Pengaruh Hacktiv8 terhadap Pendidikan Berbasis Online di Indonesia

.

Pengaruh Hacktiv8 terhadap Pendidikan Berbasis Online di Indonesia - Sekarang kita telah memasuki era digital, yaitu zaman dimana pengoptimalan teknologi dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang mutlak diperlukan. Rasanya sudah tidak asing jika teknologi masa kini diyakini mampu menunjang keefektifan kinerja manusia. Saya sendiri melihat bahwa pelajar-pelajar sekolah hampir semuanya memiliki ponsel pintar maupun laptop. Berbagai teknologi tersebut dimanfaatkan sebagai penunjang pembelajaran di sekolah, misalnya presentasi, ujian, tugas, dan sebagainya. Itu adalah sebagian kecil dari bukti keberadaan teknologi digital di sekitar kita.

Di samping itu, ada hal yang lebih besar lagi yang dapat kita jumpai sebagai implementasi teknologi terhadap pendidikan di Indonesia. Jika melihat lagi ke belakang, saya teringat ketika menjadi juara 2 dalam lomba “Nasional Studentpreneur Competition” bersama seorang teman saya saat masih SMA. Ketika itu kami mengusung media belajar khusus matematika berbasis online. Alhamdulilah, saya bersama seorang teman mampu menyabet juara 2 dalam kompetisi nasional di Universitas AIrlangga tersebut.

Saat itu kami melihat potensi bahwa media pendidikan berbasis online akan memiliki tren yang positif. Menurut riset kami saat itu, pencarian kata kunci tentang pendidikan memiliki jumlah peminat yang cukup besar tetapi penyedia solusi atas permasalahan tersebut masih minim persaingan. Intinya belum banyak platform besar seperti sekarang yang digandrungi pelajar tanah air saat itu.

Kemudahan dalam mengakses pendidikan berbasis online juga memungkinkan pelajar di seluruh Indonesia menerima materi pembelajaran yang setara. Harapannya ketimpangan dalam bidang pendidikan bisa ditekan sampai mendekati sama rata. Sulit memang, tapi bukan berarti tidak mungkin. Itulah keyakinan saya dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Kita sadar bahwa kita tidak bisa bergantung dengan media belajar konvensional karena biaya untuk pembangunan sarana dan prasarana cukup besar. Lagipula, ada kendala lain seperti sulitnya medan, kurangnya SDM yang mau mengajar ke pelosok, dan sebagainya yang membuat hal ini menjadi sulit terwujud. Bahkan sampai hari ini masih ada juga potret sekolah di pelosok negeri yang belum menemui kata ‘layak’. Nah, di sinilah teknologi bisa menjadi ‘Short Cut’ dalam mencapai kesetaraan pendidikan di Indonesia.

Kita bisa memotong begitu rumitnya pengembangan pendidikan melalui platform berbasis online yang bisa diakses dimana saja dengan syarat cukup terkoneksi internet. Memang saat ini pelajar sudah waktunya mulai melek teknologi apalagi memasuka era industri 4.0.

Sebagai seorang mahasiswa teknik, saya seringkali mendengar bahwa sekarang ini kita telah siap memasuki era industri 4.0. Masa dimana industri menuju era ‘kekinian’. Sarana dan prasarana industri pun diupayakan adanya digitalisasi dan automatisasi. Hal tersebut dikarenakan output yang dihasilkan terbukti lebih efektif, cepat, dan akurat.

Oke Balik lagi ngomongin pendidikan berbasis online di Indonesia.

Dengan perkembangan zaman yang menuju era digital, saya sekarang sedang mencoba untuk berpikir sedikit ‘out of the box’. Di saat orang sibuk menatap era digital, bagaimana jika saya menciptakan era digital itu sendiri? Artinya, di saat semua orang sibuk menggunakan aplikasi paling update, mengapa saya tidak berusaha untuk menciptakan aplikasi paling update? Ya, sepertinya ini adalah ide yang sangat menarik untuk dicoba.

Namun, niat saya tersebut sempat terbentur background pendidikan saya yang bukan ‘Teknik Informatika’ yang berarti tidak mendapatkan pembelajaran ‘coding’ dari perguruan tinggi. Kemudian, saya teringat bahwa saya adalah seorang blogger yang sedikit banyak mengerti soal html. Ya, mungkin itu bisa saya jadikan pondasi dalam belajar Bahasa pemrograman yang lebih kompleks. Terlebih, dulu sewaktu SMA saya pernah menjadi juara 2 dalam sebuah lomba lantaran saat itu saya membuat sebuah website belajar online.

Dengan semangat, kemudian saya mempelajari salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal. Saya belajar sendiri Bahasa tersebut dari ebook yang saya dapat dari internet. Ternyata semangat saja tidak cukup guys, perlu kesabaran dan ketekunan jika belajar secara otodidak. Kemudian, saya tidak sengaja menemukan sebuah website penyedia layanan belajar pemrograman di internet, bernama Hacktiv8.



Hacktiv8 merupakan platform penyedia layanan belajar online Bahasa pemrograman dengan beberapa fitur penunjang meliputi mentor pribadi, sertifikat, dan komunitas. Selain mendapatkan pembelajaran Bahasa pemrograman, Hacktiv8 ternyata menyediakan sertifikat bagi membernya. Tentu ini adalah hal yang sangat menarik bagi saya seorang mahasiswa karena akan menunjang CV sewaktu melamar pekerjaan. Terlebih lagi sekarang ini banyak sekali bermunculan startup berlatar belakang teknologi masa kini.

Saya mulai menimbang dan memikirkan. Menurut saya, platform ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan berbasis online di Indonesia. Hal tersebut karena media belajar Bahasa pemrograman masih sulit untuk dijumpai kecuali melalui lembaga pendidikan resmi di Indonesia. Padahal, tak semua pelajar mampu untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Sebagian besar terkendala oleh biaya yang dibutuhkan untuk kuliah yang ternyata tak sedikit.

Toh, sekarang ini perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital sudah mulai tidak mematok ijazah minimal. Yang terpenting sekarang adalah skill dan kemampuan yang dimiliki. Nah, oleh karena itu Hacktiv8 mampu menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut.

Hacktiv8 menyediakan pembelajaran online fulltime maupun parttime. Di dalamnya kalian bisa belajar Bahasa pemrograman seperti javascript, phyton, maupun web development dengan baik. Lama pembelajaran ada yang 3 bulan.

Tapi, saya sendiri juga belum mencoba menjadi member Hacktiv8. Saya masih mempelajari lebih lanjut tentang platform ini, sejauh ini sih cukup bagus dan menarik untuk dicoba. Ya, di samping itu saya juga perlu waktu untuk nabung dulu, mengingat sebagai seorang mahasiswa terdapat berbagai kebutuhan tak terduga yang sewaktu-waktu muncul. Nanti kalau berkesempatan saya akan sangat tertarik untuk menjadi member Hacktiv8 mengingat era sudah semakin digital dan maju. Banyak sekali start-up yang membutuhkan ahli-ahli di bidang teknologi digital. Programmer.

Kabar baiknya, Hacktiv8 menyediakan program scholarship alias beasiswa. Ini menurutku gokil banget. Saat ini beasiswa yang tersedia adalah Siloam Hospital Scholarship yang memungkinkan selain mendapatkan beasiswa juga berkesempatan untuk bekerja dengan Siloam Hospital.


Dengan berbagai keunggulan tersebut rasanya Hacktiv8 sangat berpengaruh terhadap pendidikan bahasa pemrograman berbasis online di Indonesia.

Ke depan, mungkin akan lahir banyak programmer handal yang bukan lulusan dari sekolah/perguruan tinggi tetapi memiliki skill yang mumpuni. Tergantung dari bagaimana usaha kita dalam mempelajari hal tersebut hingga mencapai taraf kompeten di bidangnya.

Info : Artikel ini dibuat dan ditujukan untuk mengikuti Hacktiv8 Blog Competition 2020.
Jangan lupa untuk mengunjungi Hacktiv8 dan Follow sosial medianya. Terima kasih.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama