Pengertian Apa itu LPG, LNG, dan CNG?

sumber gambar [pixabay]

Dewasa ini, masyarakat umumnya membutuhkan sumber energi gas sebagai bahan bakar pendukung kegiatan sehari-hari yang dinilai efektif dan ramah lingkungan.

Penggunaan gas pada masyarakat paling banyak adalah sebagai bahan bakar untuk kompor gas, yaitu LPG (Liquiefied Petroleum Gas). Sedangkan untuk produk lain dari gas alam, masyarakat belum begitu mengenal.

Bahkan beberapa produk juga dirasa asing di kalangan masyarakat awam. Produk-produk dari gas alam misalnya adalah LPG (Liquiefied Petroleum Gas)., LNG (Liquiefied Natural Gas), dan CNG (Compressed Natural Gas).

Liquiefied Petroleum Gas (LPG) merupakan gas alam yang telah mengalami proses pengubahan fase hingga menjadi cair.

Proses pengubahan tersebut dimaksudkan agar volume gas alam bisa ditekan, sehingga proses pendistribusian menjadi lebih efisien mengingat jarak yang akan ditempuh tidaklah dekat.


Kandungan utama dari LPG adalah propana (C3H8) dan butana (C4H10) yang merupakan salah satu rangkaian hidrokarbon dalam ilmu kimia.

Pada umumnya masyarakat sudah sangat familiar terhadap penggunaan LPG sebagai kebutuhan bahan bakar sehari-hari. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan kompor gas yang membutuhkan LPG sebagai bahan bakarnya.

Pemilihan LPG sebagai bahan bakar kompor gas oleh masyarakat dikatakan karena kepraktisan dalam penggunaannya. Selain itu, harga dari LPG juga bisa dijangkau oleh sebagian besar masyarakat.

Selanjutnya, Liquefied Natural Gas (LNG) merupakan gas alam yang juga telah mengalami proses pengubahan fase hingga menjadi cair. Proses pengubahan tersebut dimaksudkan juga agar volume gas alam bisa ditekan, sehingga proses pendistribusian menjadi lebih efisien mengingat jarak yang akan ditempuh tidaklah dekat.

Karena proses pengubahan tersebut juga, kemungkinan menjadi sebab utama sumber energi ini diprediksi akan tumbuh pesat bahkan mengalahkan pesaing utamanya, yaitu minyak. Tuntutan global akan sumber energi yang lebih bersih menyebabkan prediksi tersebut bisa saja terjadi dalam waktu yang lebih dekat.


Kandungan utama LNG adalah metana (CH4) yang merupakan rantai karbon paling ringan karena memiliki ikatan tunggal hidrokarbon paling sedikit.

Hasil pembakaran dari LNG akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) yang relatif lebih ramah lingkungan serta mudah diurai menjadi oksigen oleh tumbuhan. Hal inilah yang menyebabkan LNG dinilai sebagai sumber energi ramah lingkungan yang diprediksi bakal mendominasi pilihan sumber energi oleh dunia.

Permintaan global yang cenderung pro terhadap energi ramah lingkungan demi pemeliharaan ekosistem bumi turut memberikan andil dalam potensi perkembangan LNG.

LNG banyak digunakan oleh industri sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Artinya, LNG sebagai penggerak utama pembangkit listrik sehingga bisa beroperasi dengan baik. LNG sebagai bahan bakar pembangkit listrik merupakan salah satu alternatif sumber energi ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Kemudian, CNG (Compressed Natural Gas) merupakan salah satu produk dari pengolahan gas alam. CNG atau gas alam terkompresi adalah gas alam yang dibawah tekanan tetap jernih, tidak berbau dan non korosif.


Penggunaan CNG tidak menimbulkan kerak pada ruang bakar/ignitor seperti penggunaan bensin atau solar. Kendaraan yang berbahan bakar CNG, relatif lebih rendah biaya perawatannya daripada kendaraan berbahan bakar konvensional.

CNG menggunakan sistem sealing yang baik, untuk mencegah kebocoran sehingga penyimpanannya lebih efisien karena losses yang kecil. Selain itu, CNG juga dikatakan dapat memperpanjang umur oli mesin karena tidak akan mengkontaminasi oli mesin.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama