Pentingnya mengatur waktu bagi mahasiswa baru [MABA]

.


Menjadi mahasiswa tentu bukan hanya tentang bagaimana kita belajar dan menempuh perkuliahan.  Bukan cuma seluruh waktu kita untuk belajar. Tapi, Ada kehidupan yang terus berjalan, dan ada waktu yang terus berputar.

Jika sewaktu SMA kita masih tinggal dengan orangtua, artinya kita tidak perlu bingung mencari makan karena sudah ada yang menyediakan hidangan rumahan. Ada yang mencuci baju kita. Ada yang membangunkan pukul 6 dan mengatakan saat itu pukul 7, padahal kita minta dibangunkan pukul 8.

Nah, sekarang jika kamu membaca tulisan ini, itu artinya mungkin kamu sedang menempuh jenjang perkuliahan. Saya prediksi lagi, Kamu maba. Mahasiswa baru.

Saya mahasiswa. Di saat awal-awal menjadi mahasiswa, saya mengalami sesuatu yang jika dibiarkan akan menjadi bumerang. Tidak bisa mengatur waktu. Terdengar sepele, tapi impact-nya sangat besar.


Saat menjadi mahasiswa, kamu harus membagi waktu kuliah, UKM, sosial, dan bertahan hidup. Untuk kuliah tentu kamu butuh belajar. Untuk latihan kamu butuh persiapan dan latihan. Untuk sosial kamu harus memiliki mood yang bagus. Untuk bertahan hidup kamu butuh uang.

Dan ke-semua itu butuh waktu! 1 hari 24 jam. Satu minggu 7 hari. Berapa waktu yang kamu habiskan untuk kuliah setiap hari? Berapa waktu untuk belajar setiap malam? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ikut UKM dan sebanyak apa waktu yang kamu habiskan untuk menyiapkannya? Dan masih banyak lagi.

Belum lagi untuk bertahan hidup. Kamu manusia. Kamu butuh makan. Jika dulu mama yang masak, kini siapa? Kamu yakin bisa masak sendiri tanpa keteteran? Beli setiap hari? Seberapa jauh tukang nasi dari kos-mu? Seberapa enak masakannya? Berapa lama waktu yang kamu habiskkan?

Nah, berlatar belakang itu semua, kini kita sadar bahwa waktu harus dibagi dengan baik. Mana yang lebih prioritas dan mana yang bisa nanti dulu. Ingat, kamu mahasiswa, bukan anak SD.

Mengatur waktu yang baik bisa berdampak baik terhadap banyak hal. Jika besok ada ujian matematika sedangkan 7 hari lagi tugas fisika dikumpulkan, mana yang akan kamu lakukan terlebih dahulu? Tentu kamu akan pilih belajar matematika, jika mengurutkan berdasarkan skala prioritas.

Disisi lain, kuliah gak cuma tentang belajar. Ada Unit Kegiatan Mahasiswa, tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi dan bakat. Kamu bisa berkumpul bersama orang-orang yang menyukai hal yang sama denganmu. Yakin gamau ikut UKM? atau Yakin bisa ngatur waktu UKM tapi kuliah tetep oke?

Jika UKM -mu mewajibkan kumpul 1 minggu sekali, itu artinya kamu harus menyiapkan waktu yang kosong untuk hari itu. Untuk memuluskan rencana tersebut, kerjakanlah tugas yang diberikan dosen sebelum hari tersebut. Karena jangan sampai kamu ikut UKM hanya sebagai pelarian dari kesibukan kuliah dan tugas yang menumpuk. Ingat, kamu rela jauh dari orang tua saat ini untuk apa?

Setelah itu, ingat pula untuk membagi waktu makan, mencuci/loundri, dan beberapa aktivitas ringan lainnya. Banyak sekali ditemukan mahasiswa yang belum terbiasa survive di dunia perkuliahan justru jatuh sakit. Usahakan makan 3 kali sehari. Kalau tidak bisa mengatur waktu masak, ya jangan masak. lebih baik mengefisienkan waktu untuk kegiatan yang produktif.

Banyak juga mahasiswa yang menekan pengeluaran dengan cara mencuci baju sendiri. Ini ngga papa, jika kamu bisa atur waktu. Jangan sampai setelah mencuci baju kamu malah kecapek-an lalu terlelap. Ingat, Produktif!

Nah, untuk mempermudah itu semua, buatlah jadwal. Jadwal membantu kamu teratur dan bisa menyelesaikan banyak hal dengan lebih efektif. Terkesan mengekang, tapi hidup teratur dan terjadwal akan membuat diri kita lebih produktif.

Mungkin jadwal yang kamu buat perlu diuji coba. Penyesuaian dan perubahan wajar untuk dilakukan. Lakukan penyesuaian jadwal dengan seluruh kegiatanmu. Masukkan pula jadwal tidur dan bangun tidur.


Jika kamu konsisten dengan jadwal yang telah kamu buat, kamu akan merasakan dampaknya. Dampak jangka pendek maupun jangka panjang. Jangka pendeknya, kamu bisa ikut UKM dan kuliah tetep lancar. Dampak jangka panjang, kamu akan memperoleh banyak hal yang orang biasa tidak dapatkan. Akademik oke, pengalaman oke, enjoy your life oke.

Nah, itu adalah pemaparan saya mengenai pentingnya mengatur jadwal hidup bagi mahasiswa baru. Saya berharap, kedepan kamu bisa mengatur waktu dan menjadi manusia yang lebih baik.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama