Hacktiv8, Semua BISA dengan program ISA (Income Share Agreement)

.


“Kerja dari rumah, Belajar dari rumah, dan Beribadah di rumah”

Sejenak mari kita berdoa atas mewabahnya virus yang membuat dunia terasa sepi, kosong, dan berantakan. Virus yang membuat masyarakat harus berjarak dan sejenak mengasingkan diri demi keselamatan setiap individu. Lagi, Pemerintah bahkan menginstruksikan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, namun dikarenakan dampak dari virus ini yang memang cukup luar biasa, terlebih penyebarannya yang sangat cepat. Sektor pendidikan, ekonomi, industri, keuangan, dan berbagai bidang lainnya turut menunjukkan rasa lesu. Hal ini memaksa kita untuk beraktivitas di rumah sampai dunia bisa tersenyum kembali.

Bisakah kita hanya beraktivitas di rumah?

Sebagian besar, bisa. Ada pergeseran aktivitas yang dahulu benar-benar harus dilakukan di luar rumah, kini bisa dilakukan dari mana saja, termasuk di dalam rumah. Jika dahulu belajar artinya adalah memasuki sebuah ruangan yang berisi meja, kursi, dan papan tulis yang disebut ruang kelas. Kini, tak lagi demikian. Kita bisa mempelajari suatu materi bahkan dari dalam kamar sambil selonjoran dan memakan camilan.

Dahulu, ketika ingin menonton ‘film bioskop’ tentu harus pergi ke bioskop. Padahal, tak semua daerah di Indonesia masyarakatnya dapat dengan mudah mengakses bioskop – utamanya adalah daerah terpencil yang jauh dari pusat kota. Bagaimana dengan sekarang, Apakah masih kesulitan? Tidak. Kini tak harus jauh-jauh ke bioskop untuk menonton sebuah ‘film-bioskop’. Silakan gunakan gawai Anda untuk mengakses ‘film bioskop’ melalui platform legal yang dengan mudah menyediakannya.

Dahulu, berbelanja artinya adalah pergi ke sebuah toko yang khusus menyediakan barang yang Anda butuhkan. Atau pergi ke pusat perbelanjaan yang menyediakan kumpulan dari barang-barang yang Anda inginkan, lalu membelinya. Kini? Duduk saja di rumah, pilih produk yang Anda perlu dari gawai, lalu bayar dengan sistem pembayaran online. Tunggu beberapa waktu, maka barang pesanan akan tiba di depan rumah Anda. Sangat mudah.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang kini bisa kita lakukan cukup dari rumah, tetapi bukan itu poin yang ingin saya sampaikan. Lihat dari sisi yang lain. Jika Anda mencermati, apa hal yang melatar belakangi mengapa perubahan tersebut dapat terjadi? Jawabannya adalah teknologi.

Teknologi adalah “short cut” bagi perubahan besar dalam waktu singkat


Berbicara tentang teknologi artinya berbicara tentang perubahan. Kehidupan yang terus dinamis dan akal manusia yang terus berkembang mendorong dunia melakukan begitu banyak perubahan untuk menjadi lebih cepat dan efisien. Teknologi membuat aktivitas manusia yang tadinya memerlukan tenaga, waktu, dan biaya yang besar menjadi lebih ramping dan sederhana.

Mari kita kembali melihat ke masa lalu, yaitu ketika era revolusi industri yang pertama. Pada abad ke-18, muncul sebuah inovasi dari James Watt yang mengembangkan mesin uap hingga menyebabkan perkembangan dalam bidang industri. Sektor industri berkembang hingga mampu memproduksi dengan lebih cepat.

Berlanjut pada revolusi industri yang kedua. Masa dimana masyarakat mulai mengenal ‘spesialisasi’ dan tenaga listrik yang dinilai lebih efisien. Penemuan energi listrik ini menyebabkan berbagai ‘alat baru’ mulai diciptakan dan mendorong efektifitas kerja.

Kemudian, manusia mulai mengembangkan komponen elektronika hingga menuju otomatisasi dan digitalisasi. Manusia mencoba mengkolaborasikan antara perangkat keras dan perangkat lunak. IC chips juga memungkinkan untuk meminimalisir peranan manusia sebagai operator hingga pekerjaan menjadi lebih minim tenaga manusia.

Sekarang, kita telah memasuki era industri 4.0 – Zaman dimana perubahan benar-benar terasa cepat sejak ditemukannya Internet pada era 3.0. Bagian paling berkesan dari era ini adalah Internet of Thing (IoT). Pada masa ini, internet benar-benar menjadi perangsang dalam berbagai perkembangan teknologi. Tak heran jika banyak sekali inovasi terkini yang memanfaatkan keberadaan internet. Aplikasi seperti ojek online, belajar online, dan bahkan belanja online yang sebelumnya tak pernah terpikirkan untuk bisa hadir dalam hidup kita, kini mulai menggantikan kebiasaan lama.

Pekerjaan-baru yang tak pernah terpikirkan kini mulai menggantikan pekerjaan-lama. Cara-cara baru yang lebih efisien mulai menggantikan cara-cara usang. Dari sini kita belajar bahwa, “Yang harus, tidak selamanya harus”.

Teknologi mampu mendorong perubahan untuk terjadi. Mengikuti perkembangan teknologi adalah salah satu cara kita untuk bertahan dari seleksi alam.

Mengapa Banyak Muncul Aplikasi Online ?

Ini adalah pertanyaan yang sering muncul di kepala kita mengingat memang benar banyak sekali aplikasi online yang menyelimuti kehidupan kita belakangan ini. Seperti yang saya katakan tadi, teknologi terus melakukan inovasi dan meng-upgrade dirinya demi menjadi lebih baik. Dan era terkini menyadari bahwa kita hidup di kehidupan menuju kepada kondisi keterbukaan. Masa dimana persebaran informasi begitu bebas. Banyak sektor yang dulunya jarang disentuh kini menjadi semakin transparan.

Perubahan yang dilakukan oleh manusia terdorong oleh keinginan untuk hidup yang lebih mudah dan efisien. Perubahan tersebut muncul karena memang ada cara yang lebih baru dan menarik daripada cara lama yang terkesan sudah usang. Kita harus ingat bahwa, setiap teknologi selalu punya ‘masanya’.

Kombinasi antara ide untuk menyelesaikan masalah yang dituangkan dalam teknologi terkini adalah sebuah inovasi yang cemerlang. Kemacetan akibat meluapnya volume kendaraan di jalanan membuat aplikasi ojol sebagai solusi yang diharapkan masyarakat. Pasar yang terkesan kumuh membuat masyarakat malas mengunjunginya mendorong aplikasi belanja online untuk muncul. Sulitnya kondisi geografis untuk memeratakan pendidikan mendorong aplikasi belajar online untuk menjadi ‘short cut’ dalam mempercepat impian tersebut.

Intinya adalah perubahan tersebut muncul untuk mengatasi keterbatasan/permasalahan yang ada. Sehingga sangat relevan jika banyak sekali aplikasi online untuk menggantikan ‘cara konvensional’.

Belakangan, teknologi digital membuat kita terkesan lantaran ternyata banyak sekali entrepreneur yang sukses berbekal teknologi digital. Inovasi yang menghadirkan interface menarik akan selalu menarik perhatian banyak orang. Tetapi manfaat dari sebuah alat akan menjadi alasan utama mengapa kita menggunakannya.

Apakah Anda ingin membuat aplikasi? Menjadi programmer atau developer?

Orang Sukses di bidang IT


Selanjutnya yang ingin saya ulas adalah tentang orang-orang yang sukses di bidang IT. Kebanyakan dari mereka adalah seorang developer yang mengerti akan kebutuhan orang banyak. Inovasi yang dilakukan oleh mereka, membuat karir dan pencapaian mereka menjadi sangat mengesankan.

1. Jeff Bezos

Jika Anda bertanya, siapakah orang paling kaya di bumi saat ini – maka jawabannya adalah Jeff Bezos. Jeff Bezos adalah seoang pendiri, chairman, CEO, presiden dan pemilik saham mayoritas perusahaan toko online terkenal, Amazon. Karirnya yang cemerlang membuat ia kokoh menjadi orang terkaya di dunia saat ini.

2. Bill Gates

Tokoh satu ini sangat terkenal karena software buatan beliau ini hampir selalu terpasang di setiap komputer – termasuk di Indonesia. Ya, aplikasi buatan beliau ini memang membawa perubahan besar bagi dunia. Microsoft merupakan terobosan jenius yang pernah Bill Gates ciptakan.

3. Mark Zuckerberg

Jika Anda adalah pengguna Facebook, maka kemungkinan besar nama ini tidak asing bagi Anda. Orang sukses di bidang IT selanjutnya ini adalah seorang pendiri Facebook bernama Mark Zuckerberg. Ia adalah salah satu tokoh sukses dalam bidang IT yang terkenal.

4. Jack Ma

Datang dari Asia, orang sukses berikut ini menjadi sorotan dunia karena prestasi dan pencapaian yang ia raih. Ia adalah Jack Ma, seorang pendiri perusahaan e-commerce dari Tiongkok.

Beberapa orang inspiratif tersebut memberikan kita pelajaran tentang potensi dari dunia IT yang ternyata sangat mengesankan. Bahkan, bisa dibilang itu adalah peluang yang luar biasa untuk dicoba. Namun, kendala terbesar yang mungkin kita alami adalah kurangnya skill dan modal yang mumpuni. Padahal dua hal tersebut adalah hal yang sangat krusial dalam mengembangkan sebuah usaha untuk menjadi maju.

Modal bisa kita kumpulkan secara perlahan dengan cara menabung. Atau modal akan lebih cepat terkumpul jika kita mampu untuk meyakinkan investor dan kolega untuk bergabung dan menjadi bagian dari usaha yang kita rintis.

Setelah konsep usaha tersusun rapi, presentasi yang menarik sepertinya adalah ide yang layak dicoba untuk mencari investor yang siap untuk memberikan modal pada Anda.

Tetapi bagaimana dengan skill?

Skill adalah sesuatu yang bisa kita latih dan pelajari, tanpa terkecuali skill di bidang IT. Setidaknya menguasai bahasa pemrograman adalah hal yang seharusnya Anda penuhi jika ingin mengembangkan IT.

Mempelajari sesuatu tanpa seorang pembimbing mungkin bisa saja Anda lakukan, tetapi sepertinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efisien – terlebih lagi teknologi semakin cepat berkembang. Berlama-lama bukanlah cara yang menarik untuk dilakukan saat ini.

Jika Anda tidak punya skill dan modal, mana yang lebih dulu bisa Anda raih?

Tentu saja Anda akan lebih memilih skill karena skill yang mumpuni akan merangsang munculnya pemasukan yang dapat dijadikan modal di kemudian hari. Selain itu, SDM unggul adalah salah satu kunci untuk menjadikan bangsa ini lebih maju. Lalu, Bagaimana caranya kita bisa meningkatkan skill IT tetapi dengan keterbatasan biaya?

Tenang, izinkan saya untuk menjelaskan tentang program ISA (Income Share Agreement) pada ulasan di bawah ini.

Apa itu Income Share Agreement?

Bagi Anda yang belum tahu tentang apa itu Income share agreement, akan saya jelaskan dengan sederhana.

Income Share Agreement adalah sebuah perjanjian bagi hasil dimana seorang individu atau organisasi memberikan sesuatu yang bernilai (seperti uang) kepada penerima yang sebagai gantinya setuju untuk membayar kembali presentase dari pendapatan mereka pada periode tertentu.

Sederhananya adalah seperti ini, Anda adalah seorang yang ingin menempuh sebuah pendidikan dengan harga yang dirasa berat untuk Anda bayar secara langsung. Lalu, tibalah si A yang bersedia membayarkan biaya Anda saat ini, tetapi Anda harus membayar berdasarkan presentase dari gaji yang Anda terima ketika suatu saat Anda telah bekerja. Anda akan mulai membayar, saat Anda telah menghasilkan.

Nah, kali ini saya akan membagikan ulasan tentang program income share agreement di bidang IT yang diluncurkan oleh Hacktiv8.

Apa itu Havktiv8 ?


HACKTIV8 adalah program pembelajaran yang berfokus pada bidang IT yang terdiri dari Full Time Program, Part Time Program, dan Online Program. Kurikulum Hacktiv8 dirancang untuk membangun keahlian yang langsung dapat diaplikasikan pada perkembangan dunia kerja.
HACKTIV8 adalah coding bootcamp pertama di Asia yang tergabung dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR)

CIRR adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting.
Intinya, Hacktiv8 adalah tempat yang tepat bagi kamu yang ingin menjadi seorang programmer maupun developer handal. Dengan kualitas dan pengalaman yang dimiliki, Hacktiv8 terus tumbuh menjadi pencetak programmer handal di Indonesia.

Bangun karir bersama Hacktiv8


Saya akan memperkenalkan terlebih dahulu tentang program yang ada di Hacktiv8, tempat jadi programmer handal meskipun Anda tidak memiliki latar belakang IT.

Ada tiga program yang ada di Hacktiv8 yang perlu untuk Anda ketahui :

Full time Program

Program intensif 18 minggu dan kamu akan menjadi seorang Full Stack JavaScript developer. Setelah lulus kamu akan mendapatkan fasilitas penempatan kerja.

Dalam pembelajarannya, ada Fase persiapan - fase pembelajaran untuk mempersiapkan diri menuju fase immersive di mana pada fase ini kamu akan mempelajari logika dan dasar-dasar programming.
Selanjutnya adalah fase Immersive – fase ini kamu akan mempelajari front-end dan back-end menggunakan JavaScript, database, dan kamu juga akan belajar React & React Native untuk membuat aplikasi mobile.

Dalam Full time program ada pembelajaran full stack javascript.

Part-Time Program

Mungkin ini adalah solusi bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan waktu di jam normal tetapi ingin belajar tentang programming maupun developing. Pasalnya, Hacktiv8 menyediakan part-time program – kegiatan belajar di luar jam kerja normal.

Setidaknya Anda akan mengetahui ini :
Agile Scrum, DevOps, Front End Basics, Golang, Intro to Programming, Intro to Python For Data Science, Intermediate Python For Data Science, React and React Native Basics, React and React, Native Intermediate, Remote Workshop

Setidaknya ada 4 keuntungan program ini

Materi Pembelajaran Terupdate

Kurikulum program hacktiv8 dibuat untuk memenuhi kebutuhan skill di industri terkini, menggabungkan skill teknis dan pengembangan pola pikir.

Jadwal di Luar Jam Kerja

Kelas Part-time hacktiv8 berlangsung kurang dari 4 bulan, di luar jam kerja. Kamu akan mengikuti kelas 2-3 kali seminggu, pukul 07.00 - 10.00 malam.

Upgrade Portofolio

Anda akan mendapatkan sertifitat dan portofolio yang akan mendongkrak CV kita ketika digunakan untuk melamar pekerjaan.

Hybrid Program

Belajar programming secara fleksibel hanya dalam 3 bulan dengan fasilitas bimbingan mentor berpengalaman dan juga terdapat fasilitas offline meet-up yang bisa kamu gunakan.

“Team yang membuat kurikulum HACKTIV8 Hybrid Program adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya. Ditambah dengan fasilitas community manager, membuat siapa saja dapat berhasil menyelesaikan program ini dan siap kerja.” – Riza Fahmi (Co-Founder & Developer Evangelist HACKTIV8)

SetidaknyaAnda akan mengetahui berikut ini :

Python for Data Science, React and React Native, Web App Development.

Kini, terobosan hangat yang dimiliki Hacktiv8 adalah program ISA (Income Share Agreement).

Peran Program ISA Hacktiv8 dalam Membangun Karir Seorang Programmer di Indonesia


Salah satu yang dibentuk oleh Hacktiv8 adalah SDM unggul dan berkualitas. Kita tahu bahwa SDM unggul adalah ujung tombak dari perubahan bangsa yang akan menjadi senjata luar biasa bila dikombinasikan dengan kemajuan teknologi. Hacktiv8 mencetak lulusan yang ahli di bidang IT – programming dan developing.

Menjadi programmer handal artinya adalah menjadi salah satu SDM unggul yang sangat berharga. Semua ahli di setiap bidang adalah potensi yang berharga – termasuk menjadi seorang programmer.

Dengan adanya program ISA, lebih banyak orang yang berkesempatan untuk menyandang predikat ‘SDM Unggul’. Biaya bukan lagi halangan bagi mereka untuk menempuh pendidikan IT hingga menjadi seorang programmer handal. Sebelum ini, seringkali calon programmer terkendala biaya pendidikan karena faktor ekonomi. Banyak dari mereka yang akhirnya belajar secara otodidak – Belajar dengan sistem yang tidak terstruktur dengan baik. Waktu yang dibutuhkan pun tidak secepat dengan pembimbing profesional.

Belum lagi, bagi mereka yang justru memilih untuk menguburkan mimpinya dalam-dalam mengingat biaya yang harus dikeluarkan ternyata tidak sedikit. Keinginan untuk memperbaiki kualitas hidup justru pupus karena biaya pendidikan yang cukup tinggi. Sehingga yang terjadi adalah melupakan mimpi besar itu dan kembali menerima kenyataan.

Syukurnya, kini ada program ISA (income Share Agreement) – sebuah program yang bagus bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan namun terkendala biaya. Program ini semacam angin segar bagi kalangan yang demikian. Harapan yang hampir pupus seolah mendapatkan suntikan semangat.

Senangnya lagi, Hacktiv8 juga akan membantu siswa dan alumninya untuk memperoleh pekerjaan dengan gaji yang cukup besar. Silakan Anda lihat berapa rata-rata gaji alumni Hacktiv8 yang terpampang pada website resminya.

Dengan adanya program ISA Hacktiv8, calon programmer akan sangat terbantu dalam hal pendidikan dan jenjang masa depan. Anda tidak akan membayar biaya pendidikan sebelum Anda memperoleh kriteria minimal penghasilan yang ditentukan. Hacktiv8 sangat percaya diri bahwa lulusannya akan menjadi lulusan yang berkompeten sehingga terserap dunia kerja dengan gaji yang cukup.

Selanjutnya, kita mungkin bertanya, apa saja keuntungan program ISA Hacktiv8?

Dengan mengikuti Program ISA HACKTIV8 kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, yaitu:

Fokus Belajar, Bukan Pada Biaya

Pada saat pembelajaran, Anda hanya perlu focus pada pembelajaran dan semaksimal mungkin dalam menyelesaikannya tanpa memikirkan biaya. Hal tersebut karena pembayaran Anda ditangguhkan hingga Anda memiliki penghasilan yang memadai. Ketika Anda sudah lulus dan bekerja tetapi penghasilan Anda belum memenuhi kriteria minimum untuk mulai pembayaran, maka Anda belum wajib untuk membayarnya.

Mengapa ISA?


Dengan sistem yang transparan, membuat kita yakin dengan program ISA. Kemudahan untuk mengakses dan memperoleh pendidikan membuat diri kita memiliki skill yang mumpuni. Penyaluran antara tenaga ahli dengan sektor industri juga salah satu penyebab mengapa kita perlu untuk mengikuti program ISA.

Di beberapa universitas di dunia program ISA juga telah diterapkan. Cara ini dinilai lebih menguntungkan berbagai pihak – termasuk penerima program ISA. Mereka tidak akan terbebani dengan tagihan sementara bisa menikmati pendidikan dengan baik. Mereka hanya perlu fokus menyelesaikan program pendidikan yang disepakati dan mengaplikasikannya pada dunia kerja.

Permasalahan biaya tak akan menjadi masalah jika kita telah memiliki income yang cukup. Bahkan program ISA hacktiv8 menyaratkan bahwa penghasilan minimal untuk mulai mengangsur biaya adalah 10 Juta. Di bawah itu Anda masih belum wajib untuk membayar.

Ini adalah program yang benar-benar menakjubkan. Mereka begitu yakin bahwa Anda akan menerima penghasilan di atas kriteria minimal atau tidak perlu membayar jika sampai periode tertentu tak mampu juga menghasilkannya.

Dengan adanya kerja sama yang dilakukan oleh Hacktiv8 dengan lebih dari 200 hiring partners membuat penyaluran lulusan ke dalam dunia kerja tak terasa begitu berat.

Melihat riwayat lulusan adalah salah satu cara kita untuk menilai apakah tempat tersebut layak menyandang predikat ‘tempat belajar berkualitas’. Jika kita melihat riwayat lulusan Hacktiv8 dan rentang besaran gaji rata-rata yang mereka peroleh akan membuat kita semakin penasaran untuk mendalami lebih lanjut.

Bagaimana mekanisme Program ISA Hacktiv8?

Dengan melihat slogan “Belajar dulu, bayar kemudian” saja sebenarnya kita sudah bisa menarik kesimpulan dan memahami mekanisme tentang program ini. Lebih jelasnya adalah seperti ini;

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus menjalani beberapa tes masuk kampus Hacktiv8 seperti ujian untuk memasuki sebuah kampus pada umumnya. Jika Anda memenuhi persyaratan untuk menjalani program ISA seperti tidak pernah tercatat melakukan pelanggaran keuangan maka Anda bisa langsung mengikuti pembelajaran.

Setelah menuntaskan pembelajaran, termasuk membuat final project pada program full stack javascipt, Anda akan siap untuk terjun pada dunia kerja.

Setelah Anda menerima sebuah pekerjaan, dan gajinya telah memenuhi kriteria minimal untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan yang telah Anda jalani maka itu saatnya Anda untuk mulai membayar dengan perlahan setiap bulan.

Bagaimana jika saya belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus?

Hacktiv8 sangat mengerti kondisi mahasiswanya, mereka tidak akan memaksa Anda untuk melunasi pembayaran disaat Anda belum mendapatkan pekerjaan. Jika dilihat dari kebijakan ini, sepertinya Hacktiv8 sangat yakin bahwa setiap lulusannya akan memperoleh perkerjaan dengan gaji yang layak.

Keuntungan selanjutnya : Fasilitas Penempatan Kerja

Setiap pesera pendidikan maupun pelatihan selalu mengharapkan ilmu yang mereka peroleh dapat segera diterapkan. Kegiatan menerapkan ilmu yang kita peroleh dengan mendapatkan imbalan berupa gaji biasa kita sebut dengan bekerja. 

Setelah kamu lulus dari HACKTIV8, mereka akan membantumu mendapatkan pekerjaan dengan menghubungkanmu dengan lebih dari 200 hiring partners mereka. Inilah yang membuat mereka yakin bahwa lulusannya akan terserap oleh kebutuhan industri.

Keuntungan selanjutnya : Batas Maksimal Pembayaran

Mungkin kita akan mengira bahwa pembayaran dengan cara memotong sekian persen penghasilan kita, akan membuat pembayaran kita membengkak berkali-kali lipat. Hal tersebut ternyata sudah diantisipasi oleh Hacktiv8. Total maksimal pembayaran yang kamu bagikan dengan HACKTIV8 adalah tidak lebih dari 1.5x dari harga program.

Keuntungan selanjutnya : Sistem yang Fleksibel

Nominal yang dibagikan akan menyesuaikan besar gaji kamu. Hacktiv8 tidak akan melakukan penarikan biaya apabila kamu sedang tidak memiliki pekerjaan/pendapatan.
Sesuai dengan yang telah saya sampaikan tadi, Hacktiv8 tidak akan ‘memaksa’ kamu untuk membayar bahkan ketika kamu sedang tidak bekerja atau belum menerima sebuah pekerjaan. Kekhawatiran semacam ini sangat wajar, mengingat biaya yang harus dibayarkan terbilang cukup banyak – terlebih bagi orang awam.

Tetapi tenang saja, Hacktiv8 sangat mengerti keadaan mahasiswa dan alumninya.



Kesimpulan

Kesimpulan yang ingin saya sampaikan adalah teknologi merupakan sesuatu yang senantiasa berkembang dan berinovasi. Tren teknologi saat ini adalah di bidang Informasi Teknologi. Hacktiv8 adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk belajar tentang IT – programming dan developing. Solusi atas permasalahan biaya pendidikan dapat diatasi melalui program ISA (Income Share Agreement). Selamat mencoba.

Artikel ini dibuat dan ditujukan untuk mengikuti HACKTIV8 Blog Competition 2. Silakan kunjungi hacktiv8 dan follow sosial medianya untuk info lebih lanjut. Terima kasih.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama