Materi lengkap fisika kelas 10 SMA kurikulum 2013 | Rangkuman singkat

Materi lengkap fisika kelas 10 SMA kurikulum 2013 - Jika saat ini kalian sedang ingin mempersiapkan pemahaman fisika sebagai strategi agar lebih mudah membuat garis besar dan rencana belajar, maka kamu akan sangat terbantu jika mengetahui apa saja bab-bab fisika yang akan dipelajari di kelas 10. Hal tersebut tentunya sangat efektif dilakukan jika kita menginginkan nilai yang memuaskan pada mata pelajaran fisika. Untuk itu, saya telah merangkum sekilas tentang materi fisika kelas 10 semester 1 dan semester 2.


Materi fisika kelas 10 SMA

  • Besaran dan Satuan
Bab besaran dan satuan merupakan suatu bab pembuka fisika SMA yang akan kita terima di kelas 10. Kita akan belajar besaran pokok dan besaran turunan. Kemudian macam-macam satuan, salah satunya adalah satuan internasional (SI). Biasanya juga pada bab ini memuat materi tentang jangka sorong, mikrometer sekrup, dan sebagainya.
  • Vektor
Selanjutnya kita akan mempelajari vektor di bab 2. Materi ini sangat penting dalam fisika karena konsepnya akan dipakai lagi pada bab-bab fisika selanjutnya. Di bab ini akan dipelajari cara menjumlahkan vektor. Ada juga perkalian dot product dan cross product. Kemudian kita juga akan belajar mengenai pemecahan/penguraian suatu vektor agar lebih mudah dijumlahkan.
  • Gerak lurus
Bab gerak lurus yang akan dipelajari pada kelas 10 ada dua, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Kedua hal tersebut biasa kita sebut sebagai glb dan glbb. Perbedaan mendasar antara glb dan glbb adalah pada glbb terdapat percepatan sehingga mengakibatkan perubahan kecepatan. Sedangkan pada glb kecepatannya konstan.

Baca selengkapnya : materi lengkap glb dan glbb fisika sma kelas 10
  • Gerak Parabola
Setelah mempelajari gerak lurus, glb dan glbb, kita akan mempelajari gerak gabungan antara keduanya. Gerak gabungan glb dan glbb, yaitu gerak parabola. Jika gerak benda diuraikan secara vektor akan menghasilkan glb pada arah horizontal dan glbb pada arah vertikal. Gerak parabola biasa juga disebut sebagai gerak peluru.
  • Gerak Melingkar Beraturan
Selanjutnya adalah gerak melingkar beraturan. Pada bab ini kita akan mengenal istilah mengenai ω (omega) dan hubungannya dengan kecepatan serta sudut dan jari-jari benda. Singkatnya, biasanya soal-soal pada bab ini berkaitan tentang ada dua buah benda yang saling terhubung dan melakukan gerak melingkar beraturan. Nah, pada bab ini kamu akan tahu kapan ω benda sama dan kapan kecepatan benda sama.
  • Hukum Newton [Gerak]
Setelah itu, ada hukum Newton tentang gerak. Ke-depan, kamu akan mengenal lebih lanjut mengenai Pak Newton dan Hukum-hukum yang ia ciptakan. Pada bab ini ada 3 hukum yang perlu kalian ketahui, yaitu hukum Newton 1,2, dan 3. Pada hukum Newton 1, percepatan benda = 0. Sehingga ΣF = 0. Kemudian pada hukum Newton 2, benda mempunyai percepatan sehingga ΣF = m × a. Pada hukum Newton 3, berlaku hukum aksi reaksi.
  • Hukum Newton [Gravitasi]
Hukum Newton tentang gravitasi juga akan dipelajari di kelas 10, biasanya. Namun, kadang bisa juga dipelajari pada kelas 11. Sebaiknya pelajari juga tentang hukum newton tentang gravitasi. Pada bab ini kita akan mengetahui darimana nilai percepatan gravitasi itu. Mengapa 9,8 [m/s^2] ? Ya di bab ini kamu akan mengetahui jawabannya.

baca juga : Materi lengkap fisika kelas 11 SMA kurikulum 2013 | Rangkuman singkat
  • Usaha dan Energi
Materi usaha dan energi sebenarnya sudah disinggung sedikit di SMP. Masih ingat Q = m ×c ×ΔT ? Ya, ini akan menjadi salah satu hal yang akan dipelajari di sini. Akan ada juga hukum-hukum tentang energi. Salah satu hukum tentang energi mengatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, energi hanya dapat dipindahkan.
  • Momentum dan Impuls
Momentum erat kaitannya dengan massa dan kecepatan. Apa itu impuls ? Sederhananya impuls adalah selisih momentum. Pada bab ini kamu akan mempelajari tentang hukum kekekalan momentum. Hubungan waktu dengan gaya dan sebagainya juga akan dibahas pada bab momentum dan impuls.
  • Getaran Harmonis
Bab getaran harmonis secara garis besar belajar tentang gelombang. Kamu akan mempelajari tentang amplitudo, ω, dan hubungannya dengan sudut. Materi ini juga masih nyambung dengan bab pegas. Kamu akan mempelajari tentang hukum hooke. Serta kamu akan mengetahui kapankah simpangan terjauh benda akan terjadi

Setiap bab diatas insyaallah akan dibahas satu-satu dalam update selanjutnya.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama