Beasiswa | Penerimaan Mahasiswa Baru Lng Academy 2020

.
Siang tadi tanggal 18 april 2020, akun Instagram @lngacademy telah menerbitkan postingan yang berkaitan dengan pendaftaran lng academy 2020. Hal ini tentu membuat calon pendaftar menjadi bersemangat untuk mengumpulkan informasi terkini mengenai hal tersebut.


Namun, untuk tanggal pastinya di setiap tahapan seleksi masih belum dipublikasikan secara resmi oleh akun Instagram lng academy tersebut. Kemungkinan, jadwal tersebut masih dilakukan upaya penyesuaian sebaik mungkin mengingat Indonesia masih berjuang melawan bencana covid-19 yang membatasi ruang gerak kita dalam berkumpul dan beraktivitas.

Sehingga diharapkan jadwal dan teknik pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru lng academy 2020 bisa berjalan dengan sebaik mungkin.

Jadi, untuk adik-adik kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikan di LNG Academy bisa memfollow akun Instagram @lngacademy, atau kalian juga bisa terus memantau postingan saya di blog adifani.net.

Saya akan mengupayakan untuk terus memberikan informasi ter-update mengenai PMB (penerimaan mahasiswa baru) LNG Academy 2020.

Sebelumnya perkenalkan, saya adalah mahasiswa Lng Academy angkatan ke 9. Saya akan memberikan beberapa informasi mengenai Lng academy sejauh yang saya tahu.

Informasi yang saya share akan saya kumpulkan dari berbagai sumber. Salah satu narasumber saya  adalah mas fiki selaku mahasiswa Lng academy angkatan ke-7. Oh ya, Beliau juga memiliki sebuah blog pribadi, kalian bisa mengunjungi di fiwahyu.

Kali ini saya akan memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering muncul seputar Lng academy.


Apa itu Lng Academy?

Lng academy adalah sebuah program kerja sama antara PT badak LNG dengan Politeknik Negeri Jakarta. Program kerja sama ini adalah program beasiswa penuh bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ketika menuntaskan program kerja sama ini, mahasiswa akan memiliki gelar ahli madya karena program kerja sama perkuliahan ini merupakan program diploma 3 (D3).

Jurusan di LNG Academy apa saja?

LNG academy merupakan program kerja sama di bawah jurusan Teknik Mesin PNJ. Di PNJ, Teknik mesin ini memiliki beberapa program studi. Saat kuliah di PNJ, mahasiswa LNG Academy ini tergabung dengan program studi Teknik Konversi Energi. Sedangkan saat di Badak LNG, nanti akan ada 3 program studi yang bisa dipilih. Apa saja itu?

3 program studi LNG Academy :

1. Teknik Pengolahan Gas
2. Teknik Perawatan Mekanikal Rotating
3. Teknik Perawatan Listrik dan Instrumentasi


Lng Academy belajar apa?

Sesuai namanya, mahasiswa Lng academy akan belajar mengenai LNG. Kalian bisa baca ulasan singkat saya mengenai Apa itu LNG (liquefied natural gas) dan Kegunaannya.

Selain itu, mahasiswa akan belajar lebih spesifik tergantung program studi yang dipilihnya, yaitu Pengolahan gas, Mekanikal rotating, atau Listrik dan instrumentasi.

Bener nggak kalau mahasiswa Lng academy mendapatkan uang saku setiap bulan?

Benar. Selain setiap bulan mahasiswa Lng academy mendapatkan uang saku, mereka juga akan mendapatkan berbagai fasilitas penunjang perkuliahan, seperti beasiswa hingga lulus, asrama, seragam, buku literatur, dan lain-lain.

Berapa uang saku Lng Academy?

Sepertinya kurang etis kalo saya membahas yang satu ini wkwkwk. Nanti kalau kalian sudah diterima di program kerja sama ini akan tahu sendiri berapa nominalnya. Apakah uangnya cukup untuk hidup di depok (selama kuliah di PNJ)? Tergantung kalian bagaimana me-manage keuangan. Oh, ya saya telah mengulas tentang biaya hidup selama kuliah di PNJ (depok). Ulasan saya itu bisa kalian jadikan gambaran bagaimana sih rentang harga-harga di depok.

Tempat perkuliahan Lng Academy dimana?

Ada dua tempat perkuliahan Lng academy, yaitu di politeknik negeri Jakarta (depok) dan di Badak LNG (Badak Learning Center, Laboratorium, Bengkel dan Kilang). Lokasi dari Badak LNG ada di Bontang, Kalimantan Timur.

Ketika menjadi mahasiswa baru Lng academy, akan mengikuti perkuliahan di kampus PNJ (depok). Untuk lama waktu perkuliahan saat di PNJ pada setiap generasi berbeda-beda. Hal tersebut karena Lng academy senantiasa mengikuti peraturan pemerintah terbaru.

Pada angkatan Lng academy terdahulu, lama waktu perkuliahan di PNJ relatif lebih singkat dari angkatan yang lebih baru. Angkatan 1-7 rata-rata hanya sekitar 2 bulan saja menjalani perkuliahan di PNJ. Setelah itu mereka akan melanjutkan pendidikannya di Badak LNG.

Nah, untuk angkatan 8 masa belajarnya di PNJ adalah selama 1 semester (6 bulan) saja, sedangkan untuk angkatan saya (angkatan 9), kami (menurut rencana) akan menjalani perkuliahan di PNJ selama 2 semester atau 1 tahun.

Namun, karena wabah covid-19, kampus PNJ mengganti perkuliahan normal menjadi perkuliahan jarak jauh sehingga sisa beberapa bulan pembelajaran Lng academy angkatan 9 saat di PNJ juga menjalani perkuliahan dari jarak jauh (rumah).

Total lama perkuliahan lng academy adalah 6 semester. Mahasiswa diwajibkan lulus seluruh mata kuliah yang diajarkan.

Saat di Badak LNG, mahasiswa Lng academy kuliah atau kerja?

Ini adalah pertanyaan yang cukup sering ditanyakan pada saya oleh beberapa teman dan adik kelas yang belum tahu.

Jadi gini, meskipun perkuliahan akan dilanjutkan di Badak LNG bukan berarti mahasiswa akan meninggalkan pembelajaran dan langsung bekerja. Tetep lanjut belajar, bukan bekerja.

Saat di Badak LNG, mahasiswa akan melakukan pembelajaran di kelas dan berbagai praktik di lapangan secara langsung untuk menunjang teori yang telah didapatkan di dalam kelas.

Praktik di lapangan secara langsung memanglah sangat wajar, karena ini adalah jurusan teknik. Tapi sekali lagi yang perlu diingat adalah ketika perkuliahan berlanjut di Badak LNG itu adalah posisinya sebagai mahasiswa, bukan pekerja.

Apakah setelah lulus Lng Academy akan langsung menjadi pekerja PT Badak LNG?

Tidak. Lng academy merupakan program beasiswa penuh D3 tanpa ikatan dinas. Jadi, ketika lulus tidak langsung menjadi karyawan PT Badak LNG.

Apakah ada alumni LNG Academy yang menjadi karyawan PT Badak LNG?

Tentu ada. Salah satunya adalah pak candra, yang memiliki laman candraawiguna.id. Beliau merupakan alumni lng academy yang sekarang bekerja di PT Badak LNG.

Apakah SMK boleh mendaftar lng academy?

Tidak. Salah satu persyaratan menjadi mahasiswa lng academy adalah lulusan SMA/SMU/MA. Saya juga tidak tahu kenapa SMK tidak boleh, mungkin karena perbedaan kurikulum.

Untuk persyaratan mendaftar menjadi mahasiswa baru lng academy tahun ini saya belum berani share mengingat tahun ini terjadi sedikit perbedaan dalam dunia pendidikan tanah air. Tahun ini tidak ada UN, sedangkan tahun lalu memiliki nilai UN menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi saat mendaftar menjadi calon mahasiswa baru lng academy. Kita tunggu saja.

Seleksi PMB lng Academy 2020 apa saja?

Untuk tahun 2020 belum ada pengumuman resmi mengenai teknik pelaksanaannya bagaimana, namun saya akan memaparkan tahapan PMB lng academy tahun 2019 yang bisa kalian gunakan sebagai gambaran, yaitu seleksi administrasi (rapot+UN), tes potensi akademik, tes psikologi, interview, dan tes kesehatan.

Berapa kuota mahasiswa lng academy?

Tidak pasti. Setiap tahun, jumlah mahasiswa yang diterima di program beasiswa lng academy tidak sama. Untuk angkatan 9, ada 17 orang yang berhasil lolos dari keseluruhan tahapan seleksi. Untuk angkatan tahun 2020 kuotanya berapa? Saya juga tidak tahu, sebaiknya persiapkan saja diri kalian menjadi berkualitas sehingga memperbesar potensi untuk diterima.

Sepertinya ulasan mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lng Academy 2020 cukup sampai disini terlebih dahulu. Untuk jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan seputar PMB lng academy akan saya ulas di postingan selanjutnya. Silakan bertanya melalui kolom komentar jika ada sesuatu yang kurang jelas.

Update 24 April 2020 : Jadwal pendaftaran LNG Academy 2020

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama