Panduan Lengkap Cara Install Visual Studio Code di Ubuntu Linux

.
Pengertian

Sebelum memulai Tutorial Install Visual Studio Code di Ubuntu, ada baiknya kita kenali dulu apa itu ubuntu dan apa itu visual studio code. Sehingga Anda akan lebih mudah menerapkan tutorial sederhana yang akan saya sampaikan di bawah ini.

Apa itu Ubuntu?

Ubuntu adalah salah satu dari distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas (gratis). Ubuntu dibangun dengan menggunakan infrastruktur debian dan terdiri dari server, desktop, dan sistem operasi Linux. Ubuntu pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan kini menjadi salah satu favorit banyak orang.

Apa itu Visual Studio Code?

Visual Studio Code adalah kode editor lintas platform open source (Windows, Mac OS, Linux) yang dikembangkan oleh microsoft.

Baca juga : 15 Web jurnal terbaik (rekomendasi)

Apa perbedaan antara Visual Studio Code dan Visual Studio IDE?

Visual Studio Code adalah editor kode efisien dengan dukungan untuk operasi pengembangan seperti debugging, tugas berjalan, dan kontrol versi. Ini bertujuan untuk menyediakan hanya alat yang dibutuhkan pengembang untuk siklus pembuatan kode yang cepat dan meninggalkan alur kerja yang lebih kompleks ke IDE berfitur yang lebih lengkap, seperti Visual Studio IDE. (code.visualstudio.com)

Microsoft Visual Studio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) dari Microsoft. Ini digunakan untuk mengembangkan program komputer, serta situs web, aplikasi web, layanan web, dan aplikasi seluler. Visual Studio menggunakan platform pengembangan perangkat lunak Microsoft seperti Windows API, Windows Forms, Windows Presentation Foundation, Windows Store dan Microsoft Silverlight. Itu dapat menghasilkan kode asli dan kode terkelola. (wikipedia)

Setelah mengerti tentang Visual Studio Code dan Ubuntu, mari kita langsung menuju ke bagian yang utama, yaitu Cara Install Visual Studio Code di Ubuntu Linux.

Tutorial instal visual code studio ini dipraktikkan menggunakan Ubuntu 16.04. Untuk versi Ubuntu 18.04 sepertinya tidak jauh berbeda.

Tutorial Install Visual Studio Code di Ubuntu Linux

1. Kunjungi website resmi visual studio code untuk mengunduh file yang Anda cari pada link code.visualstudio.com.


2. Setelah Anda klik/buka situsnya, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Pilih download for linux x64. Pilih yang .deb.


3. Setelah file selesai terunduh. Ini bagian yang paling penting dan mudah, yaitu tekan install.


4. Jika Anda mengikuti tahapan yang sesuai, maka hasilnya akan jadi seperti screenshot di bawah ini. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan update dan upgrade dengan cara mengetik pada terminal :
  • sudo apt update
  • sudo apt upgrade

Silakan tunggu proses update dan upgrade ini yang biasanya hanya memakan waktu beberapa menit saja.


5. Selamat, Anda telah berhasil menginstal visual studio code untuk Ubuntu Linux. Tampilan awalnya ketika dibuka adalah seperti berikut :


Penutup

Demikian Tutorial Instal Visual Studio Code di Ubuntu yang dapat saya berikan. Langkah selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda misalnya adalah menginstal python sebagai bahasa pemrograman yang akan Anda pakai.

Jika ada pertanyaan mengenai Cara menginstal Visual Studio Code di Ubuntu silakan bertanya pada kolom komentar di bawah ini dengan sopan. Terima kasih.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama