistem zonasi, maka menjadikan hal tersebut sebagai semacam momok menakutkan bagi para siswa di Indonesia.

Oleh karena  adanya  fenomena tersebut, maka para siswa yang jarak tempat tinggalnya jauh dari sekolah impian diharapkan mampu menaikkan prestasi mereka, agar dapat lolos dan diterima oleh sekolah yang diingin dengan mengalahkan pesaingnya.

Walaupun peluang masuk SMP favorit kian hari semakin sulit saja, namun kemungkinan hal tersebut bisa diatasi asalkan siswa mampu menjaga kualitas mereka untuk mampu bersaing secara sehat bersama calon kandidat lain.

Tips Masuk di SMP Negeri Favorit 

Nah, supaya Kamu lebih mudah untuk menaklukkan ujian seleksi di suatu sekolah, maka kiranya mengikuti tips masuk SMP Negeri berikut ini merupakan suatu langkah tepat untuk dilakukan sebagai ikhtiar nyata.

1. Mengikuti Bimbingan Belajar

Agar memperkuat pemahaman Kamu dan memudahkan untuk mengerjakan soal ujian seleksi masuk, maka mengikuti les di suatu bimbingan belajar memanglah sangat diperlukan, karena di sana akan diberikan trik mudah dalam memecahkan kesulitan siswa.

Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar yang sifatnya reguler, privat atau bahkan sistem online sekalipun. Asalkan tetap berkualitas serta menghasilkan output nyata, sehingga tidak akan rugi secara finansial maupun waktu.

Akan tetapi, jika Kamu adalah tipe orang yang tidak bisa belajar dalam keramaian, maka lebih disarankan  untuk mengambil bimbingan belajar jenis privat atau online saja. Karena siswa dapat fokus memahami materi secara intensif.

2. Rajin Ikut Serta dalam Try Out Massal

Salah satu tips berikutnya agar Kamu lebih mudah untuk diterima sekolah pada SMP favorit yakni, sering-sering mengikuti try out massal yang diadakan oleh lembaga bimbingan belajar maupun instansi resmi lainnya.

Dengan sering mengikutinya, maka latihan soal yang Kamu pahami juga semakin banyak serta beragam pula. Sehingga, nantinya saat ujian tes seleksi masuk penerimaan peserta didik baru sudah siap bisa mengerjakan pertanyaan dengan level kesulitan berbeda-beda.

Menariknya lagi, jika try out diadakan sendiri oleh lembaga SMP favorit yang menjadi impian Kamu, maka jangan pernah melewatkanya. Ikutilah dengan baik kompetisi tersebut, karena biasanya akan diberikan golden tiket tanpa tes penerimaan bagi para juara.

3. Sharing dengan Kakak Tingkat

Jika Kamu mempunyai kakak tingkat yang telah lebih dulu berhasil diterima di SMP favorit, maka bertanyalah pada mereka tentang kiat-kiat agar berhasil menembus ketatnya ujian seleksi masuk tersebut secara mudah.

Pengalaman-pengalaman yang  akan  dibagikan oleh kakak tingkat, tentunya menjadi sebuah motivasi mahal dimana harus diterapkan. Agar bisa memperoleh kesuksesan untuk bisa masuk dan diterima di suatu SMP Negeri favorit kebanggaan.

Gali sebanyak-banyaknya informasi dari mereka dan juga mintalah saran-saran positif yang harus Kamu lakukan, agar dipandang baik oleh SMP Negeri tujuan tersebut. Sehingga, nantinya persaingan ketat dengan calon siswa lain tidaklah menjadi hal menakutkan lagi.

4. Memilih Penjurusan yang Sesuai dengan Kemampuan

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan di suatu SMP favorit saat mendaftar, maka Kamu harus mempertimbangkanya secara matang-matang terlebih dahulu. Karena, hal itu akan sangat berkaitan dengan peluang penerimanya.

Sebaiknya, Kamu memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan ketika masih duduk si bangku Sekolah Menengah Pertama. Misalkan saja, calon sisiwa pandai dalam hal matematika dan sains, maka selanjutnya mereka disarakan mengambil penjurusan IPA.

Jika jurusan yang dipilih bertolak belakang dengan keahlian, maka Kamu akan mengalami kesulitan saat pelaksanaan tes seleksi masuk. Sebab, soal-soalnya belum familiar dan tidaklah dikuasai dengan baik sehingga kemungkinan besar bisa terjadi kegagalan.


5. Mendiskusikan Pilihan Sekolah dengan Guru BK

Di setiap sekolah, terdapat layanan konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling. Di sana, Kamu bisa bercerita dan meminta solusi pada mereka terkait dengan tujuan sekolah favorit beserta penjurusanya secara lebih mendalam dan juga tepat.

Dengan berkonsultasi bersama guru BK, maka Kamu akan mendapatkan pencerahan serta trik khusus dalam memasuki sebuah SMP Negeri Favorit berdasarkan bakat serta minat, supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Pada tahap ini, guru BK juga akan selalu memotivasi siswanya sehingga mental Kamu akan menjadi percaya diri serta optimis dalam menghadapi segala tantangan.

Demikianlah tips masuk SMP Negeri favorit yang kiranya bisa dibagikan dalam pembahasan kali ini. Semoga dengan adanya hal tersebut dapat memacu semangat para siswa untuk rajin belajar dalam rangka menggapai sekolah impian mereka.

Penulis : setya
Editor : adifani

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama