Cara Custom Background Google Chrome menggunakan Foto/Gambar sendiri dengan mudah

.
Beberapa waktu yang lalu saya iseng ada keinginan untuk mengganti background google chrome karena bosan dengan gambar yang itu-itu saja. Hal tersebut mungkin bukan hanya dialami oleh saya sendiri tapi mungkin banyak juga yang mengalami hal serupa, dan kemungkinan besar termasuk kamu.

Untungnya, versi terbaru dari google chrome memungkinkan kita untuk mengubah background google dengan mudah dan cepat. (Versi yang support adalah varian Chrome 69.0.3497.81 atau diatasnya).

Perlu diketahui bahwa saya menggunakan windows 10, dan sebenarnya itu tidak berpengaruh. Jika kamu pengguna windows 7, 8, maupun 10, itu sama sekali tidak ada bedanya. Yang terpenting adalah versi dari google chrome-nya, apakah sudah versi yang support atau belum.

Sebelum itu, mungkin ada beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar mengganti background google chrome, seperti :

Apakah mengubah background bawaan membuat chrome menjadi berat?

Jawabannya adalah tidak. Berdasarkan pengalaman saya mengubah background google chrome, ternyata tidak mempengaruhi kecepatannya.

Bagaimana cara memilih resolusi gambar/foto yang cocok?

Resolusi gambar yang digunakan usahakan sesuai dengan device yang kamu gunakan atau menggunakan resolusi diatasnya agar gambar tidak pecah. Untuk detilnya kamu bisa melihat di display setting dan menuju kolom resolusi. Saya merekomendasikan resolusi HD dan 4K sebagai background karena resolusinya sangat bagus dan memanjakan mata.

Nah, langsung pada bagian pembahasannya. Bagaimana cara mengganti background google chrome menggunakan foto/gambar sendiri dengan mudah?

Setelah memastikan bahwa google chrome yang kamu miliki adalah versi yang sudah support fitur ganti background (customize), lanjut pada penjelasan di bawah ini.

Cara Mengganti Background Google Chrome dengan Foto/Gambar sendiri

1. Buka google chrome atau klik new tab jika kamu sedang menggunakan google chrome. Kemudian, pilih ikon customize yang ada di pojok kanan bawah layar. Kamu bisa melihat dengan lebih jelas pada gambar di bawah ini.


2. Pilih Upload from device. Pastikan kamu sudah memiliki gambar/foto yang akan djadikan background google chrome. Jika belum, ada alternatif, yaitu kamu bisa download gratis background berkualitas HD maupun 4K di unsplash.com dan wallpaperscraft.com dengan mudah. Setelah di-download lakukan step yang tadi dan pilihlah gambar yang diinginkan. Format gambar yang umum digunakan adalah PNG dan JPEG.

fyi : Disarankan menggunakan gambar dengan resolusi tinggi agar tidak pecah ketika diterapkan sebagai background.

3. Setelah beberapa saat, background sudah terganti dengan gambar/foto yang diinginkan. Jika ingin mengganti background lagi cukup terapkan cara yang tadi lagi. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Biasanya yang namanya custom apapun itu, termasuk custom background google chrome. Jika terlalu sering dilakukan akan menimbulkan rasa bosan. Kamu bisa melakukan restore default background untuk menerapkan background polos dan kembali ke gambar default..

Oh ya, for your information (fyi) tutorial ini hanya berlaku pada google chrome desktop ya. Jadi, untuk versi android saat ini belum support. Belum tahu kedepannya bakal sepert apa semoga saja ada update terbaru.

Demikian tutorial mengenai cara custom background google chrome dengan mudah. Silakan komentar jika ada yang belum jelas.

#customizegooglechrome
#customizebackground

1/Post a Comment/Comments

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama