[7+] Cara Mudah dan Cepat Belajar Kimia

.
Artikel ini ditujukan bagi Anda yang sedang mencari penjelasan tentang Cara cepat dan mudah belajar kimia sebagai seorang pelajar. Mungkin saat ini Anda sedang bertanya-tanya perihal "Bagaimana tips dan trik belajar kimia agar menyenangkan?"serta sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut.

Nah, saat ini Anda telah menemukan artikel yang tepat karena pada tulisan ini akan dibahas khusus mengenai Cara belajar kimia dengan mudah dan cepat. Silakan baca artikel ini dengan saksama hingga tuntas agar tidak ada bagian yang terlewatkan sehingga penjelasan Tips belajar kimia dapat Anda pahami dengan baik.

Pelajaran kimia kerap kali menjadi momok bagi para siswa Sekolah Menengah Atas, khususnya jurusan IPA. Berbeda halnya dengan fisika yang berpatokan pada rumus dan biologi yang lebih condong ke hafalan, pelajaran kimia berada di antara keduanya.

Di dalam pelajaran kimia terdapat teori maupun terapan rumus - rumus. Pada dasarnya, ilmu kimia menjadi dasar bagi pelajaran biologi maupun fisika. Kimia mengajarkan banyak hal mengenai apa itu materi, bagaimana proses materi terbentuk, darimana materi terbentuk, dan lain sebagainya.

Selain itu, kimia sangat berguna bagi sobat semua ke depannya. Banyak hal di dunia yang berkaitan dengan ilmu kimia. Ilmu kimia merupakan ilmu hidup dan berguna hampir di segala bidang. Mengingat industri - industri kimia yang terus bermunculan dan semakin tingginya pemakaian bahan - bahan kimia.

Sebagian besar industri menerapkan ilmu kimia diantaranya menentukan bahan, reaksi kimia, desain alat, dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada salahnya bagi sobat semua untuk belajar pelajaran ini.

Hal yang menjadi masalah adalah sobat semua kesulitan di dalam mempelajari ilmu ini dan bingung darimana untuk memulai belajar kimia.

Namun, sebenarnya sobat tidak perlu terlalu khawatir terhadap pelajaran ini. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik belajar kimia dengan mudah yang dapat membantu sobat semua.

Cara belajar Kimia dengan Mudah dan Cepat


1. Kenali pelajaran kimia

Benar pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Para siswa terkadang memiliki mindset yang salah mengenai pelajaran kimia sebelum mengenali apa itu kimia terlebih dahulu. Mindset yang berkembang di kalangan siswa diantaranya menganggap kimia adalah pelajaran yang sulit dan kompleks.

Padahal sebenarnya pelajaran kimia setingkat dengan pelajaran lain di jurusan IPA. Perlu adanya pengenalan terhadap materi-materi di dalam pelajaran kimia sehingga para siswa dapat mulai menyukai pelajaran ini.

Yang kemudian rasa suka dapat berkembang menjadi keingintahuan yang dapat mempermudah di dalam pembelajaran nantinya. Hilangkan mindset negatif mengenai pelajaran kimia dan mulailah enjoy di dalam setiap belajar kimia karena apabila sobat enjoy maka belajar dapat menjadi mudah dan tanpa beban.

2. Pelajari dan pahami konsep-konsep dasarnya

Materi di dalam pelajaran kimia berkesinambungan satu sama lain, mungkin hal ini lah yang memunculkan stigma “kekompleksitasan” pada pelajaran kimia. Padahal kalau sobat mau untuk mengambil sisi positifnya, hal ini berarti pelajaran kimia itu mudah asalkan kita kuat sejak materi awal.

Jadi, kunci pelajaran kimia adalah mengerti konsep-konsep dasarnya secara kuat sehingga ketika muncul materi-materi turunannya akan lebih mudah dihadapi karena sobat sudah kokoh sejak awal. Selain itu, sebagian besar materi kimia berkaitan dengan materi pelajaran lain seperti biologi dan fisika. 

Di dalam kimia nantinya sobat semua akan menghadapi yang namanya materi kimia fisika yang mana memiliki keterkaitan dengan rumus-rumus fisika. Terdapat juga materi biokimia yang berkaitan dengan pelajaran biologi.

3. Menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari

Pelajaran kimia itu asik loh ! Di dalamnya, sobat akan menemui materi-materi yang berkaitan di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sobat akan mudah untuk mendapatkan konsep materinya dengan cara mengaitkan ke dalam hal-hal di sekitar.

Sobat akan mendapatkan gambaran dan contoh real yang tentunya sangat membantu. Perlu adanya kepekaan terhadap lingkungan, daya pikir yang kreatif dan imajinatif. Bayangkan saja, sobat semua akan memulai belajar mengenai hal-hal mikroskopis seperti molekul dan senyawa serta hal-hal yang tidak kasat mata seperti berlangsungnya suatu reaksi. Mengasikkan bukan?

4. Latihan membentuk reaksi kimia

Perlu sobat ketahui, di dalam pelajaran kimia akan banyak sobat temui reaksi-reaksi kimia. Bisa dibilang reaksi adalah inti pelajaran kimia. Di dalam penentuan reaksi kimia hal yang perlu sobat ingat adalah dasar dari reaksi kimia berpedoman pada pemutusan ikatan dan pembentukan ikatan baru (entah itu ikatan ionik, kovalen, logam, dan lain sebagainya).

Sehingga reaktan (zat- zat yang akan direaksikan) akan berubah menjadi produk ( zat baru sebagai hasil reaksi). Hal ini bukanlah sebuah hafalan asalkan sobat mengetahui konsep reaksinya. Melatih pembentukan reaksi bukanlah hal yang sulit asalkan sobat ada keinginan dan kemauan.

5. Rajin mencoba latihan soal

Terkhusus untuk materi hitungan menggunakan rumus. Sobat semua wajib mencoba latihan-latihan soal per setiap materi. Kenapa sih harus latihan soal? Hal ini supaya sobat semua dapat terbiasa dengan permodelan soal-soal materi tersebut.

Sehingga apabila bertemu dengan soal serupa, sobat semua dapat mengerjakan dengan mudah. Terkadang, terdapat juga soal-soal yang dikombinasikan dengan materi kimia lain.

Perlu adanya kepekaan terhadap setiap materi sehingga sobat tidak kesulitan mengenali materi tersebut. Materi kimia memang hampir mirip satu sama lain, akan tetapi setiap materi memiliki karakteristik dan ciri yang membedakannya dengan materi lain.

6. Sabar, teliti, dan berpikir sederhana

Tatkala menghadapi persoalan materi kimia, perlu adanya kesabaran dan ketelitian. Sebenarnya persoalan yang ditanyakan tidak sesulit yang sobat bayangkan, terkadang sobat terlalu melebih-lebihkan suatu soal sehingga terkesan soal tersebut sulit.

Padahal apabila sobat mau untuk mempermudah cara berpikir dan bertindak sabar serta teliti, persoalan akan benar-benar mudah untuk diselesaikan. Sebab, pada dasarnya soal-soal hitungan hanya tinggal memasukkan ke dalam rumus, hal yang menjadi masalah adalah banyaknya rumus yang disediakan. 

Sehingga sobat harus teliti memilah rumus yang tepat untuk digunakan pada persoalan yang ditanyakan. Perhitungan di dalam materi kimia terkadang membutuhkan operasi hitung tingkat tinggi sehingga sobat perlu sabar di dalam menghitung.

Selain itu, hal yang menjadi masalah adalah tidak mengenal variabel-variabel di dalam soal sehingga tidak tau harus menggunakan rumus apa dan memasukkan nilai yang mana. Perlu adanya pemahaman yang tepat supaya sobat tidak kebingungan memasukkan nilai dalam setiap variabel.

7. Perkuat pemahaman konsep teori

Selain materi hitungan, di dalam kimia juga terdapat teori. Teori di dalamnya tentu saja perlu untuk dipelajari. Mari belajar untuk memahami konsep, tinggalkan cara hafalan karena sebenarnya tidak ada untungnya menghafal materi kimia.

Materi kimia terlampau banyak, sehingga apabila sobat ingin menghafalkan semuanya, maka perlu memori dan daya ingat yang sangat tajam. Cobalah memahami konsep dan gunakan memori otak untuk menghafal hal-hal yang penting seperti tabel periodik yang berisi nomor, nama, dan massa relatif atom; deret kereaktifan atom; deret volta; keistimewaan atom-atom, dan lain sebagainya.

8. Membuat Kelompok Belajar Kimia

Selain 7 cara di atas, ada satu hal lagi yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan agar lebih mudah dan cepat belajar kimia. Hal itu adalah membentuk kelompok belajar, yang isinya adalah orang-orang yang berkeinginan yang sama, yaitu serius mempelajari kimia.

Selain membantu dalam hal pemahaman konsep, kelompok belajar akan membantu membangkitkan semangat ketika sedang pusing mempelajari kimia.

Namanya pelajar pasti pernah mengalami naik turun semangat belajar, nah dengan kelompok belajar ini diharapkan semangat belajar kimia di tiap anggota bisa disalurkan. Dengan begitu, belajar kimia akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.



Nah, bagaimana sobat? Mudah kan, belajar kimia? Kunci yang paling penting untuk sobat pegang adalah cintai dulu pelajaran kimia.

Hilangkan mindset buruk mengenai pelajaran ini dan hindari sikap malas ya sobat. Mari bersikap aktif dan reaktif. Aktif bertanya ketika sobat menemui kesulitan di dalam pembelajaran nantinya. Reaktif ketika orang lain bertanya kepada sobat karena sebaik - baiknya ilmu adalah ilmu yang disalurkan. Mari kita patahkan stigma yang salah mengenai kimia bersama - sama.

Penulis    : Mpu Alit
Editor      : Admin

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama